PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS INDUSTRI MINYAK KELAPA

Novi Yanti Sandra Dewi, Muanah Muanah, Mursal Ghazali, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstrak: Kelapa menjadi komoditas yang paling banyak dihasilkan di Desa Tirtanadi. Salah satu produk turunan kelapa yaitu minyak kelapa yang diproduksi oleh Industri Kecil Menengah (IKM) Al-Iffah yang ada di Desa Tirtanadi. Akan tetapi, produk minyak kelapa ini dipasarkan secara konvensional dan belum menggunakan digital marketing. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan guna meningkatkan produktivitas industi minyak kelapa, dengan menguatkan sistem pemasaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelatihan kepada IKM Al-Iffah berlokasi di Desa Tirtanadi, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang dihadiri 15 orang peserta. Tahapan kegiatan meliputi sosialisasi kegiatan, penyuluhan digital marketing, pelatihan membuat akun facebook resmi untuk bisnis dan berjualan di marketplace facebook, pelatihan membuat akun whatsapp resmi untuk bisnis dan membuat toko online di mobile marketplace shopee, serta evaluasi kegiatan. Pembuatan akun media sosial dan e-commerce ini sebagai media penjualan produk minyak kelapa dengan merk produk nadimu. Hasil dari kegiatan ini yaitu adanya peningkatan pengetahuan mitra terhadap digital marketing sebesar 20%.

Abstract: Coconut is the most produced commodity in Tirtanadi Village. One of the coconut derivative products is coconut oil which is produced by the Al-Iffah Small and Medium Industry (IKM) in Tirtanadi Village. However, this coconut oil product is marketed conventionally and has not used digital marketing. This community service activity is carried out to increase the productivity of the coconut oil industry, by strengthening the marketing system that utilizes technological advances. This activity was carried out using a training method for IKM Al-Iffah located in Tirtanadi Village, East Lombok, West Nusa Tenggara, which was attended by 15 participants. The activity stages include socializing activities, digital marketing counseling, training to create an official Facebook account for business and selling on the Facebook marketplace, training to create an official WhatsApp account for businesses and creating an online shop on the Shopee mobile marketplace, as well as evaluating activities. The creation of this social media and e-commerce account as a medium for selling coconut oil products with the product brand Nadimu. The result of this activity is an increase in partner knowledge of digital marketing by 20%.


Keywords


digital marketing; increased productivity; industry; coconut oil.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Azlam, R., & Asse, A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar) Online Marketing Strategy (Case Study of Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank in Makassar). In Jurnal Komunikasi KAREBA (Vol. 7, Issue 2). 219-231 http://upeks.fajar.co.id

Biasa, K., Tumbel, A., Mario Biasa, K., Tumbel, A., & Donald Walangitan, M. (2021). Study Kasus Online Shop Manado) Utilization of Online Marketing Systems And Marketing Strategies In Increasing Consumer Purchases During The Covid-19 Pandemic (Case Study Online Shop Manado. 9(2), 948–956. www.pagarkanopi.com

Ghazali, M., Rabbani, R., Sari, M., Rohman, M. H., Nasiruddin, M. H., Suherman, S., & Nurhayati, N. (2021). Pelatihan Pengolahan Kerupuk Ikan di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.683

Hirsan, F. P., Ibrahim, I., Salikin, S., Ghazali, M., & Nurhayati, N. (2021). Pelatihan Pengelolaan Sampah Sisa Makanan Restoran Apung Berbasis Agen Biologi Black Soldier Fly (BSF). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.979

Habibi, N. S., Fitrianti, R. N., Efendi, J., & Kasanova, R. (2022). Pengembangan Pemasaran Produk Umkm Di Desa Larangan Tokol Jawa Timur. 6(3).2275-2288 https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8454

Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “Srikandi". Jipemas: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 132. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2722

Made, I., Santosa, A., Ketut, D., Puspawan, H., Luh, N., Diah, W., Lestari, D., Teknologi, I., Bisnis, D., & Bali, S. (2020). Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Pemasaran dan Produksi Pada Nuansa Kerupuk (Vol. 1, Issue 3).110-117 https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/19

Nurhayati, N., Asmawati, A., Ihromi, S., Marianah, M., & Saputrayadi, A. (2020). Penyuluhan Gizi Dan Pelatihan Pengolahan Produk Berbasis Jagung Sebagai Upaya Meminimalisir Stunting Di Desa Labuapi Kabupaten Lombok Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(5), 806–817. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i5.2973

Purnaningrum, E., Masnuah, M., & Hanifah, H. Z. (2018). Pengembangan Pemasaran Online Dan Pengemasan Produk Berperan Terhadap Hasil Daya Jual. 2.

Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931

Segarwati, Y., Fitrananda, C. A., Iqbal, M., & Rahiem, V. A. (2020). Pengembangan Pemasaran Online Untuk Pelaku Usaha di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.30656/ka.v2i2.2066

Setiawan, I., Ibrahim, Isnaini, Anugrah, M., Aslamiah, M., & Nurhayati. (2021). Peran Pasar Digital di Era Pandemi pada Wirausaha Muda di Banyumulek. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 440–447. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1161

Shiratina, A., Indika, D. R., Komariyah, I., Kania, D., Solihin, E. H., Kunci, K., Online, I., Online, P., Minat, D., & Konsumen, B. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. In Jurnal Sain Manajemen (Vol. 2, Issue 1).15-23 http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index

Solling Hamid, R., & Ikbal, M. (2017). Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 310–337. https://doi.org/10.12695/jmt.2017.16.3.6

Sulastri, Y., & Ghazali, M. (2021). Penyuluhan Cara Pengolahan Pangan Yang Baik Untuk Perbaikan Proses Produksi Dan Mutu Minyak Kelapa Di Ikm Sakra Timur Lombok. 5(1), 142–160. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3502

Wahyujatmiko, S., Hadi, I. Y., Tinggi, S., Ekonomi, I., Ekatana, I., & Yogyakarta, U. (2018). Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta (Vol. 9, Issue 2). 100-120 Oktober.

Yanti, N., & Dewi, S. (2022). Increasing Tourism and Halal Products in The Mandalika Circuit Area Through Sharia Homestay. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3958volume/ 9(2) 579-582

Yanti, N., Dewi, S., Hulaimi, A., & Wahab, A. (2022). Journal of Community Empowerment Pelatihan Digitalisasi Manajemen Pemasaran Syariah Bagi Pelaku Usaha Kopi Bubuk Organik Di Desa Tegal Maja. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jcejudul Journal of Community Empowerment 1(1) 38-42

Yoki Pradikta, H., & Rica Dayani, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Pemanfaatan Media Pemasaran Online Pada Pengrajin Kain Tapis. In Jurnal Pengabdian kepada Masyakarat (Vol. 2, Issue 1).43-48




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novi Yanti Sandra Dewi, Muanah Muanah, Mursal Ghazali, Nurhayati Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: