PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL BERBASIS MEDIA TEKNOLOGI PADA KURIKULUM MERDEKA

Sunismi Sunismi, Sri Wahyuni, Ari Ambarwati, Alfan Zuhairi

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang dihadapi mitra PKM 2023, yaitu kurang mampu dalam mengembangkan perangkat pembelajaran TaRL berbasis media IT kurikulum merdeka. Tujuan PKM 2023 ini adalah mitra memiliki kemampuan yang baik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran TaRL berbasis media IT kurikulum merdeka, meliputi modul ajar TaRL, bahan ajar, LKPD, asesmen, media pembelajaran IT. Sedangkan metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian bentuk siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga langkah meliputi pelatihan, penerapan dan pendampingan. Sampai permasalahan mitra meningkat dengan baik. Sistem evaluasi dilakukan dengan cara memberikan angket pretest sebelum pelatihan dan angket postest setelah pendampingan. Berdasarkan hasil PKM yang dilakukan pada siklus pertama sudah ada peningkatan kemampuan mitra dengan baik dan produk yang dihasilkan berupa modul ajar TaRL juga berkualitas baik. Sedangkan produk yang lain berupa kelengkapan modul ajar TaRL, yaitu bahan ajar, LKPD, asesmen, dan media pembelajaran dapat dikembangkan dengan kualitas baik, setelah dilakukan kegiatan pendampingan pada siklus kedua. Hasil peningkatan sebesar 23.45%, yaitu dari kategori cukup 64.75% menjadi baik 88.2%. Hal ini terbukti bahwa sebanyak 29 mitra dari 32 mitra semua telah berhasil mengambangkan produk perangkat pembelajaran TaRL dengan media pembelajaran IT yang diharapkan dengan baik.


Abstract: The problem faced by PKM 2023 partners is their lack of ability to develop independent curriculum IT media-based TaRL learning tools. The aim of PKM 2023 is that partners have good capabilities in developing independent curriculum IT media-based TaRL learning tools, including TaRL teaching modules, teaching materials, LKPD, assessments, IT learning media. Meanwhile, the method used in community service activities is in the form of a cycle, each cycle consisting of three steps, including training, implementation and mentoring. Until partner problems improve well. The evaluation system is carried out by providing a pretest questionnaire before training and a posttest questionnaire after mentoring. Based on the results of the PKM carried out in the first cycle, there has been a good increase in partner capabilities and the products produced in the form of TaRL teaching modules are also of good quality. Meanwhile, other products in the form of complete TaRL teaching modules, namely teaching materials, LKPD, assessments and learning media can be developed with good quality, after mentoring activities are carried out in the second cycle. The results increased by 23.45%, namely from the fair category 64.75% to good 88.2%. This has been proven that as many as 29 partners out of 32 partners have succeeded in developing TaRL learning device products with the expected good IT learning media.


Keywords


Assistance; Learning Media; TARL; Technology Media; Freedom Curriculum

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adarkwah, M. A. (2021). “I’m not against online teaching, but what about us?”: ICT in Ghana post Covid-19. Education and Information Technologies, 26(2), 1665–1685. https://doi.org/10.1007/S10639-020-10331-Z

Africa, T., & Agenda, L. (2019). TaRL Africa Learning Agenda. December, 1–27.

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/CEEJ.V2I2.6665

Ardiansyah, R., Diella, D., Herni, D., Suhendi, Y., Biologi, J. P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Siliwangi, U., Fisika, P., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31–36. https://doi.org/10.26858/PUBLIKAN.V10I1.12172

Arjihan, C., Putri, D., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/PTK.V3I1.104

Jazuli, L. (2022). Teaching At The Right Level (Tarl) Through The All Smart Children Approach (Sac) Improves Student’s Literature Ability. Progres Pendidikan, 3(3), 156–165. https://doi.org/10.29303/prospek.v3i3.269

Kusmana, S. (2017). Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 1 (1) http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/520

Lakhsman, & Samyukta. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s approach to teaching and learning.nama jurnal? Vol? issue? Halaman? Http://Journals.Openedition.Org/Ries. https://doi.org/10.4000/RIES.7470

Meishanti, O. P. Y., & Fitri, N. A. R. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Inspiratif Pendekatan Tarl Berbasis Pjbl Melalui Pembelajaran Literasi Sains Materi Virus. Eduscope: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.32764/EDUSCOPE.V8I1.2783

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2018). Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Prosiding SiManTap : Seminar Nasional Matematika Dan Terapan , 25–30. http://bulletin.indoms-acehsumut.org/index.php/simantap/article/view/144

Pranoto, A., Damayanti, R., Ardiansyah, R., Kaswadi, K., & Sueb, S. (2022). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis IT. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.37478/ABDIKA.V2I1.1604

Pratham. (2021) Teaching At The Right Level. Every Child in Shcool and Leraning Well. https://www.pratham.org/about/teaching-at-the-right-level/

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction).

Ridwan, T., & Umam, A. F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.36418/CERDIKA.V1I1.3

Nasution, M. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9–16. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sunismi, Sri Wahyuni, Ari Ambarwati, Alfan Zuhairi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: