PENINGKATAN USAHA “KEMBANG GOYANG” MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMASAN PRODUK

Rika Diananing Putri, Ismawati Ismawati, Very Andrianingsih

Abstract


Abstrak: kembang goyang merupakan makanan tradisional yang digemari masyarakat. Kue kembang goyang memiliki rasa manis, gurih, renyah dan tidak menyerap minyak. Rumput laut memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh baik makronutien dan mikronutrien. Inovasi produk kembang goyang dengan menambahkan tepung rumput laut yang bertujuan meningkatkan umur simpan dan meningkatkan citarasa. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pendapatan/omzet penjualan produk kembang goyang dengan pelatihan dan pendampingan pengemasan. Metode yang digunakan dengan memberikan materi pengemasan yang baik dan benar, dan memberikan pendampingan cara mengemas menggunakan alat continues sealer. Mitra pengabdian masyarakat yaitu perempuan pesisir sebanyak 25 orang. Hasil yang telah dicapai peningkatan 80% dari 25 peserta yaitu (1) adanya peningkatan kemampuan mengemas produk menggunakan alat continues sealer, dan (2) peningkatan pengetahuan mitra terhadap kemasan yang baik dan benar yaitu kemasan yang menarik dan informatif.

Abstract: Kembang goyang is a traditional food that is popular with the community. Kembang goyang cake has a sweet, savory, crunchy taste and does not absorb oil. Seaweed has good nutrition for the body, both macronutrients and micronutrients. The innovation of the kembang goyang product is by adding seaweed flour which aims to increase shelf life and improve taste. The aim of this activity is to increase sales income/turnover of kembang goyang products with packaging training and assistance. The method used is to provide good and correct packaging materials, and provide assistance on how to package using a continuous sealer tool. The community service partners are 25 coastal women. The results achieved were an increase of 80% from 25 participants, namely (1) an increase in the ability to package products using a continuous sealer tool; and (2) an increase in partners' knowledge of good and correct packaging, namely attractive and informative packaging.

 


Keywords


Performance; Improvement; Packaging; Product.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alisa, S. N., Asikin, A. N., Diachanty, S., Irawan, I., Rusdin, I., Studi, P., Hasil, T., Perairan, J. B., Mulawarman, U., Timur, K., Studi, P., Hasil, T., Vokasi, S., Sebelas, U., Surakarta, M., Surakarta, K., & Goyang, K. (2023). Fortifikasi Tepung Tulang Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Pada Kue Kembang Goyang Fortification Of Milk Fish Bone Meal (Chanos Chanos) In Kembang Goyang Crackers. Juvenil:Jurnal Ilmiah Kelautan Dan Perikanan, 4(2), 132–141.

Amin, F. (2019). pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan kembang goyang oleh kelompok usaha bersama (KUBE) Lentera di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan. In Skripsi (Vol. 2, Issue 1).

Anugrahati, N. A., & Naomi, J. (2021). Karakteristik Fisik Kue Kembang Goyang dengan Substitusi Jewawut (Setaria italica L. P. Beauv.) dan Variasi Konsentrasi Santan. AGRITEKNO: Jurnal Teknologi Pertanian, 10(1), 45–55. https://doi.org/10.30598/jagritekno.2021.10.1.45

Dewi, C. M., Hairiza, A., & Limbong, E. G. (2020). Warna sebagai Identitas Merek pada Kemasan Makanan Tradisional Kembang Goyang Khas Betawi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 2(01), 9–13. https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.150

Dwi, N., Asrie, W. Y., Nanik, S., & Vivi, N. (2021). Penyimpanan dalam jangka waktu yang lama akan mempengaruhi mutu sensoris. Pengujian dilakukan dengan cara kembang goyang yang dikemas dengan plastik. 6(2), 52–63.

Fuadah, I. E., & Choirul, A. N. A. (2016). Pengaruh Penambahan Tepung Bekatul Terhadap Mutu Organoleptik Kue Kembang Goyang. E-Journal Boga, 5(3), 18–26.

Halim, K. I. (2021). Pendampingan Usaha Kue Kering Melalui Pengemasan Produk Dan Pemasaran Digital. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 732–736. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2568

Ismawati, I., Destryana, R. A., & Wibisono, A. (2019). Pelatihan Teknologi Pengemasan Tablet Effervescent. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sains (SNasTekS), September, 289–298.

Natadjaja, L. (2002). Pengaruh Komunikasi Visual Antar Budaya Terhadap Pemasaran Produk Pada Pasar Ekspor Ditinjau Dari Warna Dan Ilustrasi Desain Kemasan. NIRMANA Jurusan Desain Komunikasi Visual, 4(2), 158–168.

Panjaitan, A., Silalahi, R. V., & Putra, F. P. (2020). Perbaikan Proses Produksi dan Kualitas Produk Kembang Goyang Di UMKM Ibu Supiyah. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 229–236. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.956

Pratama, A., Oktavima Wisdaningrum, & Magdalena Putri Nugrahani. (2020). Pendampingan dan Penerapan Teknologi Untuk Peningkatan Produktivitas Usaha Mikro Gula Semut. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 275–284. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3490

Putri Istiana Surgya, Y. H. S. (2022). Pengolahan Biskuit dengan Penambahan Rumput Laut ( Gracilaria sp.) Biscuit Processing with the Addition of Seaweed ( Gracilaria sp.) Putri Istiana Surgya  , Yuliati H Sipahutar. Prosiding Simposium Nasional IX Kelautan Dan Perikanan, 93–100.

Putri, R. D., Hanafi, I., & Wise, N. (2022). Teknologi Pengemasan Olahan Ikan Bandeng Pada Ukm “Adinda” Desa Gersik Putih Sumenep. Buletin Udayana Mengabdi, 20(4), 313. https://doi.org/10.24843/bum.2021.v20.i04.p07

Putri, Rika Diananing, & Hanafi, I. (2021). Pendampingan Penggunaan Kemasan “Vacum Sealer” Pada Produk Olahan Ikan Bandeng Di Desa Gersik Putih Kec. Gapura Sumenep. Jurnal Terapan Abdimas, 6(2), 140. https://doi.org/10.25273/jta.v6i2.7969

Sanger, G., Kaseger, B. E., Rarung, L. K., & Damongilala, L. (2018). Potensi beberapa Jenis Rumput Laut sebagai Bahan Pangan Fungsional, Sumber Pigmen dan Antioksidan Alami. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 21(2), 208. https://doi.org/10.17844/jphpi.v21i2.22841

Sari, M., Hatta, M., & Permana, A. (2016). Potensi rumput laut : Kajian komponen bioaktif dan pemanfaatannya sebagai pangan fungsional. Acta Aquatica Science Journal. Aquatic Sciences Journal, 3(1), 12–17.

Septiyadi, A. L., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik Emina. Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–14.

Susetyarsi, T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. STIE Semarang, 4(3), 19–28.

Yasid, R. (2016). Pengaruh warna kemasan, bahan kemasan, sedain kemasan terhadap perilaku pembelian konsumen mie instan indomi di Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i6.19376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rika Diananing Putri, Ismawati, Very Andrianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: