PENERAPAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN MEWUJUDKAN SMART VILLAGE

Anie Yoraeni, Hasan Basri, Aprilia Puspasari

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang terjadi pada mitra desa Tegalsawah yaitu pelayanan publiknya masih dilakukan secara konvensional dalam proses pelayanannya dan belum menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi dalam menyelenggarakan pengelolaan layanan data dan informasi kepada masyarakat, Tujuan PKM ini adalah untuk meningkatkan pelayanan yang berkualitas kepada warganya, yaitu dengan mengembangkan sistem pelayanan desa berbasis web dengan dibangunnya sistem informasi pelayanan desa berbasis web menggunakan metode pengembangan perangkat lunak yaitu metode waterfall. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari persiapan yaitu diskusi dengan perangkat desa apa saja yang di butuhkan untuk pelayanan kepada masyarakat, tahap pelaksanaan pada tahap ini dibuatkan aplikasi sistem informasi pelayanan desa serta memberikan pelatihan keterampilan manajemen kearsipan, tahap pendampingan kepada mitra aparat desa Tegalsawah sebanyak 10 orang dalam melakukan pelayanan kepada publik/masyarakat dan terakhir tahap evaluasi yaitu mengevaluasi pelaksanaannya program dan sistem teknologi informasi. Hasil yang telah dicapai pada kegiatan PKM ini adalah meningkatkannya kemampuan mitra dalam manajemen kearsipan secara sistematis 85%, keterampilan perangkat desa sekitar 85% dalam menggunakan teknologi informasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas dalam pelayanan kepada publik sekitar 90%.

Abstract: The problem that occurs in Tegalsawah village partners is that public services are still carried out conventionally in the service process and have not realized the importance of using technology in managing data and information services to the community. The purpose of this PKM is to improve quality services to its citizens, namely by developing a service system web-based village with the construction of a web-based village service information system using a software development method, namely the waterfall method. The method of implementing this activity starts from preparation, namely discussions with village officials what is needed for service to the community, the implementation stage at this stage is an application for village service information systems and provides training in archive management skills, the stage of mentoring for partners of Tegalsawah village officials as many as 10 people. In providing services to the public/community and the last stage of evaluation is evaluating the implementation of information technology programs and systems. The results that have been achieved in this PKM activity are increasing the ability of partners in systematic archive management by 85%, village apparatus skills about 85% in using information technology, so as to improve the quality of services to the public by around 90%.


Keywords


Information System, Public Service, Smart Village, Waterfall.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andoyo, A., & Sujarwadi, A. (2015). Sistem Informasi Berbasis Web Pada Desa Tresnomaju Kecamatan Negerikaton Kab. Pesawaran. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model ), 3(1), 1–9.

Damarjati, D. (2022). Smart Village Kemendes, Basis Pembangunan Indonesia di Masa Depan Baca artikel detiknews, “Smart Village Kemendes, Basis Pembangunan Indonesia di Masa Depan” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-5870797/smart-village-kemendes-basis-pembangunan-ind. Www.DetikNews.Com.

Dan, S., Berbasis, P., Di, W. E. B., Negeri, S. M. K., Pendidikan, J., Informasi, T., & Teknik, F. (2022). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Volume 2 Nomor 1, Februari 2022. 2, 52–64.

Farida Ariefni, D., & Broto Legowo, M. (2018). Penerapan Konsep Monitoring Dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa Di Perbanas Institute Jakarta. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 4, 2443–2229.

Fitri, L. E., Setiawan, D., Utomo, P. E. P., & Bhayangkari, S. K. W. (2021). Penerapan Sistem Informasi Desa Berbasis TIK Di Desa Nyogan Menuju Tata Kelola Good Governance Dan Kemandirian Desa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 494–503. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11568

Hayat, E. A., Retnadi, E., & Gunadhi, E. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web.

Herdiana, D. (2019). Pengembangan Konsep Smart Village Bagi Desa-Desa di Indonesia (Developing the Smart Village Concept for Indonesian Villages). Jurnal IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(1), 1. https://doi.org/10.33164/iptekkom.21.1.2019.1-16

Herpendi, H. (2017). Sistem Informasi Desa di Kecamatan Takisung. Jurnal Sains Dan Informatika, 3(2), 76–82. https://doi.org/10.34128/jsi.v3i2.103

Huda, H. A., Suwaryo, U., & Sagita, N. I. (2020). Pengembangan Desa Berbasis Smart Village ( Studi Smart Governance pada Pelayanan Prima Desa Talagasari Kabupaten Karawang ). Jurnal MODERAT, 6(3), 539–556.

Mukarom, Z., & Wijaya Laksana, M. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Https://Perpustakaan.Kasn.Go.Id/.

Musaddad, A. A., Niswah, M., Prasetyo, K., & Hardjati, S. (2020). Implementasi Manajemen Kearsipan Di Sektor Publik. Jurnal Governansi, 6(2), 133–143. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i2.2843

Nggewa, M. Y., & Ferdinandus Lidang Witi. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Manulondo Berbasis Web. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 75–78. https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.38

Prof.Dr. Jogiyanto HM,MBA, A. (2012). Analisis dan Desain Sistem Pemrograman Terstruktur. Andi, Yogjakarta.

Sattar, S.E., M. S. (2019). Manajemen Kearsipan (Maret 2019). Deepublish, Yogyakarta.

Sulistyowati, F., Tyas, H. S., Dibyorini, M. C. R., & Puspitasari, C. (2021). Pemanfaatan Sistem Informasi Desa ( SID ) untuk Mewujudkan Smart Village Di Kalurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta Utilization of Sistem Informasi Desa ( SID ) to Realize Smart Village in. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 23(1), 213–226.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ani Yoraeni, Hasan Basri, Aprilia Puspasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: