PEMANFAATAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA KOMUNITAS MGMP MATEMATIKA WILAYAH I KABUPATEN ROKAN HULU

Jufri Jufri, Annajmi Annajmi, Hera Deswita

Abstract


Abstrak: Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan menggunakan software dimana tujuannya adalah untuk menciptakan pembelajaran matematika yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Software Geogebra merupakan program komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. Berbagai fitur pada Geogebra dapat digunakan untuk mendemontrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep matematis terutama konsep geometri yang bersifat abstrak. Namun sebagian besar guru matematika SMP di Rokan Hulu belum mengetahui cara pemanfaatan software ini. Oleh karena itu dilaksanakan program kemitraan masyarakat melalui komunitas MGMP SMP wilayah I kabupaten Rokan Hulu. Kegiatan ini dilaksankan dalam bentuk pendampingan, pembimbingan dan pelatihan. Evaluasi yang dilakukan selama pelaksanaan pelatihan terlihat peserta pelatihan antusias dalam mengikuti pelatihan, dimana 98,75% peserta sudah mampu menggunakan Geogebra pada objek-objek dasar geometri. Peserta juga memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan Geogebra pada materi geometri bidang sebesar 96,50%. Selanjutnya peserta juga mampu dalam menggunakan Geogebra pada bangun ruang yaitu 90% peserta memiliki kemampuan yang baik dalam menggambarkan bangun ruang dan unsur-unsurnya.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika; Software Geogebra.

 

Abstract:  In following the development of education in the era of the Industrial Revolution 4.0 teachers are required to utilize information and communication technology (ICT) in learning. ICT Utilization in mathematics learning can be done using software where the goal is to create an active, creative and enjoyable math learning. Geogebra Software is a computer program that can be used as a math learning medium. Various features of Geogebra can be used to demonstrate or visualize mathematical concepts especially abstract geometry concepts. However, most of SMP mathematics teachers in Rokan Hulu do not know how to use this software. Therefore implemented Community Partnership program through MGMP community. This activity is carried out in the form of mentoring, coaching and training. Evaluation conducted during training implementation was seen enthusiastic trainees in training, where 98.75% of participants were already able to use Geogebra on basic objects of geometry such as drawing points, lines through two points, Line segments, parallel lines, and perpendicular lines. Participants also have a good ability to use Geogebra on material geometry fields of 96.50% include describing the build of quadrilateral and circles, calculating large of angel, calculating the area of polygons and the length of the side of the polygon. Furthermore, participants were also able to use Geogebra on the space geometry that is 90% of participants have a good ability to draw the space shape og geometry and its elements, also create animations in the formation of nets from space geometry.

Keywords:  Mathematics Learning, Software Geogebra

Keywords


Pembelajaran Matematika; Software Geogebra.

Full Text:

PDF

References


Alif, C., Syarief, A., Sagir, I. S., Studi, P., & Desain, M. (2016). Rancangan Animasi Penyuluhan Bagi Calon Guru Yang Akan Mengajar. Serat Rupa Journal of Design, 1(2), 317–327.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57–69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1441

Musfiqi, S., & Jailani. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Developing Mathematics Instructional Materials Oriented to Character and Higher Order Thinking Skill (Hots). PYTHAGORAS, 9(1), 45–59.

Nurtanto, M. (2014). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu. jJrnal Pendidikan, (10), 553–565.

Panggabean, N. S., Sormin, M. A., & Agustina, L. (2019). Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Geogebra Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 40. https://doi.org/10.31604/jpm.v2i1.40-44

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54.

Ratnaningsih, S. (2017). Scientific Approach Of 2013 Curriculum: Teachers Implementation In English Language Teaching. English Review: Journal of English Education, 6(1), 33. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i1.792

Sirajuddin, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Kombinasi Pendekatan Matematika Realistik Dan Scientific Pada Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.316

Syefriyani, D., & Haji, S. (2018). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Self-Concept Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(1), 101. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.388




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: