DIGITALISASI INDUSTRI KREATIF BISNIS PLAN LIMBAH ALAM ERA PADEMI COVID-19

Lesi Hertati, Lili Syafitri, Asmawati Asmawati, Terttiavini Terttiavini, Lukita Tripermata

Abstract


Abstrak: Business plan industri sangat membantu dalam memasarkan produk melalui digitalisasi produk yang dijual yaitu kreativitas produk dari limbah alam dengan bantuan business plan. Masyarakat belum memahami tentang business plan dalam memasarkan produk hasil industri kreatif limbah alam. Untuk mengatasi masalah tersebut, tim kegiatan pengabdian masyarakat yang berjumlah 7 orang 3 dosen dan 4 orang mahasiswa melakukan kegiatan untuk mendukung program MBKM 2022 di Universitas Indo Global Mandiri yaitu program studi ekonomi dan sistem informasi bekerja sama dengan desa Lubuk Linggau provinsi Sumatera Selatan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan Mitra yaitu masyarakat marjinal mandiri berjumlah 25 orang guna meningkatkan penghasilan dari penjualan limbah alam. Kegiatan pengabdian ini dengan melakukan pre-test dan post test terdiri dari lima variabel yaitu Industri Kreatif, Sampah Alam, Produk Lokal, Ekonomi Keluarga, Usaha Mandiri. Tujuan kegiatan ini agar masyarakat memahami cara pencatatan akuntansi yang baik secara digitalisasi. Untuk mendukung perekonomian masyarakat marjinal kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih 6 bulan. Persentase tertinggi pada variabel P4 adalah sampah alam sebesar 3,5% dan persentase terendah pada variabel P4 yaitu ekonomi keluarga sebesar 1%. Secara keseluruhan persentasenya 23% mengalami peningkatan penghasilan. Dengan demikian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam industri kreatif harus dibarengi secara berkesinambungan dan perlu pengawasan dan pembinaan yang baik dalam memanfaatkan limbah alam dari pelepah sawit dijadikan industri kreatif, seperti sapu halaman, dompet, sandal piring dan wadah buah hingga meningkat tajam.

Abstract: Industrial business plans are very helpful in marketing products through digitizing the products being sold, namely product creativity from natural waste with the help of a business plan. The community does not understand the business plan in marketing products from the natural waste creative industry. To overcome this problem, a team of community service activities consisting of 7 people 3 lecturers and 4 students carried out activities to support the 2022 MBKM program at Indo Global Mandiri University, namely the economics and information systems study program in collaboration with Lubuk Linggau village, South Sumatra province. The purpose of this activity is to create Partners, namely independent marginal communities totaling 25 people to increase income from the sale of natural waste. This service activity by conducting a pre-test and post-test consists of five variables, namely Creative Industries, Natural Waste, Local Products, Family Economy, Independent Business. The purpose of this activity is for the public to understand how to record good accounting digitally. To support the economy of marginalized communities, this activity was carried out for approximately 6 months. The highest percentage in the P4 variable is natural waste by 3.5% and the lowest percentage in the P4 variable is the family economy by 1%. Overall the percentage is 23% experiencing an increase in income. Thus it shows that community service activities in the creative industry must be accompanied on an ongoing basis and need good supervision and guidance in utilizing natural waste from palm fronds to be used as creative industries, such as yard brooms, wallets, plate slippers and fruit containers to increase sharply.


Keywords


Creative Industry; Natural Waste; Local Products; Family Economy; Independent Business.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Dehnert, M. and Schumann, J. (2022) ‘Uncovering the digitalization impact on consumer decision-making for checking accounts in banking’, Electronic Markets [Preprint], (0123456789). Available at: https://doi.org/10.1007/s12525-022-00524-4.

Dia Nauly, et, all, 2022 (2022) ‘Dan Digital Marketing Mbkm Program Kkn Tematik’, 1(4), pp. 121–132.

Endarwati, T. (2021) ‘Prediction of Market Attraction Due To Covid-19, on the Life Cycle of the Company’S Business Financial Performance.’, Osf.Io, (09), pp. 232–252. Available at: https://doi.org/10.17605/OSF.IO/FHQW7.

Hartati, L. et al. (2021) ‘Pelatihan Limbah Nanas Pewarna Alami Kain Jumputan Masyarakat Prabumulih Era Covid-19’, Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyakat, 2(2), pp. 36–45.

Hertati, L., Zarkasyih, W., et al. (2019) ‘the Effect of Human Resource Ethics on Financial Reporting Implications for Good Government Governance (Survey of Related Sub-Units in State-Owned Enterprises in Sumsel)’, International Journal of Economics and Financial Issues, 9(4), pp. 367–376. Available at: https://doi.org/10.32479/ijefi.8466.

Hertati, L. et al. (2020) ‘Decrease in Labor Levels in the COVID-19 Government Budget’, Ilomata International Journal of Tax and Accounting, 1(4), pp. 193–209. Available at: https://doi. org/10. 52728/ijtc.v1i4.131.

Hertati, L. et al. (2021) ‘Industri Kreatif Kearifan Lokal Kerajinan Limbah Pelepah Pinang Masyarakat Pinggiran’, Indonesia Berdaya, 2(2), pp. 103–111. Available at: https://doi.org/10.47679/ib.202199.

Hertati, L. (2021) ‘Peran Anggaran Informasi Akuntansi Terhadap Pusat Pertanggungjawaban Biaya’, is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise this is link for OJS us, 6(2), pp. 121–135. Available at: https://doi.org/ 10.34010/ aisthebest.v6i2.5000.

Hertati, L., Syafarudin, A. and Safkaur, O. (2020) ‘Peran Manajemen Perubahan Pada Akuntansi Manajemen Strategis Akibat Virus Corona’, I-Finance: a Research Journal on Islamic Finance, 6(2), pp. 106–124. Available at: https://doi.org/10.19109/ifinance.v6i2.6355.

Heryati,A. F. Afriyani, B.U. (2020) ‘Pelatihan Packaging Produk Makanan Ringan Dan Otak-Otak Pada Kampung KB Layang-Layang’, Avoer 12, (November), pp. 18–19.

Heryati, A. (2018) ‘Sistem Informasi Pengembangan Karir Mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri’, Jurnal Informatika Global, 8(2), pp. 1–6.

Heryati, A. and Afriyani, F. (2018) ‘Pelatihan Pembukuan Dan Manajemen Koperasi Bagi Pengurus Koperasi Smpn 26 Kota Palembang’, Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1), pp. 41–45. Available at: https://doi.org/ 10.36982/jam.v1i1.291.

Heryati, A. and Dhamayanti, D. (2019) ‘Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Microsoft Power Point Dan Pelatihan Internet Untuk Menghadapi Kurikulum K-13 Di Smpn 20 Palembang’, Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1), pp. 36–42. Available at: https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.763.

Nurmalasari, R. et al. (2021) ‘Pelatihan kearifan lokal daerah lubuk linggau cerita rakyat silampari mitos kerajaan ulak lebar bujang kurap’, 1(1), pp. 36–48.

Paramita, L. et al. (2021) ‘engaruh Badan Usaha Milik Desa Terhadap Pusat Perkembangan Ekonomi Desa, Desa Maju Indonesia Sejahtera Bumdes Tanjung Mayan (Danau Teloko)’, Janaka: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 2(1), pp. 61–72.

Permata, I. et al. (2021) ‘Pelatihan Adat Melayu Kearifan Lokal Pakaian Adat Daerah Musi Banyuasin Mengandung Nilai Sejarah Peninggalan Pangeran’, Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 39–44. Available at: https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i1.429.

Pratami, S. et al. (2021) ‘Teknologi Inovasi Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk UMKM Guna Menopang Ekonomi Keluarga Dalam Mencerdaskan Keterampilan Masyarakat’, GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.51577/globalabdimas.v1i1.59.

Riset, P., Inovasi, D.A.N. and Masyarakat, P. (2022) ‘Desa Petanang Serta Fungsi Media Aplikasi Promosi Digital Program Kkn Tematik Mbkm Mahasiswa’, 1(4), pp. 141–152.

Safkaur, O. et al. (2020) ‘Peran Desa Wisata Noken Kerajinan Masyarakat Adat Raja Empat Papua Era Covid-19’, Jurnal Abdimas Sosek, 1(1). Available at: http://journal.pdmi-pusat.org/index.php/jas/article/view/22.

Syafitri, L. et al. (2021) ‘Metode Belajar Online Terhadap Tingkat Kecerdasan Anak Sd Era Pademi Covid-19’, Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 57–68. Available at: https://doi.org/10.55047/prima.v1i1.31.

Terttiaavini, T. and Saputra, T.S. (2022) ‘Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital’, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), pp. 2155–2165.

Widiya, A. et al. (2021) ‘Pelatihan kepada Masyarakat dalam Menjaga Makna Kearifan Lokal, Nilai Sejarah, dan Adat Khas Tradisional Masyarakat Melayu Peninggalan Kerajaan Sriwijaya’, Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), pp. 193–201. Available at: https://doi.org/10.35912/yumary.v1i4.224.

Wulandari, V. (2021) ‘The Influence of the COVID-19 Crisis Transformative Leadership Style on Job Satisfaction Implications on Company Performance’, Ilomata International Journal of Tax and Accounting pounting, 2(1), pp. 97–112.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lesi Hertati, Lili Syafitri, Asmawati, Terttiavini, Lukita Tripermata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: