PELATIHAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS WEB LIVEWORKSHEETS BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Marlinda Mulu, Mariana Jediut, Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, Fransiska Jaiman Madu

Abstract


Abstrak: Penggunaan teknologi pembelajaran sejauh ini telah dilakukan oleh guru-guru SMPN 4 Langke Rembong seperti pembuatan video pembelajaran, penggunaan aplikasi WA, penggunaan email dan lainnya. Akan tetapi, teknologi ini dinilai belum memadai untuk memicu siswa aktif dalam proses belajar. Salah satu jenis bahan ajar yang kehadirannya penting adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Akibat pandemi Covid-19, LKPD yang semulanya digunakan langsung dalam proses pembelajaran di kelas, menjadi jarang digunakan. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan pelatihan pengembangan LKPD interaktif dengan bantuan web based liveworksheet.com kepada guru SMPN 4 Langke Rembong sejumlah 39 peserta, dengan rincian 22 guru perempuan dan 17 guru laki-laki. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam mengembangkan LKPD interaktif. Hal ini perlu dilakukan agar LKPD tetap digunakan dan bermanfaat saat proses pembelajaran secara virtual sehingga aktifitas belajar siswa tetap terlihat dan terpantau. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Evaluasi kegiatan dinilai dari terciptanya produk dan evaluasi terhadap tingkat pemahaman guru dalam proses pengembangan LKPD interaktif melalui angket. Hasil kegiatan menunjukkan kelompok guru mata pelajaran berhasil merancang LKPD interaktif. Pengukuran terhadap tingkat pemahaman juga menunjukkan tingkat pemahaman peserta sebesar 80%. Berdasarkan hasil tersebut maka LKPD interaktif dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran.

Abstract: The use of learning technology has been carried out by SMPN 4 Langke Rembong teachers such as making learning videos, using WA applications, using email and others. However, this technology is considered inadequate to trigger students to be active in the learning process. One type of teaching materials whose presence is important is worksheet. Due to the COVID-19 pandemic, worksheet which was originally used directly in the learning process in the classroom, is rarely used. Therefore, it is important to conduct interactive worksheet development training with the help of web based liveworksheet.com for 39 participants of SMPN 4 Langke Rembong teachers, where there are 22 female teachers and 17 male teachers. This training aims to increase knowledge and understanding in developing interactive LKPD. This needs to be done so that worksheet can still be used and useful during the virtual learning process so that student learning activities are still visible and monitored. The method of implementing the activities includes planning, preparation, implementation, monitoring and evaluation. Evaluation of activities is assessed from the creation of products and evaluation of the level of understanding of teachers in the process of developing interactive worksheet through a questionnaire. The results of the activity showed that the group of subject teachers succeeded in designing it. The measurement of the level of understanding also shows the level of understanding of the participants by 80%. Based on these results, interactive worksheets can be used by teachers in the learning process.


Keywords


Interactive Worksheet; Liveworksheets; Online Learning; Middle School Teacher.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130.

Andyny, M., & Panggabean, E. M. (2021). Pengembangan Lkpd Interaktif Berbasis Ict Berbantuan Software Construct 2 Untuk Siswa MTs. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(2), 72–82. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i2.7982

Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Guru Smp Dalam Menggunakan Liveworksheets. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1397–1407.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. E-Learning Yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan …, 5(2), 187–194.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Fuada, S., & Fajriati, N. F. (2021). Pelatihan pembuatan modul interaktif menggunakan aplikasi Liveworksheet bagi guru di SDN Wiwitan Bandung. Community Empowerment, 6(11), 2010–2021. https://doi.org/10.31603/ce.5499

Herawati, E. P., & Gulo, F. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol Di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168–178.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Lessons Learned During the Covid-19 Pandemic). Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Laar, R. A., Ashraf, M. A., Ning, J., Ji, P., Fang, P., Yu, T., & Khan, M. N. (2021). Performance, health, and psychological challenges faced by students of physical education in online learning during covid-19 epidemic: A qualitative study in China. Healthcare (Switzerland), 9(8). https://doi.org/10.3390/healthcare9081030

Nilam, D., Sari, W., & Mulu, M. (2020). Explorative study on the application of learning model in virtual classroom during Covid-19 pandemic at the school of Yogyakarta Province. Proceeding Umsurabaya, 54. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/5951

Ntelok, Z. R. E., Madu, F. J., Jediut, M., & Mulu, M. (2021). Analisis Kesiapan Orang Tua Mendampingi Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 240–258.

Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fajriati, N. F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Jurnal UPI, 1(2), 126–133.

Rahmadani, Y., Yuniawatika, Y., & Bintartik, L. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854

Rohmah, M. (2022). Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Kemagnetan Siswa Smp. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 16–26. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.951

Safitri, O. N. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.

Wahyuni, A. S., Warpala, I. W. S., & Agustini, K. (2020). Pengembangan Konten E-Learning Berbasis Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Airline Reservation. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(1).

Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997.

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Marlinda Mulu, Mariana Jediut, Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, Fransiska Jaiman Madu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: