PENINGKATAN KAPASITAS DIGITAL MARKETING DAN MANAJERIAL MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BERBASIS KEMITRAAN PADA MUTIARA CRAFT (ECOPRINT)

Kristiana Widiawati, Ari Nurul Alfian, Shalahuddin Shalahuddin, Nurul Kamila, Handrean Manurung

Abstract


Abstrak: Permasalahan utama yang dihadapi UMKM Mutiara Craft adalah penjualan masih dilakukan secara sederhana belum mengoptimalkan pemanfaatan digital marketing. Untuk pengelolaan managerial pengelolaan keuangan masih belum sesuai standar PSAK ETAP. Tujuan kegiatan pendampingan memberikan solusi terhadap permasalahan mitra yaitu memberikan peningkatan softskill melalui motivasi kewirausahaan serta peningkatan hardskill melalui optimalisasi digital marketing dan mampu menyusun laporan keuangan sesuai standar untuk meningkatkan promosi dan penjualan. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan kepada mitra binaan Mutiara Craft Ecoprint di Kota Bekasi dengan peserta 35 orang. Pelatihan yang telah dilaksanakan ialah pelatihan motivasi berwirausaha dan teknik ecoprint, pelatihan digital marketing dan pelatihan pengelolaan manajerial/keuangan. Hasil monitoring dari pelaksanan kegiatan pendampingan UMKM berbasis kemitraan terlihat dari meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra. Capaian indikator digital marketing adalah 78% dan Capaian indikator pengelolaan keuangan adalah 80%. Tingkat kepuasan pelaksanaan kegiatan rata-rata menyatakan sangat puas 73% melalui depth interview dan penyebaran angket.

Abstract: The main problem faced by Mutiara Craft MSMEs is that sales are still carried out simply and have not optimized the use of digital marketing. For managerial management, financial management is still not in accordance with PSAK ETAP standards. The purpose of mentoring activities is to provide solutions to partner problems, namely providing soft skills improvement through entrepreneurial motivation and increasing hard skills through optimizing digital marketing and being able to prepare financial reports according to standards to increase promotion and sales. The method used is training and mentoring to Mutiara Craft Ecoprint fostered partners in Bekasi City with 35 participants. The training that has been carried out is entrepreneurial motivation training and ecoprint techniques, digital marketing training and managerial / financial management training. The monitoring results of the implementation of partnership-based MSME mentoring activities can be seen from the increase in partner knowledge and skills. The achievement of digital marketing indicators is 78% and the achievement of financial management indicators is 80%. The average level of activity implementation satisfaction stated very satisfied 73% through depth interviews and distributing questionnaires.

 


Keywords


Digital Marketing; Ecoprint; Financial Management; Mentoring.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anggraeni, S. N., Marlina, T., & Suwarno, S. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Pada Umkm Berdasarkan Sak Emkm. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(2), 253–270.

Bahri, H., & Ulfa, U. A. D. (2023). Pkm Pengembangan Usaha Batik Ecoprint Di Desa Sidomulyo Kecamatan Biru-Biru Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Snhrp, 5, 1202–1209.

Cucus, A., Dunan, H., Soewito, S., Warganegara, P., Iskandar, A. A., & Habiburrahman, H. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Umkm Penghasil Keripik Ksu Gapoktan Rukun Santoso Desa Bumi Sari Kecamatan Natar. Jurnal Pengabdian Umkm, 1(1), 57–65.

Harahap, N. A., & Tambunan, K. (2022). Umkm Dan Pembangunan. Cemerlang: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(2), 228–235.

Indarti, M. G. K., Widiatmoko, J., Setiawan, M. B., & Badjuri, A. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan-Entitas Mikro Kecil Menengah Bagi Pelaku Umkm. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 1130–1141.

Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Umkm Jasa Laundry Menuju Umkm Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60–72.

Karim, A., Fadlina, F., & Ginting, G. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku Umkm Di Labuhanbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (Jpmg), 2(1), 12–16.

Maak, C. S., Riwu, Y. F., Fanggidae, R. E., & Lada, J. H. (2023). Pendampingan Umkm Dan Digital Marketing Kepada Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas Ii B Kupang. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2738–2745.

Munthe, A., Yarham, M., & Siregar, R. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 593–614.

Omega, T. N. (2020). Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Pada Umkm Berdasarkan Sak Emkm (Study Kasus Pada Pengrajin Tas Ibu Indra Suriyanti). Wijaya Kusuma Surabaya University.

Pradana, E. A. A. (2020). Pkm-Pendampingan Tehnik Pembuatan Konten Promosi Digital Bagi Umkm Kota Bogor. Jurnal Abdimas, 4(1), 81–90.

Putra, D., Irawati, A., & Swissia, P. (2022). Pkm Pelatihan Pembuatan Ecoprint Untuk Ibu-Ibu Pkk Berdampak Covid-19 Di Komplek Bcl Hajimena Lampung Selatan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 11–20.

Saputri, S. A., Berliana, I., & Nasrida, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. Knowledge: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(1), 69–75.

Susilowati, E., Rusfian, E. Z., Sulaiman, S., Juminawati, S., & Sudrartono, T. (2022). Pelatihan Pengoptimalan Marketplace Untuk Peningkatan Omset Umkm Industri Tas. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1553–1558.

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. Abdipraja (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13.

Utami, R. F., Hartikasari, A. I., & Noviana, M. (2023). Ecoprint: Ide Usaha Kreatif Dan Inovatif. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 4, 142–146.

Widiawati, K. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Pendukung Sociopreneur Teh Bunga Telang (Butterfly Pea Tea). Jurnal Administrasi Kantor, 7(2), 215–224.

Wisnuaji, P. T., Rachmawati, D., & Sudari, S. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Untuk Peningkatan Pemasaran Ukm Heppi Kitchen Depok. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 139–146.

Yusuf, Y., Fadli, S., & Muarifin, H. (2022). Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Umkm (Restoran Ayam Goreng Kampung Banjar). Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 49–55.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kristiana Widiawati, Ari Nurul Alfian, Shalahuddin, Nurul Kamila, Handrean Manurung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: