ANALISIS SWOT DAN KEUANGAN UMKM DALAM RANGKA PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT
Abstract
Abstrak: Pengelolaan UMKM yang ada di Kelurahan Kassi Kabupaten Pangkep saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.Akan tetapi, pertumbuhan tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan pendapatan masyarakat. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang menjadi kekuatan ,kelemahan, peluang dan ancaman kerajinan tas UMKM dan workshop dalam bidang keuangan UMKM terutama untuk lebih memahami pembukuan sederhana. Mitra pengabdian ini adalah UMKM di kelurahan Kassi kabupaten Pangkep. Jumlah yang terlibat adalah 13 orang teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Sosialisasi, Workshop, wawancara, dan dokumentasi dan evaluasi dengan menggunakan kuisioner. Secara keseluruhan persentase pemahaman mitra terhadap faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pembuatan kerajinan tas rajut ini adalah sebesar 75% atau setara 13 pengrajin mitra. Hasil yang di capai adalah peningkatan penjualan khususnya dari luar kelurahan kassi dan pelaku UMKM paham menggunakan buku kas dan pembukuan sederhana .
Abstract: The management of MSMEs in Kassi Village, Pangkep Regency, is currently experiencing significant growth. However, this growth is not accompanied by an increase in people's income. The purpose of this service activity is to find out the factors that become strengths, weaknesses, opportunities and threats of MSME bag crafts and workshops in the field of MSME finance, especially to better understand simple bookkeeping. This service partner is MSMEs in Kassi village, Pangkep regency. The number involved was 13 people the data collection techniques used in this study were by the method of Socialization, Workshop, interview, and documentation and evaluation using questionnaires. Overall, the percentage of partner understanding of the factors that are strengths, weaknesses, opportunities, and threats in the manufacture of this knitted bag craft is 75% or the equivalent of 13 partner craftsmen. The result achieved is an increase in sales, especially from outside the kassi village and MSME actors understand using cash books and simple bookkeeping.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Astuty, I. (2021). Peningkatan Manajemen UMKM Melalui Pelatihan Akuntansi Pembukuan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 9.
Badriatin, T., Rinandiyana, L. R., & Mulyani, E. L. (2018). Pemasaran produk UMKM binaan pada pasar keuangan rakyat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 149–153. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1326
Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2018). Penyuluhan Arti Pentingnya Merk Dagang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(1), 66–70. https://doi.org/10.31764/jmm.v2i1.1350
Kusno, H. S., Wijayani, D. I. L., Arazy, D. R., & Santika, S. (2022). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Dan Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Bagi Umkm Di Kota Balikpapan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(5), 4195–4205.
Latief, F., Rahman, K. G., Dirwan, D., & R, M. R. G. (2022). Peningkatan Umkm Bidang Pemasaran Dan Keuangan Menyongsong Indonesia Emas 2045. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 4072–4083. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10654
Malihah, L., Ma’mun, M. Y., Al-Mubarak, M. A. R., & Amalia, R. (2021). Analisis SWOT Terhadap Motivasi Penggunaan Transaksi Non Tunai (E- Money Syariah) oleh Pelaku UMKM. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.2426/10.24269
Oktaviani, A. R., Widiawati, A., Marlinah, A., & Zaeni, N. (2022). Peningkatan Potensi Sumberdaya Daerah Melalui Inklusif Gender Di Kelurahan Bori Appaka Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep | Panrita Abdi—Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. 6(4), 795–803.
Rachma, N. (2022). Hubungan Struktur Modal (Leverage) Dan Ukuran Perusahaan (Firm Size) Terhadap Earning Response Coeficient Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2014-2015. IMPREST : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/imprest.v1i1.2974
Rachman, S. H., & Rahman, K. G. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian produk kesehatan di era covid-19 kec. Panakkukang kota makassar. Journal of administrative and social science, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.55606/jass.v3i2.33
Rahman, K. G., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengembangan Aplikasi Pencatatan Keuangan BUMDes pada BUMDes Semarak Bantaeng di Desa Bonto Lojong Kecamatan Ulu Ere, Kabupaten Bantaeng, Makassar, Sulawesi Selatan. Panrita Abdi, 6(3), 8.
Rangkuti, F. (2013). Swot – Balanced Scorecard. Gramedia Pustaka Utama.
Rosalia, A. A., Pane, A. B., Solihin, I., Hutapea, R. Y. F., Putri, A. S., & Tirtana, D. (2019). Strategi Pengembangan Pangkalan Pendaratan Ikan Cisolok, Kabupaten Sukabumi: Pendekatan Analisis SWOT. Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.24319/jtpk.10.191-204
Setyawati, N. W., & P.g, D. S. W. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendampingan Program Kerja Berbasis Manajemen Lingkungan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(2), 73–79. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1080
Susanti, V. D., Hidayati, S. Q. N., & Putri, A. N. (2018). PELATIHAN “Basho Kanel” Baby Shoes Kain Flanel Sebagai Bekal Wirausaha Mandiri Bagi Remaja Putri Panti Asuhan Siti Hajar Madiun. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 203–210. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1428
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Karlina Ghazalah Rahman,Nur Rachma, Andi Marlinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: