PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BERBASIS PENGEMBANGAN PENELITIAN PADA SEBUAH PERUSAHAAN KONSTRUKSI

Raulia Riski, Anisa Dzulkarnain, Berlian Rahmy Lidiawaty, Aditiya Taruna Septian Wibowo, Arini Pramesta Setyaningtitah, Alfina Ayu Puspitasari, Yulia Wahyu Ningsih

Abstract


Abstrak: Promosi dan pemasaran digital merupakan suatu keharusan bagi perusahaan saat ini agar dapat bersaing dalam perkembangan teknolgi digital yang semakin marak. PT. Adam Djaya Teknik merupakan sebuah Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang konstruksi yang belum memanfaatkan pemasaran digital meskipun sebenarnya perusahaan ini sangat membutuhkan media pemasaran digital untuk menjalin hubungan dengan klien lama maupun klien potesial mereka. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu PT. Adam Djaya Teknik membangun media promosi dan pemasaran digital melalui pembangunan company profile website dan google business. Kegiatan ini juga disertai knowledge transfer untuk mendukung PT. Adam Djaya Teknik sebagai mitra dalam kegiatan ini. Evaluasi dilakuan melalui wawancara dan pemberian kuesioner. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola navigasi dan struktur menu di website perusahaan sebesar 50%, diikuti oleh peningkatan kemampuan mengelola konten (38,10%), kemampuan mengelola company profile website (37,31%), kemampuan mengoptimalkan tampilan website (34%), dan kemampuan analitik website untuk memantau kinerja dan memahami perilaku pengunjung website (34%).

Abstract: Digital promotion and marketing is a must for companies today to be able to compete in the increasingly widespread development of digital technology. PT. Adam Djaya Teknik is an Incorporated Company that has not utilized digital marketing even though in reality this company really needs digital marketing media to establish relationships with their existing and potential clients. This community service aims to help PT. Adam Djaya Teknik build promotional media and digital marketing through the development of a company profile website and Google business. This activity is also accompanied by knowledge transfer to support partners in utilizing these media. Evaluation was carried out through interviews and questionnaires. The evaluation results show that this activity succeeded in increasing the ability of participants to manage the navigation on the company's website (50%), followed by the ability to manage content (38.10%), the ability to manage the company profile website (37.31%), the ability to optimize website appearance (34%), and the website analytic capabilities (34%).


Keywords


Digital Marketing; Incorporated Company; Company Profile Website; Google Business.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anggakara, M. (2021). Lakukan Knowledge Transfer untuk Maksimalkan Kinerja. Linovhr.Com. https://www.linovhr.com/knowledge-transfer/

Depari, G. S., Alfonsius, A., Tambunan, E., & Purba, R. (2022). Pemasaran Digital di Era Pandemi Covid-19. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 109–113. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.217

Desai, V. (2019). Fostering Innovation, Integration and Inclusion through Interdisciplinary Practices in Management. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Special Is(Special Issue-FIIIIPM2019), 91–94. https://doi.org/10.31142/ijtsrd23072

Firgia, L., & Nurcahyo, A. C. (2021). Perancangan Dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Sebagai MEdia Promosi Dan Informasi Pada Sekolah Tinggi Teologia Ekklesia Pontianak. Journal of Information Technology, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.46229/jifotech.v1i2.198

Herman, N., & Janah, N. Z. (2020). Rancang Bangun Company Profile E-Life Solutions Plt Berbasis Web Sebagai Corporate Branding. Journal of Applied Multimedia and Networking, 4(2), 16–26. https://doi.org/10.30871/jamn.v4i2.2206

Hidayat, P., & Handayanto, A. (2019). Analisis Perancangan dan Pembuatan Company Profile Berbasis Website Pada PT. SUCOFINDO Semarang Sebagai Media Promosi dan Informasi. Undergraduate Conference on Applied Linguistics, Linguistics, and Literature.

Irfan, A., & Santosa, P. I. (2015). Adopsi Cloud Computing Pada UKM di Indonesia. Semnasteknomedia Online, 1–6.

Khilmy, A., Irawan, M. I., & Lidiawaty, B. R. (2020). The Risk Assessment of Genset Installation Project using Fault Tree Analysis in Indonesia. 3, 11–17.

Kridoyono, A., & Sudaryanto, A. (2021). Web Company Profile CV. Priyandra Inarya Cipta. Journal of Science and Development, 4(1), 10–21.

KUB. (2018). Your Digital Marketing Roadmap. Www.Kub-Uk.Net. https://www.kub-uk.net/insights/your-digital-marketing-roadmap/

Kusumawati, A., Riski, R., Hidayati, S., Hadyanto, F. D., Pradana, A. S., & Siahaan, F. R. (2023). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran bagi Guru di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(2), 1–3.

LPPM. (2018). Pengabdian Pada Masyarakat. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan. https://feb.unpas.ac.id/fe_app/index.php?TF4HWFNTSlouNTFsJyorKicnZS0pEj4_PXc8PmkFMzk_ODg_NTwwfzAABgJEKAcUEQgYCgcMGg#:~:text=Jenis-jenis program pengabdian pada,percontihan%2C dan demonstrasi seperti pameran.

LPPM. (2021). Pedoman Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. https://lppm.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/012_20210504_1. Pedoman PkM-edited.pdf

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Ningsih, Y. A., & Oemar, E. A. (2021). Perancangan Company Profile PT Wiradecon Multi Berkah Sebagai Media Promosi. Jurnal Barik, 2(3), 97–110. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Raulia Riski, Anisa Dzulkarnain, Berlian Rahmy Lidiawaty, Aditiya Taruna Septian Wibowo, Arini Pramesta Setyaningtitah, Alfina Ayu Puspitasari, Yulia Wahyu Ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: