PENINGKATAN UMKM BIDANG PEMASARAN DAN KEUANGAN MENYONGSONG INDONESIA EMAS 2045

Fitriani Latief, Karlina Ghazalah Rahman, Dirwan Dirwan, Moch. Ridho Ghazalih R.

Abstract


Abstrak: Tujuan pengabdian ini adalah bagaimana cara untuk meningkat UMKM khususnya pada bidang pemasaran dan keuangan sehingga mampu bersaing menyongsong Indonesia emas 2045 . Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah sosialisasi pengembangan skill masyarakat di bidang pemasaran dan workshop dalam bidang keuangan UMKM. Mitra pengabdian ini adalah UMKM di desa Bolaromang Kabupaten Gowa. Jumlah yang terlibat adalah 15 orang. Evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner terhadap mitra. Hasil yang dicapai adalah 14 orang atau 85,7% dari hasi evaluasi bersama dengan pengelola UMKM menggunakan kuesioner terbuka dan wawancara menyatakan bahwa setelah ada sosialisasi dan workshop yang dilakukan terjadi peningkatan penjualan yang terjadi karena banyaknya konsumen yang membeli dari luar Desa Bolaromang. UMKM juga banyak yang telah menggunakan buku kas dalam proses pencatatan keuangannya. Sehingga kedepannya mitra ingin menggunakan social media lebih aktif lagi dan ingin terus menggunakan buku kas dalam pencatatan keuangan produknya.

Abstract: The purpose of this service is how to increase MSMEs, especially in the fields of marketing and finance so that they are able to compete for a golden Indonesia in 2045 . The method used in the service is socialization of community skill development in the field of marketing and workshops in the field of MSME finance. The partners of this service are MSMEs in Bolaromang village, Kabupaten Gowa. The number involved is 15 people. Evaluation is carried out using questionnaires against partners. The results achieved were 14 people or 85.7% of the evaluation results together with MSME managers using open questionnaires and interviews stating that after the socialization and workshops carried out there was an increase in sales that occurred due to the large number of consumers who bought from outside Bolaromang Village. Many MSMEs have also used cash books in the process of recording their finances. So that in the future partners want to use social media more actively and want to continue to use cash books in recording the finances of their products.


Keywords


MSMEs; Skill Improvement; Finance Record; Milk Product.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Arsal, M., & Rumiyanti, H. (2021). tidak ada pelaporan keuangan yang dibuat . dengan baik sumber penerimaan yang berasal dari bantuan donatur dengan dari bantuan donatur setiap saat jika dibutuhkan informasi dan dapat mengelola dengan baik dalam proses operasional panti asuhan sehingga tuj. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12.

Astuty, I. (2021). Peningkatan Manajemen Umkm Melalui Pelatihan Akuntansi Pembukuan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 9.

Baihaqi Adi Bejo; Navia, Zidni Ilman, B. S. (2021). Pengembangan Tenun Lidi Nipah Motif Aceh Guna Mendukung Produk Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Aceh Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(Vol 5, No 2 (2021): April), 333–344. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3909/pdf

br Siahaan Benedhikta Kikky, S. V. V. (2021). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Keluarga Desa Sebetung Menyala Kalimantan Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(Vol 5, No 1 (2021): Februari), 106–113. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3315/pdf

Chairina, P., Kusumastuti, R., & Rusfian, E. Z. (2022). Peningkatan Kemampuan Dalam Mengembangkan Model Bisnis Dan Optimalitasasi Media Sosial Melalui Pelatihan Model Bisnis Dan Promosi Bagi UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 15.

Dewi, V. I., Iskandarsyah, T., Sulungbudi, B. M., & ... (2021). Program Pelatihan Sustaining Competitive and Responsible Enterprises Mendorong Umkm Bangkit Di Era Pandemi. … (Jurnal Masyarakat …, 5(6), 4–12. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4820%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/4820/pdf

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021). Melatih Pelaku UMKM Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun VII Manunggal. 6.

Fuadi, D., Akhyadi, A., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122

Habibi, N. S., Fitrianti, R. N., Efendi, J., Kasanova, R., Madura, U., & Madura, U. (2022). Larangan tokol jawa timur a . Latar belakang perekonomian rakyat , mengurangi kemiskinan , dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja , sehingga dapat dan perkembangan UMKM jumlahnya sangat banyak di Indonesia , karena secara resmi . JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2275–2288.

Handayani, I., Haryanti, P., Septiana, A. T., Sulistyo, S. B., Etnanta, Y. C., & Setiyawan, A. (2022). Dan Ketrampilan Digital Marketing Bagi Umkm Di Purbalingga Fungsi dan peran UKM saat ini dirasakan amat penting . UMKM telah kesejahteraan masyarakat . Ketangguhan UMKM terbukti saat terjadi sebagai sumber mata pencaharian orang banyak , tetapi juga menye. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 152–164.

Margunani, M., Melati, I. S., & Sehabuddin, A. (2020). Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana Umkm Intip Di Desa Nyatnyono Ungaran Semarang. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(3), 305. https://doi.org/10.20956/pa.v4i3.7762

Marpaung, A. P. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 7.

Muliadi, S. (2021). Sas App: Mewujudkan Umkm Berbasis Digital Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pringgasela Lombok Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1877–1885. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5104

Park, S., Lee, I. H., & Kim, J. E. (2020). Government support and small- and medium-sized enterprise (SME) performance: The moderating effects of diagnostic and support services. Asian Business & Management, 19(2), 213–238. https://doi.org/10.1057/s41291-019-00061-7

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 11.

Rahman, K. G., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengembangan Aplikasi Pencatatan Keuangan BUMDes pada BUMDes Semarak Bantaeng di Desa Bonto Lojong Kecamatan Ulu Ere, Kabupaten Bantaeng, Makassar, Sulawesi Selatan. Panrita Abdi, 6(3), 8.

Rauch, E., Unterhofer, M., Rojas, R. A., Gualtieri, L., Woschank, M., & Matt, D. T. (2020). A Maturity Level-Based Assessment Tool to Enhance the Implementation of Industry 4.0 in Small and Medium-Sized Enterprises. Sustainability, 12(9), 3559. https://doi.org/10.3390/su12093559

Rayyani, W. O., Abdi, M. N., & Winarsi, E. (2020). Peningkatan Daya Saing Umkm Melalui Optimalisasi Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(2), 9.

Salim, E., Hendri, H., & Robianto, R. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Dan Peningkatan Kinerja Dalam Menghadapi Era Digital Pada Umkm Café Tirtasari Kota Padang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 10. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1461

Sawe, F. B., Kumar, A., Garza‐Reyes, J. A., & Agrawal, R. (2021). Assessing people‐driven factors for circular economy practices in small and medium‐sized enterprise supply chains: Business strategies and environmental perspectives. Business Strategy and the Environment, 30(7), 2951–2965. https://doi.org/10.1002/bse.2781

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 2(3), 307-311. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726

Tama, W. A., Susilowati, W., Yuliasari, R., Rafinah, S., Nurmawati, T., Sunardi, N., & Sarwani, S. (2022). Peran Pengelolaan Keuangan untuk Mengoptimalkan Laba Operasi pada UMKM Galery di Rangkasbitung. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32493/jamh.v3i2.12545

Wijayani, D. I. L., Suhaedi, S., Finanto, H., & Kango, R. (2021). Implementasi Manajemen Pemasaran “Toko Lapak Poltekba Graha Poltekba” Melalui Diseminasi Teknologi Digital Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1514–1525. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5061%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/5061/2966




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitriani Latief, Karlina Ghazalah Rahman, Dirwan, Moch. Ridho Ghazalih R.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: