PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING PADA IKM JASA SERVICE HANDPHONE

Rizqon Jamil Farhas, Aryadi Aryadi, Lailatul Syifa Tanjung

Abstract


Abstrak: IKM merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan pendapatan daerah. Namun pada saat menjalankan usahanya pelaku IKM masih kesulitan dalam memanfaatkan teknologi dalam melakukan promosi usahanya salah satunya adalah Ikm jasa servuce handphone. Tujuan PKM ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya teknologi marketing dalam promosi usaha bidang layanan servuce handphone di Provinsi Riau sehingga dapat meningkatkan pengetahuan serta skill peserta dalam bidang penggunaan digital marketing usaha service handphone. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan pemaparan materi, diskusi tanya jawab, praktik penggunaan sosial media serta tahap evaluasi (post test) untuk mengetahui manfaat yang iddapatkan setelaha melakukan kegiatan ini. Mitra PKM ini adalah kelompok usaha di bidang jasa service handphone di Provinsi Riau dnegan jumlah 25 orang peserta. Berdasarkan evaluasi melalui pre test dan post test yangdilakukan, dapat diketahui bahawa peningkaatn pemahaman peserta terkait penggunaan digital marketing pada jasa service handphone adalah sebesar 80%. Kegitaan PKM ini meliputi penyampaian materi tentang dasar-dasar berwirausaha, digital marketing serta praktik penggunaan digital marketing dalam meningkatkan penjualan seta dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Abstract: IKM are one of the factors that can increase regional income. However, when running their business, IKM still have difficulty utilizing technology in promoting their business, one of which is the mobile phone service. The aim of this PKM is to provide knowledge about the importance of marketing technology in promoting mobile phone service services in Riau Province so that it can increase participants' knowledge and skills in the field of using digital marketing for mobile phone service businesses. The method used in this activity is by presenting material, question and answer discussions, practicing using social media and an evaluation stage (posttest) to find out the benefits you will get after carrying out this activity. This PKM Partner is a business group in the field of cellphone service in Riau Province with a total of 25 participants. Based on evaluations through pre-tests and post-tests carried out, it can be seen that the increase in participants' understanding regarding the use of digital marketing in cellphone service was 80%. PKM's activities include delivering material on the basics of entrepreneurship, digital marketing and the practice of using digital marketing to increase sales and become a source of income for the community.


Keywords


Digital Marketing; Promotion; Mobile Service.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aldini Nofta Martini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 132–142. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2i3.82

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. 9(1), 25–43.

Herlambang, A. S., & Komara, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(2), 56. https://doi.org/10.35384/jemp.v7i2.255

Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). Analisis Pemasaran Digital Dan Perkembangan Mental Di Provinsi Riau. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227–231. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1918

Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone OPPO. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1, 128–136.

Mawardi, K. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Operasional Perusahaan Freight Forwarding Dalam Menunjang Kegiatan Ekspor. Ekonomi ,Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 39–56.

Putra, A. A., Wahyuni, I. W., Alucyana, & Ajriya. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 79–89. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(1).6531

Setyabudhi, A. L., & Saputra, E. (2020). Analisis Pengembangan Produk Charger Handphone Dengan Menggunakan Metode Quality Function. Engineering And Technology International Journal, 2(3), 150–157.

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14

Tulungen, E. E. W., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1116–1123. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399

Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.37481/pkmb.v2i1.237

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Jurnal MANAJERIAL, 19(2), 198–209. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.24275

Aldini Nofta Martini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 132–142. https://doi.org/10.52005/aktiva.v2i3.82

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran digital dalam kewirausahaan. 9(1), 25–43.

Herlambang, A. S., & Komara, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(2), 56. https://doi.org/10.35384/jemp.v7i2.255

Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). Analisis Pemasaran Digital Dan Perkembangan Mental Di Provinsi Riau. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227–231. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1918

Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone OPPO. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1, 128–136.

Mawardi, K. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Operasional Perusahaan Freight Forwarding Dalam Menunjang Kegiatan Ekspor. Ekonomi ,Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 39–56.

Putra, A. A., Wahyuni, I. W., Alucyana, & Ajriya. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Pada Siswa Sekolah Dasar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 79–89. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(1).6531

Setyabudhi, A. L., & Saputra, E. (2020). Analisis Pengembangan Produk Charger Handphone Dengan Menggunakan Metode Quality Function. Engineering And Technology International Journal, 2(3), 150–157.

Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.

Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14

Tulungen, E. E. W., Saerang, D. P. E., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi Digital : Peran Kepemimpinan Digital. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1116–1123. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41399

Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). Mengenal Pemasaran Digital Dan Market Place: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.37481/pkmb.v2i1.237

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Jurnal MANAJERIAL, 19(2), 198–209. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.24275




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizqon Jamil Farhas, Aryadi, Lailatul Syifa Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: