PEMBERDAYAAN KELOMPOK RAJUT MELALUI DIGITAL MARKETING
Abstract
Abstrak: Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan digital marketing kelompok rajut di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kemampuan digital marketing sangat penting membantu menjangkau pasar yang lebih luas serta memperkuat hubungan dengan pelanggan. Kegiatan pemberdayaan bagi kelompok rajut diperlukan untuk memaksimalkan potensi bisnis dan meningkatkan inovasi di era digital. Berdasarkan hasil wawancara dengan para perajut ditemukan bahwa perkembangan usaha rajut mengalami kendala dalam promosi dan pemasaran sehingga penjualan tidak sesuai target. Belum ada upaya mitra untuk melakukan pemasaran online dalam bentuk digital marketing karena terbatasnya pengetahuan tentang cara mengelola usaha rajut dan pemasaran secara online. Solusi dari permasalahan tersebut adalah peningkatan kapasitas mitra mengenai digital marketing untuk optimalisasi pemasaran secara online; dan edukasi pemanfaatan teknologi untuk promosi melalui, sosial media. Mitra pada kegiatan ini adalah Ibu-ibu kelompok rajut berjumlah 15 orang. Metode pelaksanaan kegiatan berupa (1) sosialisasi; (2) pelatihan; (3) praktik; dan (4) pendampingan. Keberhasilan kegiatan diukur melalui ketercapaian pelaksanaan kegiatan dan kompetensi peserta mengenai digital marketing di akhir kegiatan. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pengetahuan peserta dalam digital marketing, dibuktikan dengan peningkatan jumlah penjualan produk sebesar 80% melalui media online.
Abstract: This community service initiative aims to enhance the digital marketing capabilities of a knitting group in Wukirsari Village, Imogiri Subdistrict, Bantul Regency, Yogyakarta. Proficiency in digital marketing is crucial in reaching a broader market and strengthening customer relationships. Empowering knitting groups is essential to maximize business potential and foster innovation in the digital era. Based on interviews with the knitters, it was found that the knitting business faced challenges in promotion and marketing, resulting in sales falling short of targets. There were no efforts by the partners to engage in online marketing through digital channels due to limited knowledge of managing knitting businesses and online marketing strategies. The solution to these issues involves enhancing the partners' capacity in digital marketing for online marketing optimization and educating them on utilizing technology for promotion through social media. The partners in this initiative are 15 women in the knitting group. The implementation methods include (1) socialization; (2) training; (3) practical exercises; and (4) mentoring. The success of the initiative is measured by the achievement of activity implementation and participants' competence in digital marketing at the end of the initiative. The results of this initiative include an increased knowledge of participants in digital marketing, evidenced by an 80% increase in product sales through online media.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur’aini, S., Anggrahi, A., Adha, N., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Ariyadi, A. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 239–247. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.56878
Cahya, A. D., Aqdella, F. A., Jannah, A. Z., & Setyawati, H. (2021). Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19. Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 503–510. https://doi.org/10.37481/sjr.v4i3.329
Febrilia, I., Nasution, H., & Handarini, D. (2017). Pelatihan Penggunaan Jejaring Sosial Instagram Dalam Memasarkan Barang Pada Ibu-Ibu Pkk Di Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur. Sarwahita, 14(02), 108–113.
Khadijah, U. L. S., Rejeki, D. S., Sukaesih, & Anwar, R. K. (2016). Literasi Informasi Motivasi Berwirausaha Ibu Rumah Tangga Kelurahan Nagasari Kabupaten Karawang Barat. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(2), 149. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i2.8491
Magdalena, N., Aprillia, A., & Setiawan, R. (2022). Evaluasi Kinerja Marketing Digital. Journal of Integrated System, 5(1), 99–106. https://doi.org/10.28932/jis.v5i1.4133
Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.
Novita, D., & Yuliani, N. (2021). Pemanfaatan Instagram di dalam Mengelola Bisnis Online bagi UMKM. Forum Ilmiah, 18(1). 55-62. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/3995
Pradana, M. (2016). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Modus, 27(2), 163. https://doi.org/10.24002/modus.v27i2.554
Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.
Putri, D. R., Deniari, N. K., Yusadara, I. G. P. M., Cahyani, N. M. J., Santika, K. D., & Wicaksana, G. H. M. (2022). Branding dan Marketing Digital Produk Makanan. Bhakti Persada Jurnal Aplikasi IPTEKS, 8(1), 9–17.
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan e-commerce dalam bisnis sebagai sumber keunggulan bersaing perusahaan. Pengguna. E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusah., No. C, 345–352.
Rayeb, A. El, Singadji, M., & Maulida, A. (2022). Analisa Kebutuhan Pengguna Dan Proses Bisnis Untuk Aplikasi Pencatatan Keuangan Dan Aset Sebagai Penunjang Karang Taruna Difta 12 Abstrak. Jurnal Adat-Jurnal Seni, Desain & Budaya Dewan Kesenian Tangerang Selatan, 4(1), 1–8.
Rosdiana, A., & Wijanarko, K. D. (2018). Rajutan pada kriya seni HANDMADE. SULUH: Jurnal Seni Desain Budaya, 1(1), 72–83.
Sari et al. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus Variabel Green Marketing dan Brand Ambassador UMKM Ngudi Rejeki Kelorida. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 308–327. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v43i2.644
Sumartiah, S., Maulida, A., Cahya, A. D., & Larasati, S. B. (2019). Meningkatkan Skill Berwirausaha Melalui Manajemen Keuangan Online, Inovasi Produk, Penjualan Online, Dan Handycraft. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(2), 181. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1264
Trihastono, Marwiyanto, J., Ristiono, E., Aslina, R. F., & Ratnaningrum, D. (2014). Indikator Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta 2020.
Wibowo, R.A. (2015). Kesuksesan E-Commerce (Online Shopping) melalui Trust dan Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Bisnis, 20(1), 8-13.
Widodo, S., Anif, M., Wasito, E., Wardihani, E., Triyono, E., Anggraeni, S., Yulianto, T., & Novitasari, M. (2019). Pendampingan Pemasaran Digital Untuk Kerajinan Rajut Kepada Ibu-ibu PKK RW V Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari Kota Semarang. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 3,issue? 176. https://doi.org/10.36339/je.v3i2.240
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20893
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Laily Rochmawati Listiyani, Agus Dwi Cahya, Astuti Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: