PELATIHAN DAN PEMBUATAN TRAINER PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU

Fitroh Anugrah Kusuma Yudha, Aris Widyo Nugroho, Muhammad Nadjib, Totok Suwanda, Bambang Riyanta

Abstract


Abstrak: Pelatihan Programmable Logic Controller PLC dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan salah satu kompetensi guru sekolah menengah kejuruan (SMK). Dengan pelatihan ini guru dapat meningkatkan softskill dan hardskill sehingga dapat membentuk lulusan yang berkompeten dibidang otomasi industri. Sasaran pelatihan ini adalah 10 guru SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. Program pelatihan dirancang dalam dua bentuk proses pembelajaran yaitu teori dan praktik menggunakan trainer PLC Outseal. Kedua materi tersebut merupakan bagian dari materi otomasi industri. Setiap guru perlu memahami materi ini dan kemudian dapat diajarkan kepada siswa. Materi pembelajaran yang profesional harus menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini serta mengikuti perkembangan terakhir abad ini yaitu revolusi industri 4.0. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa tingkat profesionalitas guru bidang otomasi industri khususnya PLC mengalami peningkatan 85% dihasilkan dari nilai rata-rata ujian awal dan ujian akhir dengan nilai yang diperoleh pada ujian awal 40 dan nilai ujian akhir 70. Penggunaan fasilitas praktik PLC di SMK Muhammadiyah 2 Borobudur memiliki banyak keuntungan khususnya pada peningkatan kemampuan guru dalam program teknik otomasi yaitu kemampuan dasar pemograman PLC. Harapan dari pelatihan ini adalah guru dapat berlatih, membuat dan merancang sistem dalam teknik otomasi industri dengan menggunakan PLC secara mandiri.

Abstract: Programmable Logic Controller PLC training is carried out as an effort to improve one of the competencies of vocational high school (SMK) teachers. With this training, teachers can improve their soft skills and hard skills so they can form graduates who are competent in the field of industrial automation. The target of this training is 10 teachers of SMK Muhammadiyah 2 Borobudur. The training program is designed in two forms of the learning process, namely theory and practice using the Outseal PLC trainer. Both materials are part of industrial automation materials. Every teacher needs to understand this material and then it can be taught to students. Professional learning materials must adapt to the latest developments in science and technology and follow the latest developments in this century, namely the industrial revolution 4.0. The results of the training show that the professional level of teachers in the field of industrial automation, especially PLCs, has increased by 85% resulting from the average score of the initial exam and final exam with the score obtained in the initial exam of 40 and the final exam score of 70. The use of PLC practice facilities at Muhammadiyah 2 Borobudur Vocational School has many advantages, especially in increasing the ability of teachers in automation engineering programs, namely the basic skills of PLC programming. The hope of this training is that teachers can practice, create, and design systems in industrial automation techniques using PLCs independently.


Keywords


Industrial automation; programming; Outseal PLC; industrial revolution 4.0.

Full Text:

PDF

References


Ahyanuardi, A., Hambali, H., & Krismadinata, K. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pasca Sertfikasi Terhadap Komitmen Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 67–74. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.169

Artanto, D. (2009). Merakit PLC dengan Mikrokontroler. Elex Media Komputindo.

Aswardi, A., Putra Yanto, D. T., Taali, T., & Masdi, H. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menegah Kejuruan melalui Pelatihan Otomasi Industri. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 7(2), 353. https://doi.org/10.24036/jtev.v7i2.115246

Bolton, W. (2004). Programmable logic controller (PLC): Sebuah Pengantar (HM Wibi Hardani, Ed., Irzham Harmein, Trans). Erlangga.

Darwin, D., Syaprudin, S., & Saepudin, E. (2019). Pelatihan Pemograman Plc Pada Smkn 1 Di Cileungsi. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.32722/mapnj.v1i2.1353

Eliza, F., Hastuti, H., Myori, D. E., & Putra Yanto, D. T. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Pelatihan Software Engineering. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(1.1), 37. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.104840

Ergül, N. R., & Kargın, E. K. (2014). The Effect of Project based Learning on Students’ Science Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 136, 537–541. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.371

Nugroho, A. W., Riyanta, B., Yudha, F. A. K., & Wahyono, T. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dan Siswa Smk Muhammadiyah Melalui Pembuatan Dan Pelatihan Trainer Elektropneumatik. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 767–775. https://doi.org/10.18196/ppm.42.737

Putra, R. A. (2013). Pengembangan Trainer Elektronika Dasar Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Eektronika Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Universitas Negeri Surabaya.

Riyanta, B., Yudha, F. A. K., Nadjib, M., & Susetyorini, J. T. (2022). Pembuatan Mesin Pengisian Botol Sirup Aloe Vera Low Budget di UKM SMK Muhammadiyah 2 Turi Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.

Suhendar. (2005). Programmable logic control (PLC). Graha.

Ta`ali, T., Mawardi, A., & Yanto, D. T. P. (2019). Pelatihan PLC dan Elektropneumatik untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SMK Bidang Ketenagalistrikan: Pendekatan Revolusi Industri 4.0. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 88. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106722

Thomas, H., & Suryantoro, S. (2007). PLC (Programmable Logic Control) FP Sigma. Andi Offset.

Yudha, F. A. K. (2022). Rancang Bangun Trainer Otomasi PLC Outseal 16 I/O. Journal of Mechanical Engineering and Mechatronics, 7(1), 51. https://doi.org/10.33021/jmem.v7i1.3377

Yudha, F. A. K., & Riyanta, B. (2020). Perancangan dan Simulasi Trainer Human Machine Interface (HMI) untuk media pembelajaran berbasis CX Designer PLC. JMPM (Jurnal Material Dan Proses Manufaktur), 4(2), 136–145. https://doi.org/10.18196/jmpm.v4i2.10607




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitroh Anugrah Kusuma Yudha, Aris Widyo Nugroho, Muhammad Nadjib,Totok Suwanda, Bambang Riyanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: