PELATIHAN MICROSOFT WHITEBOARD SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SD

Ratna Widyaningrum, Ema Butsi Prihastari

Abstract


Abstrak: Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu memberikan keterampilan dalam bentuk pelatihan bagi guru sekolah dasar di Gugus Wahidin Sudirohusodo Kabupaten Karanganyar dalam membuat media pembelajaran menggunakan Microsoft Whiteboard serta dapat mengimplementasikan saat pembelajaran. Microsoft Whiteboard dapat diintegrasikan dengan platform konferensi video dan berbagi layar untuk melakukan kolaborasi dalam pembelajaran jarak jauh. Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahapan, tahap pertama yaitu penyusunan draf MoU, tempat pelatihan, serta bahan/materi pengabdian; tahap kedua yaitu sosialisasi dan audiensi terkait aplikasi Microsoft Whiteboard; tahap ketiga yaitu pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui metode diskusi interaktif dan praktik; tahap keempat yaitu monitoring dan evaluasi dilakukan dengan pendampingan melalui WhatsApp. Hasil pengabdian melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan terdapat 75% atau 24 dari 32 guru peserta pelatihan yang mampu membuat media menggunakan aplikasi Microsoft Whiteboard. Berdasarkan hasil kuesioner 75% guru merasa tertarik dan menyatakan bahwa materi yang disampaikan bermanfaat, serta memberikan tambahan keterampilan dalam mengembangkan media yang inovatif.

Abstract: This community service aims to provide skills in the form of training for elementary school teachers in the Gugus Wahidin Sudirohusodo, Karanganyar District to create learning media with Microsoft Whiteboard and implement it in learning. Microsoft Whiteboard can be integrated with other video conferencing and screen-sharing platforms for collaboration distance learning. The service implementation methode consists of four stages, namely the first stage is the preparation of a draft MoU, training venues, and materials; the second stage is socialization and hearings related to the Microsoft Whiteboard application; the third stage, namely the implementation of activities carried out through discussions, and practices; the fourth stage is monitoring, and evaluation carried out with assistance through WhatsApp. The result of this community service through training and mentoring, 75% or 24 of the 32 trainee teachers were able to create media using the Microsoft Whiteboard application. Based on the results of the questionnaire 75% of teachers were interested and stated that the material presented was useful and provided additional skills in developing innovative media.


Keywords


microsoft whiteboard; learning media; elementary school.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


‘Adna, S. F., & Nasution, N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Whiteboard Animation Pada Guru-Guru Mgmp Matematika Smp Kota Pekalongan. Jurnal Berdaya Mandiri, 3(1), 436–445. https://doi.org/10.31316/jbm.v3i1.981

Amanda, R. S., Muazzomi, N., Rosyadi, A. F., & ... (2022). The Effect of Use Google Jamboard As Virtual Whiteboard In Online Learning On Kindergarten Student Motivation. AWLADY: Jurnal …, 8(1), 58–69. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/9753%0Ahttps://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/viewFile/9753/4288

Apriani, Y., Mafra, R., & Oktaviani, W. A. (2020). Pembuatan Video Metode Tangkap Layar sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1049–1057. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2710

Balkist, P. S., Nurcahyono, N. A., Lukman, H. S., Setiani, A., Agustiani, N., Mulyanti, Y., & Imswatama, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Microsoft Kaizala Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika Di Era New Normal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 55–64. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3235

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Media Pembelajaran Abad 21 : Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar pembelajaran sesuai konteks pembelajaran abad 21 . Teknologi hanya terjadi untuk m encapai tujuan pembelajaran efe. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35.

Indonesia, M. (2022). Microsoft Whiteboard: Kanvas Digital Kolaboratif di Microsoft 365 untuk Rapat yang Efektif dan Pembelajaran yang Menarik. https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-365/microsoft-whiteboard/digital-whiteboard-app

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Mendez, A., Brioso, J., Jaramillo, A., Premawardena, D., Cunningham, E., Sarran-Armogan, L., & Zhou, C. (2022). Use of Digital Whiteboard to Engage Undergraduates in Online Studies of Instructor-Generated Biological Diagrams. Journal of Microbiology & Biology Education, 23(1). https://doi.org/10.1128/jmbe.00195-21

Nishom, M., Wibowo, D. S., & Susanto, A. (2022). Pemanfaatan Google Platform untuk Evaluasi dan Kolaborasi Bagi Civitas Academica di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 1786–1796. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7751

Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2022a). Matematika Lingkungan Berbasis Budaya Berbantu Microsoft Whiteboard. 8(1), 128–135. https://doi.org/10.30653/003.202281.220

Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2022b). The Effect of Microsoft Whiteboard-Assisted Environmental Mathematics towards Environmental Care Attitudes of Pre-Service Elementary School Teachers. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 486–495. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp486-495

Purwanto, P. (2013). Penggunaan Papan Tulis Interaktif Di Kelas the Use of Interactive Whiteboard in Classroom. Jurnal Teknodik, 17(3), 104–116. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.565

Rahayu, S. (2021). Penerapan Penggunaan Papan Tulis Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Pecahan Di Kelas 5C SDN Kebraoon 2 Surabaya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 80–87.

Rahmanto, A., Suryanti, H. H. S., & Widyaningrum, R. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Peserta Didik Kelas V Di SD Negeri Cemoro Kabupaten Boyolali. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(2), 79–88.

Sutanto, T., Ningsih, N., & Rahmawati, E. (2018). Perancangan Desain User Interface Papan Tulis Digital berbasis Tablet PC Android. Jurnal Sistem Informasi Indonesia (JSII), 3(2), 1–5.

Tugimin, & Maryani, Y. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Interaktif Whiteboard dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 192–202.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ratna Widyaningrum, Ema Butsi Prihastari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: