PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DENGAN APLIKASI LIVE WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU
Abstract
Abstrak : Keterampilan abad 21 siswa dapat ditingkatkan melalui pemberian instrumen evaluasi berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Berdasarkan analisis situasi pada sekolah mitra masih banyak guru yang belum menggunakan instrumen evaluasi berbasis HOTS dikarenakan ketidakmampuan guru dalam menyusun soal tes berbasis HOTS serta belum berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS dengan menggunakan aplikasi Live Worksheet. Kegiatan terdiri dari 3 tahap yaitu, (1) persiapan; (2) pelaksanaan; dan (3) evaluasi. Sekolah mitra yaitu SMA N 1 Benai Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang. Ukuran ketercapaian kegiatan berdasarkan peningkatan pretest dan posttest serta angket respons peserta. Hasil kegiatan diperoleh bahwa pengetahuan peserta pelatihan meningkat sebesar 48.9% dan guru sudah dapat memasukan soal kedalam aplikasi live worksheet. Berdasarkan hasil angket mendapat respons positif dari peserta pengabdian mencapai 95.8% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal evaluasi berbasis HOTS melalui aplikasi live worksheet.
Abstract: One way to improve students' 21st century skills is through the provision of evaluation instruments based on HOTS (Higher Order Thinking Skills) abilities. Based on the situation analysis at SMA N 1 Benai, Kuantan Singingi Regency, Riau Province, many teachers have not used HOTS-based evaluation instruments due to the teacher's inability to prepare HOTS-based test questions and an evaluation system that is not yet technology-based. This service activity aims to improve the teacher's ability to compile HOTS-based evaluation questions using the Live Worksheet application. Service activities consist of 3 stages, namely, (1) preparation; (2) implementation; and (3) evaluation. The partners in this activity were SMA N 1 Benai, Kuantan Singingi Regency, Riau Province with 30 participants. The measure of the achievement of community service activities can be seen from the increased value of the pretest and posttest as well as the questionnaire responses of the community service participants. The results of the service activities obtained data that the knowledge of the training participants increased by 48.9% and the teacher was able to enter questions into the live worksheet application. Based on the results of the questionnaire, it received a positive response from the service participants reaching 95.8% in the very good category. It can be concluded that community service activities can improve teachers' abilities in compiling HOTS-based evaluation questions through the live worksheet application.
Keywords
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2017). A Taxonomy For Learning, Teaching Ans Assesing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives. In Journal of the American Statistical Association (Vol. 51, Issue 275). Addison Wesley Longman, Inc.
Cahyaningtyas, A. P., Sari, Y., Yustiana, S., & Jupriyanto, J. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal-Soal Berbasis HOTS dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 162. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.2.162-171
Chen, J., Lin, C. H., & Chen, G. (2021). A cross-cultural perspective on the relationships among social media use, self-regulated learning and adolescents’ digital reading literacy. Computers and Education, 175(February). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104322
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21–30.
Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283
Fuada, S., & Fajriati, N. F. (2021). Pelatihan pembuatan modul interaktif menggunakan aplikasi Liveworksheet bagi guru di SDN Wiwitan Bandung. Community Empowerment, 6(11), 2010–2021. https://doi.org/10.31603/ce.5499
Hendriani, M., Marfilinda, R., & Apfani, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Soal Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Di Era Disrupsi Teknologi. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 247–255. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i1.526
Ismayani, R. M., Aditya, P., & Sary, S. (2020). Pelatihan penyusunan soal berbasis HOTS bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMP Se-Kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi, 3(1), 173–185.
Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “ Kahoot !” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk dan Surat Keluar Jurusan OTKP di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 108–121.
Kemendikbud. (2019). Modul Penyusun Soal HOTS. Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Khotimah, R. P., Setyaningsih, N., Masduki, & Sutarni, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Klaten. Jurnal Warta LPM, 24(4), 646–655. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., Inggris, P. B., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. PRODIKMAS: Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 54–60. https://doi.org/10.30596/jp.v6i1.7674
Narasati, N. A., Saleh, R., & Teknik, M. (2021). Pengembangan alat evaluasi berbasis hots menggunakan aplikasi quizizz pada mata pelajaran mekanika teknik dalam pembelajaran jarak jauh. JPTS, 3(2), 169–180.
Nugroho, R. A. (2018). HOTS: Higher order thinking skills. Grasindo.
Sa’adah, S. I., Rasmiwetti, R., & Linda, R. (2019). Pengembangan Soal Hots Dengan Wondershare Quiz Creator Sebagai Media Display Pada Materi Stoikiometri Kelas X. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 177–188. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5469
Selamat, I. N., & Priyanka, L. M. (2020). Pelatihan pembuatan soal HOTS bagi guru-guru sd negeri no 1 dan 2 Dausa kecamatan Kintamani. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 1, 626–634.
Susilawati, Asyiah, N., & Nur Iskandar, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Menggunakan Aplikasi Liveworksheet Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Warta LPM, 25(3), 388–396. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Triatmaja, A. K., Wahyuni, M. E., Setyanto, B. N., Sudarma, R. T., & Oktavian, W. F. (2021). Optimalisasi Kemampuan Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif Secara Daring Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Surya Masyarakat, 4(1), 45. https://doi.org/10.26714/jsm.4.1.2021.45-51
Wulandari, W., Marhami, M., Rohantizan, R., & Muliana, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Dan Kreativitas Guru SMP Melalui Pelatihan Pembuatan Soal-Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill ( HOTS ). Integritas: Jurnal Pengabdian, 4(2), 321–332.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Febblina Daryanes, Fitra Suzanti, Mariani Natalina Linggasari, Imam Mahadi, Suwondo, Arnentis, Irda Sayuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: