PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS BAGI PENGURUS KELURAHAN DAN KECAMATAN

Dian Christina, Shally Amna, Annisha Dyuli Adha

Abstract


Abstak: Kemampuan berbahasa Inggris para pengurus kelurahan dan kecamatan di Padang Timur terbatas, terutama dalam percakapan sehari-hari. Hal ini membuat komunikasi dengan pihak asing menjadi sulit. Tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggris bagi para pengurus Kelurahan dan Kecamatan Padang Timur para camat Padang Timur. Pelatihan dan dukungan percakapan bahasa Inggris melalui lokakarya interaktif. Mitranya meliputi 30 pengelola kecamatan dan kelurahan di Padang Timur. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test. Keterampilan percakapan bahasa Inggris meningkat sebesar 80%, terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata skor post-test dibandingkan pretest. Peserta juga mendapatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris.

Abstract: The English language skills of Kelurahan and Kecamatan administrators in East Padang are limited, especially in daily conversation. This makes communication with foreign parties difficult. The aim of this PKM is to improve the English conversation skills of East Padang sub-district and village administrators. English conversation training and support through interactive workshops. The partners included 30 sub-district and village managers in East Padang. Evaluation was conducted through pre-test and post-test. English conversation skills improved by 80%, as evidenced by an increase in the average posttest score compared to the pretest. Participants also gained confidence in communicating daily in English.

 


Keywords


Training; English Conversation; Sub-district Management.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adnyana, I. K. S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dengan Menerapkan Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Masa Pandemi Covid -19. Journal of Education Action Research, 6(2), 235–241. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45808

Andy, et. al. (2018). Pelatihan berbahasa Inggris dengan Drilling dan Repitition bagi karang Taruna Desa Jedong. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 45.

Darmawati. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa PGSD E Universitas Cokroaminoto Palopo Dengan Menggunakan Metode Role Play. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 4(2), 1–14.

Diarta, F., Bilkhis Silviana, S., Pipih Lestari, A., Aviani, E., & Rahmawati, R. (2023). PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI PELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 3(1). https://doi.org/10.46306/jub.v3i1

Furqon, M., Anjarani, S., & Suroso, B. (2022). Pelatihan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Tingkat Dasar bagi Guru dan Karyawan SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(6), 671–675. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.775

Hajerah, H. (2019). Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi DWP SETDA Prov Sul-Sel. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 43. Https://Doi.Org/10.26858/Pembelajar. V3i1.6863 .

Kemal, E., & Khairi Ikhsan, M. (2022). PELATIHAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS KONTEKS AKADEMIK DAN PERKANTORAN DI UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR. MAJAMAS, 1(1), 35–41. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/

Kurniati, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. JURNAL PESONA, 3(2). https://doi.org/10.26638/jp.450.2080

M.I. Gunawan, & Aswandi. (2021). ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-VII. Series: Social and Humanities, 90–101.

Nurhayati, L., Yuniar Diyanti, B., & Siwi Karmadi Kurniasih, dan. (2019). PENYUSUNAN BAHAN AJAR DENGAN PENGINTEGRASIAN KOMPETENSI LISTENING DAN SPEAKING BAGI MAHASISWA PBI. Jurnal DIKSI, 27(1), 73–80.

Rosdiana, R. ., & Wahyuni, S. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bagi Karyawan Perusahaan Jasa. Jurnal ABDIMAS PeKA, 4(1), 23-33.

Yulianci, Y., & Riza, Z. F. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Guru-Guru SMK di Kota Metro Provinsi Lampung. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1).

DAFTAR RUJUKAN

Adnyana, I. K. S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dengan Menerapkan Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Masa Pandemi Covid -19. Journal of Education Action Research, 6(2), 235–241. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45808

Andy, et. al. (2018). Pelatihan berbahasa Inggris dengan Drilling dan Repitition bagi karang Taruna Desa Jedong. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 45.

Darmawati. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa PGSD E Universitas Cokroaminoto Palopo Dengan Menggunakan Metode Role Play. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 4(2), 1–14.

Diarta, F., Bilkhis Silviana, S., Pipih Lestari, A., Aviani, E., & Rahmawati, R. (2023). PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI PELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 3(1). https://doi.org/10.46306/jub.v3i1

Furqon, M., Anjarani, S., & Suroso, B. (2022). Pelatihan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Tingkat Dasar bagi Guru dan Karyawan SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(6), 671–675. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.775

Hajerah, H. (2019). Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi DWP SETDA Prov Sul-Sel. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 43. Https://Doi.Org/10.26858/Pembelajar. V3i1.6863 .

Kemal, E., & Khairi Ikhsan, M. (2022). PELATIHAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS KONTEKS AKADEMIK DAN PERKANTORAN DI UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR. MAJAMAS, 1(1), 35–41. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/

Kurniati, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debat. JURNAL PESONA, 3(2). https://doi.org/10.26638/jp.450.2080

M.I. Gunawan, & Aswandi. (2021). ANALISIS KETERLIBATAN DAN RESPON MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-VII. Series: Social and Humanities, 90–101.

Nurhayati, L., Yuniar Diyanti, B., & Siwi Karmadi Kurniasih, dan. (2019). PENYUSUNAN BAHAN AJAR DENGAN PENGINTEGRASIAN KOMPETENSI LISTENING DAN SPEAKING BAGI MAHASISWA PBI. Jurnal DIKSI, 27(1), 73–80.

Rosdiana, R. ., & Wahyuni, S. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bagi Karyawan Perusahaan Jasa. Jurnal ABDIMAS PeKA, 4(1), 23-33.

Yulianci, Y., & Riza, Z. F. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Guru-Guru SMK di Kota Metro Provinsi Lampung. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dian Christina, Shally Amna, Annisha Dyuli Adha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: