PERLUASAN PEMASARAN PRODUK DENGAN PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE MELALUI MARKETPLACE PADA USAHA MASYARAKAT KECAMATAN SINGINGI

Nobel Aqualdo, Cut Endang Kurniasih, Rahmita Budiartiningsih

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang dialami mitra umumnya penjualan produk masih menggunakan cara konvensional, rendahnya partisipasi dan kompetensi terhadap penggunaan platform e-commerce di marketplace online. Pada pengabdian ini memberikan pelatihan dan praktik tentang mekanisme penjualan produk menggunakan platform e-commerce melalui marketplace yakni Shopee. Metode penerapan yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi/praktik, dan diskusi. Pada pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 7 orang yang merupakan pengrajin batik. Dari kegiatan ini tim berhasil meningkatkan keterampilan peserta dengan bisa membuat toko online “Goluak Loge” dan menampilkan produk batiknya di platform e-commerce Shopee. Dilihat nilai rataan, sebelum pengabdian semua peserta memiliki pemahaman sebesar 64% dan bertambah menjadi 87% setelah adanya pengabdian. Dengan meningkatnya jumlah peserta yang mampu memasarkan produk menggunakan platform Shopee diharapkan semakin banyak usaha masyarakat desa yang go digital.

Abstract: The problems experienced by partners are generally used conventional methods in selling products, low participation and competence in using e-commerce platforms in online marketplaces. This service provides training and practice on product sales mechanisms using the e-commerce platform through the marketplace, namely Shopee. The application method used is lecture, demonstration, and discussion. In the implementation of this activity was conducted to 7 batik craftswomen. From this activity the team succeeded in improving the skills of the participants by being able to create an online store "Goluak Loge" and display their batik products on the Shopee e-commerce platform. Looking at the mean value, participants included in the training also seem to have gained knowledge of digital marketing. Before the training, their understanding is 64% and then increased to 87% after the training. An increasing number of people are now using the e-commerce platforms to offer the product and services, it is expected that more rural businesses will go digital.


Keywords


Platform E-commerce; Marketplace; Rural Business.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aniqoh, N. A. F. A. (2020). The Role of Digital Economy to Enhancing Sustainable Economic Development. International Journal of Social Science and Business, 4(4), 520–528. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i4.28881

Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256

Annunziata, M. (2016). How Digital Industry Can Solve the Sustainable Development Goals. Retrieved January 28, 2022, from https://marcoannunziata.medium.com/how-digital-industry-can-solve-the-sustainable-development-goals-5ac70f4298a7

Aqualdo, N., Kurniasih, C. E., & Zuryani, H. (2023). Analisis Tingkat Literasi Dan Minat Masyarakat Desa Logas Dalam Penggunaan Financial Technology (Fintech). Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.37932/j.e.v13i1.504

Julian, E. S., Prawiroredjo, K., Narindro, L., Tjahjadi, G., & Erlangga, F. (2021). Pelatihan Aplikasi Marketplace Berbasis Mobile Untuk Kader Pkk Kecamatan Gambir. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 405–414. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.12735

Khan, A. G. (2016). Electronic Commerce: A Study on Benefits and Challenges in an Emerging Economy. Global Journal of Management and Business Research : Economics and Commerce, 16(B1), 19–22.

Kurniasih, C. E., Aqualdo, N., & Zuryani, H. (2022). Kiat Sukses Memulai Penjualan Online Bagi Masyarakat Desa Logas. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 6(2), 1507-1517. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7365

Muafi, M., Syafri, W., Prabowo, H., & Nur, S. A. (2021). Digital Entrepreneurship in Indonesia : A Human Capital Perspective. 8(3), 351–359. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0351

Normawati, R. A., Wardani, S. I., & Widayani, A. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Sarana Komersialisasi Produk Kampung Batik Kembang Turi Blitar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 253–261. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.4157

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R.D. Bandung: Alfabeta.

Suliana. (2022). Bangga! Walau Bukan Pilihan Utama, Marketplace Indonesia Rajai Pasar E-commerce Asia Tenggara. Retrieved from Koran Jakarta.com website: https://koran-jakarta.com/bangga-walau-bukan-pilihan-utama-marketplace-indonesia-rajai-pasar-e-commerce-asia-tenggara?page=all

Vahlia, I., Puri, L. M., & Asih, T. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan E-commerce Sebagai Media Pemasaran Pada Kelompok Dasawisma Jeruk. SNPPM-3 (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Tahun 2021, 3(2019), 171–178.

Wahidin, A. J., Pattiasina, T., Akbar, D. D., & Budiyono, P. (2021). Pelatihan E-Commerce dan Membuat Toko Online Pada Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13746

Welsum, D. van. (2016). Enabling Digital Entrepreneurs. Washington DC.

Yuningsih, A., Firmansyah, I., & Balqis, W. N. (2021). Penggunaan Aplikasi Shopee dan Facebook dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Borondong Manis di Desa Laksana. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 63(Desember), 17–25. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nobel Aqualdo, Cut Endang Kurniasih, Rahmita Budiartiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: