PEMANFAATAN QUIZZIZ DAN TESTMOZ SEBAGAI ALAT PENILAIAN PEMBELAJARAN

Ivan Ashif Ardhana, Umy Zahroh

Abstract


Abstrak: Penilaian merupakan bagian tidak terpisahkan dari proses pembelajaran yang bertujuan mengevaluasi keseluruhan aspek meliputi guru, siswa, model pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan. Pandemi Covid-19 memunculkan dan memopulerkan kembali berbagai platform penilaian berbasis kuis atau tes dengan beragam fitur yang memudahkan pendidik sekaligus meningkatkan minat siswa. Dua dari sekian media penilaian online yang menarik digunakan adalah Quizziz dan Testmoz. Guru perlu dikenalkan dengan media penilaian online agar proses penilaian pembelajaran dapat menarik minat dan motivasi siswa, terutama guru di sekolah dengan akses internet terbatas. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan hardskill guru dalam mendesain penilaian pembelajaran berbasis online menggunakan Quizziz dan Testmoz. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh guru di SMA/MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan adalah dengan ceramah pemaparan materi, praktik penggunaan platform, dan pretes-posttest tentang persepsi digital guru. Hasil pretest menunjukkan skor 3,80 dan posttest sebesar 4,25 yang berarti terjadi peningkatan sebesar 11,84%. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan persepsi digital guru tentang penggunaan media penilaian pembelajaran berbasis online. Sebagian besar guru menjadi lebih tertantang dan memiliki keinginan untuk mempelajari platform-platform pembelajaran online lainnya.

Abstract: Assessment is an integral part of the learning process that aims to evaluate the overall aspect of teachers, students, learning models, and the learning media used. The Covid-19 pandemic has emerged and re-populated a variety of quiz or test-based assessment platforms with various features that facilitate educators while increasing student interest. Two of the most interesting online rating media used are Quizziz and Testmoz. Teachers need to be introduced to online evaluation media so that the learning evaluation process can attract the interest and motivation of students, especially teachers in schools with limited internet access. The purpose of this community dedication activity is to improve the hardskill of teachers in designing online learning assessments using Quizziz and Testmoz. The target of this activity is the entire teacher at the Integrated Al-Anwar Durenan Trenggalek High School/MA of 32 people. The method used was with material exhibition lectures, platform use practices, and pretest-posttests on teacher digital perception. The pretest result showed a score of 3.80 and posttest of 4.25 which meant an increase of 11.84%. This suggests an increase in teacher's digital perceptions of using online-based learning evaluation media. Most teachers are becoming more challenged and have a desire to learn other online learning platforms.


Keywords


Learning Assessment; Quizziz; Testmoz.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ardhana, I. A. (2020). Penggunaan Tes Online “Testmoz” Terintegrasi dengan Googleclassroom sebagai Alternatif Alat Pembelajaran Daring. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i2.182

Astuti, N., Nurhayati, Yuhafliza, Nurmina, & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring di Era New Normal pada Guru SMA Negeri 2 Dewantara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 445–457. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4061

Citra Manggalasari, L., Jantos, A., Koehler, T., Yuliastuti, Y., Wijayanti, Y., Setyandito, O., Sutarto, S., & Wisni Septiarti, S. (2023). The Barriers in Online Assessment for Professional Certification: A Case Study In Indonesia. Journal of Education Research and Evaluation, 7(1), 159–167. https://doi.org/10.23887/jere.v7i1.53839

Degirmenci, R. (2021). The Use of Quizizz in Language Learning and Teaching from the Teachers’ and Students’ Perspectives: A Literature Review. Language Education and Technology, 1(1), 1–11.

Huei, L. S., Yunus, M. M., & Hashim, H. (2021). Strategy to improve english vocabulary achievement during COVID-19 epidemic. Does quizizz help? Journal of Education and E-Learning Research, 8(2), 135–142. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.82.135.142

Ismail, R., & Imawan, O. R. (2021). Meningkatkan Penguasaan Tpack Guru di Papua Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 277–288.

Kartiwi, Y. M., & Mekar, I. (2022). Pelatihan Membuat Alat Evaluasi Berbasis Tpack Menggunakan Aplikasi Testmoz Pada Para Guru di Yayasan Miftahul Ihsanal-Banjarykota Banjar Jawa Barat. Abdimas Siliwangi, 5(3), 599–607.

Marius, P., & Anggoro, S. (2014). Profil pengguna internet indonesia 2014 (1st ed.). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Muslim, F. E., & Ardhana, I. A. (2023). Development of Android-Based Chemistry Virtual Laboratory Media on Acid-Base Materials for 11th Grade High School Students. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 11(2), 166–177.

Muyassaroh, A., & Ardhana, I. A. (2022). Development of Audiovisual Learning Media on Electrolyte and Non-Electrolyte Chemistry Topic With Powtoon Application. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 10(1), 30–41. https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i1.273

Perwitasari, F., Astuti, N. B., & Atmojo, S. (2021). Online Learning and Assessment: Challenges and Opportunities During Pandemic COVID-19. Proceedings of the International Conference on Educational Assessment and Policy (ICEAP 2020), 545(4), 133–137. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.077

Purba, R., Herman, H., Purba, A., Hutauruk, A. F., Silalahi, D. E., Julyanthry, J., & Grace, E. (2022). Improving Teachers’ Competence Through the Implementation of the 21St Century Competencies in a Post-Covid-19 Pandemic. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1486. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7340

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sangle, S. B., Nandurkar, K. N., & Pawar, P. J. (2020). Incorporating e-assessment tools in teaching for effective and authentic assessment. Journal of Engineering Education Transformations, 33(Special Issue), 130–136. https://doi.org/10.16920/jeet/2020/v33i0/150081

Tim Dapodikbud. (2018). Profil MAS Terpadu Al Anwar Durenan Trenggalek. https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/ACD3436D-0DC4-4D7F-8D29-397C2CFF8B89

Widyawati, F. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Siswa Kelas XII SMA/MA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 10(1), 1–10.

Zamista, A. A. (2022). Asesmen Online sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Era Digital: Penelitian Systematic Literature Review. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 27(2), 108–119. https://doi.org/10.24090/insania.v27i2.6756

Zekolah. (2021). Informasi Umum MAS Al-Anwar Terpadu Durenan Trenggalek. https://data-sekolah.zekolah.id/sekolah/mas-terpadu-al-anwar-durenan-123368




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ivan Ashif Ardhana, Umy Zahroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: