DEMONSTRATION METHOD SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PENERAPAN ANTI PERUNDUNGAN BAGI KELOMPOK BELAJAR ANAK BIMBA PELANGI

Fatimah Sari Siregar, Edy Suprayetno, Linzzy Pratami Putri

Abstract


Abstrak: Kelompok Belajar Anak Bambi Pelangi diikuti oleh 15 anak dengan rentang usia 9 sampai 13 tahun. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu pengurus Kelompok Belajar anak Bimba Pelangi ditemukan terdapat beberapa anak yang masih melakukan perundungan, baik secara verbal seperti mencemooh, mengejek nama atau fisik temannya. Dalam permasalahan ini, mitra belum menemukan metode yang tepat sebagai cara mengatasi anti perundungan, sehingga tujuan pengabdian adalah memberikan metode demonstrasi sebagai upaya optimalisasi penerapan nilai-nilau anti perundungan. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah edukasi, implementasi dan evaluasi. Setelah dilakukan edukasi dan dilakukan wawancara berkenaan dengan perundungan, terdapat 13 anak dari 15 yang pernah melakukan perundungan kepada temannya tetapi tidak mengetahui dampak yang diterima oleh teman yang dirundung. Dari hasil angket, terlihat bahwa semua anak peserta kegiatan sudah memahami dampak dari perundungan, dan hasil angket kepuasan mitra terlihat bahwa demonstration method merupakan upaya yang tepat dalam solusi anti perundungan bagi anak usia 8 sampai 13 tahun di kelompok belajar anak Bimba Pelangi.

Abstract: The Bambi Pelangi Children's Study Group was attended by 15 children ranging in age from 9 to 13 years. Based on the results of an interview with one of the administrators of the Bimba Pelangi Children's Study Group, it was found that there were several children who were still bullying, either verbally such as mocking, mocking the name or physically of their friends. In this case, partners have not found the right method as a way to overcome anti-bullying, so the purpose of the service is to provide a demonstration method as an effort to optimize the application of anti-bullying values. The method of implementing this service is education, implementation and evaluation. After conducting education and conducting interviews regarding bullying, There were 13 children out of 15 who had bullied their friends but did not know the impact that their bullied friends had on them. From the results of the questionnaire, it can be seen that all the children participating in the activity have understood the impact of bullying, and the results of the partner satisfaction questionnaire show that the demonstration method is the right effort in anti-bullying solutions for children aged 8 to 13 years in the Bimba Pelangi children's study group.


Keywords


demonstration method; bullying; children in age 9 to 13 years.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Beran, T. N., & Tutty, L. (2002). Children’s Reports of Bullying and Safety at School. Canadian Journal Pf School Psychology, 17(2), 1–14.

Borualogo, I. S., Wahyudi, H., & Kusdiyati, S. (2020). Prediktor perundungan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 35. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9841

Hamijoyo, S. S. (2021). Konflik Sosial dengan Tindak Kekerasan dan Peranan Komunikasi. Mediator : Jurnal Komunikasi, 2(1), 21–29.

Haniyah. (2019). Islamic Law Child Bullying Crimes (Islamic Perspective). Annual Conference for Muslim Scholars, 817–827. https://bigloveadagio.files.wordpress.com/2010/03/informasi_perihal_bullying.pdf

Haris, R., Indrawati, A., & Rizal, F. (2021). Improving Social Media Literacy to College Students about Covid-19 Health Protocols Through Virtual Classroom. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(2), 767–774. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4178

Haslan, M. M., & Sawaludin. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Terjadinya Perilaku Perundungan (Bullying) pada Siswa SMPN Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 24–29.

Kuspiyah, H. R., Zulaikah, & Nuriah, A. L. (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4690

Manurung, I. D. (2019). Pelatihan Menggunakan Media Pembelajaran Bahasa Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah di Desa Sidodadi Ramunia, kecamatan beringin. Journal of Science and Social Development, 2(1).

Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(3), 399–406. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Mufrihah, A. (2016). Perundungan Reaktif di Sekolah Dasar dan Intervensi Berbasis Nuansa Sekolah. Jurnal Psikologi, 43(2), 135–153.

Muhopilah, P., & Fatwa Tentama. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 99–107. http://uis.unesco.org

Ningrum, S. D., & Soeharto, T. (2015). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Bullying di Sekolah pada Siswa Smp. Jurnal Indigenous, 13(1), 29–38.

Nursasari. (2017). Penerapan Antisipasi Perundungan (Bullying) Pada Sekolah Dasar Di Kota Tenggarong. Syamil, 5(2), 2477–2504.

Oliveira, F. R., de Menezes, T. A., Irffi, G., & Oliveira, G. R. (2018). Bullying effect on student’s performance. EconomiA, 19(1), 57–73. https://doi.org/10.1016/j.econ.2017.10.001

Rahmat, P. P., & supriatna, U. Y. (2020). Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Pada Siswa SMP Korban Perundungan. Prosiding Psikologi, 825–859. https://doi.org/10.29313/.v6i2.24462

Sari, A. wulan. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1).

Sari, D. J., Ides, S. A., & Anggraeini, L. D. (2017). Latar Belakang Remaja Melakukan Bullying di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 5(2), 149–156. https://doi.org/10.21927/jnki.2017.5(2).149-156

Theodore, W., & Sudarji, S. (2020). Faktor-Faktor Perilaku Perundungan Pada Pelajar Usia Remaja Di Jakarta. Psibernetika, 12(2), 67–79. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v12i2.1745

Turcotte Benedict, F., Vivier, P. M., & Gjelsvik, A. (2015). Mental Health and Bullying in the United States Among Children Aged 6 to 17 Years. Journal of Interpersonal Violence, 30(5), 782–795. https://doi.org/10.1177/0886260514536279

Waliyanti, E., Kamilah, F., & Fitriansyah, R. R. (2018). Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia•, 2(1), 50–64.

Williford, A., Boulton, A. J., Forrest-Bank, S. S., Bender, K. A., Dieterich, W. A., & Jenson, J. M. (2016). The Effect of Bullying and Victimization on Cognitive Empathy Development During the Transition to Middle School. Child and Youth Care Forum, 45(4), 525–541. https://doi.org/10.1007/s10566-015-9343-9

Yenni, E., Yusriati, Y., & Sari, A. W. (2018). Pola Pengajaran Kesantunan Berbahasa Anak Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Tarbiyah, 25(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.238




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fatimah Sari Siregar, Edy Suprayetno, Linzzy Pratami Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: