PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP KESEHATAN LANSIA DI SURABAYA
Abstract
Abstrak: Sebagai golongan penduduk rentan, lansia dipilih sebagai salah satu titik pusat dari pelaksanaan program KKN di Kelurahan Karangpoh dalam bidang pembangunan kesehatan. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya tingkat partisipasi pada posyandu lansia dan rendahnya pengetahuan terkait kesehatan pada lansia. Program kesehatan yang dilaksanakan adalah cek kesehatan gratis yang dilaksanakan pada posyandu lansia rutin serta sosialisasi penyakit menular dan tidak menular dengan edukasi dan diskusi bersama narasumber. Kedua program tersebut dilakukan dengan tujuan meningkatkan partisipasi lansia dalam kegiatan posyandu lansia rutin serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit menular dan tidak menular sebagai bagian dari kesehatan pada lansia. Kegiatan posyandu lansia dihadiri oleh 13 lansia dan sosialisasi dihadiri oleh 11 orang lansia serta 15 orang kader kesehatan setempat. Hasil dari pelaksanaan kedua program kerja bidang kesehatan di Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya memenuhi indikator keberhasilan program yaitu kehadiran partisipan lebih dari 50% populasi target dan peningkatan pengetahuan melalui kegiatan tanya jawab sebagai pre-test dan post-test sebesar 80%.
Abstract: As a vulnerable population group, the elderly were chosen as one of the central points of implementing the KKN health development programs in Karangpoh Village. The problems faced are the low level of participation in the Posyandu Lansia and the lack of knowledge related to health in elderly. The health programs implemented included free medical check-ups and socialization of infectious and non-infectious diseases including education and discussions held with an expert. Both programs were carried out with the aim of increasing the participation of the elderly in routine Posyandu Lansia activities and increasing public awareness of infectious and non-infectious diseases as a part of elderly health. The posyandu lansia were attended by 13 elderly people and the socialization was attended by 11 elderly people and 15 local health cadres. The results of the two health sector programs in Karangpoh Village, Tandes District, Surabaya City met the program's success indicators, namely the presence of participants of more than 50% of the target population and increasing knowledge through QnA activity as a pre-test and post-test replacement of 80%.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Badan Pusat Statistik. (2021). Statisik Penduduk Lanjut Usia 2021 (Issue 1). https://doi.org/4104001
Daengs, A., Istanti, E., & Kristiawati, I. (2022). Peran Timelimenes Dalam Meningkatkan Customer Satisfaction, Customer Loyalty Pt. Jne. Jurnal Baruna Horizon, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v5i1.71
Fauzi, M. F., & Rahmi, A. N. (2021). Penerapan Metode First In First Out (Fifo) Dalam Sistem Antrian Pelayanan Administrasi Mahasiswa Studi Kasus DAAK Universitas AMIKOM Yogyakarta. METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 5(2), 183–188. https://doi.org/10.46880/jmika.vol5no2.pp183-188
Harahap, A. R. R. I. P. N. (2021). Peran Posyandu Lansia Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Di Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2021. . . Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 6(1), 82–88.
Ilyas, A. N. K. (2017). Peran Posyandu Lansia Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Lanjut Usia Di Posyandu Lansia Sejahtera Kelurahan Pasirmuncang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(2). https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2956
Latumahina, F., Istia., Y. J., Tahapary, E. C., Anthony, V. C., Soselisa, V. J., & Solissa, Z. (2022). Peran Posyandu Lansia Terhadap Kesejahteraan Para Lansia di. Jurnal Karya Abdi Masyarakat Universitas Jambi, 6(43), 39–45.
Masturi, H., Hasanawi, A., & Hasanawi, A. (2021). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208.
Nuraisyah, F., Purnama, J. S., Nuryanti, Y., Agustin, R. D., Desriani, R., & Putri, M. U. (2021). Edukasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular pada Lansia untuk Meningkatkan Kualitas Hidup. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 364–368. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v6i4.1845
Pemerintah Kota Surabaya. (2018). Surabaya Siap Jadi Kota Ramah Lansia. Surabaya.Go.Id. https://www.surabaya.go.id/id/berita/48600/surabaya-siap-jadi-kota-ramah-l
Pralambang, S. D., & Setiawan, S. (2021). Faktor Risiko Kejadian Tuberkulosis di Indonesia. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, Dan Informatika Kesehatan, 2(1), 60. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v2i1.4660
Raudhoh, S., & Pramudiani, D. (2021). Lansia Asik, Lansia Aktif, Lansia Poduktif. Medical Dedication (Medic) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FKIK UNJA, 4(1), 126–130. https://doi.org/10.22437/medicaldedication.v4i1.13458
Reswan, Hayyumahdania; Alioes, Yustini; Rita, R. S. (2017). Gambaran Glukosa Darah pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 673–678.
Sauliyusta, M., & Rekawati, E. (2016). Aktivitas Fisik Memengaruhi Fungsi Kognitif Lansia. Jurnal Keperawatan Indonesia, 19(2), 71–77. https://doi.org/10.7454/jki.v19i2.463
Suhartini, Ermawati, T., Hamzah, Z., & Meilawati, Z. (2017). Profil Tekanan Darah Pada Lansia di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Warta Pengabdian, 11(4), 170–176. https://doi.org/10.19184/wrtp.v11i4.7239
Yuniati Faiza, D. Y. (2014). Pemanfaatan Posyandu Lanjut Usia. Jurnal Kesehatan Politeknik Kesehatan Palembang, 1, 30–33. https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/JPP/article/download/170/133
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16216
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Naja Nadhifa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: