PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING KELOMPOK WANITA PENGRAJIN BATIK

Nur Ika Effendi, Vivi Yosefri Yanti, Risti Afriyani Afriyani, Risni Nelvia

Abstract


Abstrak: Dampak positif teknologi seperti perubahan tren pemasaran dari konvensional menjadi digital, menyebabkan pelaku usaha UMKM harus mampu memanfaatkan digital marketing dengan bantuan media sosial (Facebook, Instagram) sebagai sarana promosinya. Kelompok wanita pengrajin batik desa Purwo Bakti juga memiliki harapan mampu memanfaatkan secara optimal digital marketing dengan mengusung budaya dan menampilkan ciri khas Purwo Bakti (motif pisang). Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan, dan pelatihan pengembangan digital marketing yang dapat diterapkan oleh mitra dalam mengembangkan dan memasarkan batik desa Purwo Bakti secara digital sehingga mitra mampu meningkatkan penjualan, pendapatan keluarga dan perekonomian desa Purwo Bakti nantinya. Pelatihan ini diikuti 10 orang pengrajin batik selaku mitra Setelah diobservasi dan diwawancarai mitra, pelatihan ini berhasil memberikan pengetahuan yang dapat diterapkan oleh mitra, peningkatan penjualan atau pendapatan setelah pelatihan ini sebesar 10%-20%. Diharapkan pelatihan ini menjadi agenda rutin bagi dinas terkait, sehingga peningkatan penjualan dan pendapatan mitra semakin meningkat.

Abstract: The positive impact of technology changes marketing trends from conventional to digital, so MSMEs must utilize digital marketing with the help of social media (Facebook, Instagram) as a means of promotion. The group of batik craftswomen in Purwo Bakti village also have hopes of to make optimal use of digital marketing by carrying culture and displaying Purwo Bakti's characteristics (banana motif). The purpose of this service is to provide knowledge and digital marketing development training by partners in developing and marketing Purwo Bakti village batik digitally so that partners can increase sales, family income, and the economy of Purwo Bakti village later. This training was attended by 10 people as partners. After being observed and interviewed, this training succeeded in providing knowledge by partners, increasing sales or income after this training by 10% -20%. Hopefully that this training will become a routine agenda for the relevant agencies so that partners' sales and income will increase.


Keywords


Batik; Digital Marketing; Profit; Gender; UMKM.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., … Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Pertama; M. . Riyanto Wujarso, S.E., Ak., ed.). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Dakdakur, P., Mu’ammar, M., Thania, M. N., Kencana, W. H., Meisyanti, M., & Sari, Y. (2022). Pendampingan dan pelatihan Komunikasi Pemasaran Digital pada Kelompok Wanita Tani D’Shafa Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(3), 64–71. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.2177

Effendi, N. I., Suliska, G., Marthika, L. D., Ferdian, T., & Wineh, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk UMKM Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Digital Marketing dengan Graphic Designer Software Canva. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(1), 643–653. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6574

Effendi, N. I., Supriyati, & Herawati. (2021). Peningkatan Pemasaran Produk Melalui Pelatihan Disain Kemasan dan Promosi Multimedia Keripik Tempe Desa Kuamang Gading Kota Jambi. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1856–1865. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5062

Elvin, Kalista, E., Putri, I. P., Jason, Barahama, J. M., Ng, R., … Kelana, Z. (2019). Penggunaan Digital Marketing Sosial Media pada Batik SR Batam. The First National Conference for Community Service Project (1 St NaCosPro 2019): “Empowering Society, Driving Change: Social Innovation,” 1–6.

Hidayat, R., & Alliyah, S. (2016). Upaya Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Batik Tuis Kampoeng Batik Desa Karaskepoh Kabupaten Rembang. Journal of Dedicators Community, 1(1).

Insana, D. R. M. (2020). Penerapan Model Canvas, Marketing Mix Dan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pemasaran Dan Penjualan (Pengabdian kepada Masyarakat untuk UMKM di Wilayah Cirebon). Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 168–173. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7586

Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 147–152. https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.3480

Khalifaturofi’ah, S. O., Wulandari, D. A., & Inayah, Z. (2023). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 214–220. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i2.344

Khomariah, N. E., & Primandari, P. N. (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan " Sub Aquatic " Sebagai Strategi Digital Marketing. 2(3), 795–801. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1393

Normawati, R. A., Wardani, S. I., Widayani, A., Komunitas, A., Putra, N., & Fajar, S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 253–261. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4157

Nugroho, E. R. D., Ayu, M., Azizah, N., Ciptaningsih, M., & Devi, H. P. (2022). Optimalisasi UMKM “ Batik Karang Wungu ” di Desa Cileng , Poncol , Magetan Melalui Digital Marketing dan Legalitas Batik Masa Pandemi. WIRYAKARYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(2), 20–24. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/wjpm.v1i02.13198

Oktavian, M. L., & Widodo. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Membatik Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga Di Desa Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 92–101. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/11512

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 7(1), 68–73. Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/3943

Setiawan, T., & Putro, F. H. (2021). Pemanfaatan Graphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk UMKM di Cepogo Boyolali. Intelektiva:Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(12), 53–56. Retrieved from https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/530

Suyati, H., Firmansyah, H., Effendi, N. I., Nurhmahadi, Rachmawati, E., Febrianto, H. G. C., … Jatmiko, U. (2021). Teori dan Konsep Kewirausahaan (1st ed.; Mansur & Srikalimah, eds.). Cirebon: Insania. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Z4ZZEAAAQBAJ&newbks=0&printsec=frontcover&pg=PR1&dq=penerbit+insania&hl=en&source=newbks_fb&redir_esc=y#v=onepage&q=penerbit insania&f=false

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. IPTEKS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.43528/jpmi.v7i1.3943

Wibisono, A. (2019). Peningkatan Kinerja Usaha Melalui Kemampuan Manajemen Serta Inovasi. Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 7(1), 43–50.

Wibowo, T., & Yudi. (2021). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam. Conference on Business, Social Technology 662–669. Sciences. Retrieved from https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech

Yoerani, A., Yana, A. A., Siregar, J., & Syafianto, S. (2021). Pelatihan Desain Produk Dalam Pemasaran Digital Pada Pemuda Karang Taruna Desa Cikaregeman Selama Covid-19. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3, 31–34.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.15116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Ika Effendi, Vivi Yosefri Yanti, Risti Afriyani Afriyani, Risni Nelvia Nelvia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: