PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH MELALUI DIGITAL MARKETING DAN FINANCIAL REPORTING

Ahmad Habibi, Rosydalina Putri, Citra Etika

Abstract


Abstrak: Minimnya SDM yang memiliki pengetahuan yang luas di bidang usaha, permodalan, marketing dan pengelolaan keuangan menyebabkan UMKM di Provinsi Lampung tidak mampu bertahan dan bersaing di era global. Mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah 150 pelaku UMKM yang terdapat di 3 wilayah Provinsi Lampung yaitu; 50 orang pelaku UMKM di Kota Bandar Lampung, 50 orang pelaku UMKM di Kabupaten Lampung Timur dan 50 orang pelaku UMKM di Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan skill dalam melakukan proses pemasaran secara digital dan kemampuan membuat pencatatan laporan keuangan UMKM di Provinsi Lampung. Berdasarkan hasil evaluasi melalui kuesioner, kegiatan ini memberikan hasil peningkatan kemampuan peserta sebesar 87,5% dalam penggunaan digital marketing dan digital financial reporting.

Abstract: The limitations of human resources who have good knowledge in the fields of business, capital, marketing and financial management causes MSMEs in Lampung Province become dificult to survive and compete in the global era. Partners in this service activity are 150 MSME owner in 3 regions of Lampung Province, namely; 50 MSME owners in Bandar Lampung City, 50 MSME owners in East Lampung Regency and 50 MSME owners in Central Lampung Regency. The purpose of this community service activity is to improve skills partner’s in carrying out digital marketing processes and the ability to record MSME financial statements in Lampung Province. Based on the results of the evaluation through questionnaires, this activity resulted in an increase in participants' abilities by 87.5% in the use of digital marketing and digital financial reporting.


Keywords


MSMEs; Digital Marketing; Financial Reporting.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aprilia, N. D., Waluyo, S. D., Saragih, H. J. R., Pertahanan, E., & Pertahanan, F. M. (2021). Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia. Ekonomi Pertahanan, 7(2), 245–259.

Arifin, H. R., Marta, H., & Yuliana, T. (2024). Mocaf Di Unit Usaha Brownies Singkong Katinenung Unit Usaha Brownies Singkong Katineung ikut berupaya mengatasi kondisi diatas dengan mengembangkan kue brownies dari singkong . masyarakat Indonesia . Brownies memiliki rasa manis , warna coklat Unit usaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 6–12.

Dwiputra, R., & Barus, L. S. (2022). Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pemulihan Ekonomis Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19 di Kawasan Kampung Tangguh Pluit-Penjaringan. Pembangunan Wilayah Dan Kota, 18(1), 26–34. https://doi.org/10.14710/pwk.v18i1.35033

Febriantoro, W. (2016). Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-. Manajerial, 3(5), 184–207.

Hidayat, M. S., Dwihandoko, T. H., & Setyariningsih, E. (2022). Pembinaan Administrasi Keuangan Dan Pemasaran Digital Pada UMKM Karunia Desa Sawahan Mojokerto. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2010, 58–64.

Muheramtohadi, S. (2017). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Muqtasid, 8(1), 65–77.

Nihayah, A. Z., & Rifqi, L. H. (2022). Kontribusi Perbankan Syariah terhadap Permodalan UMKM Selama Pandemi Covid-19. Ecodemika, 6(2), 1–9.

Nuhriawangsa, A. M. P., Kartikasari, L. R., Budiharjo, A., Swastike, W., & Hertanto, B. S. (2020). Pengembangan Potensi Usaha Abon untuk Meningkatkan Daya Saing Produk di UMKM Ksatria Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Surakarta. AgriHealth: Journal of Agri-Food, Nutrition and Public Health, 1(2), 103. https://doi.org/10.20961/agrihealth.v1i2.43949

Octrina, F., Rahmawati, D., Priharti, W., Rizal, A., & Dinata, R. O. (2023). Sosialisasi Standar Akuntansi Keuangan Bagi Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2908. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.15096

Pakpahan, Y. E. (2020). P engaruh kualitas laporan keuangan terhadap kinerja usaha umkm The influence of the quality of financial reports on the performance of SMEs businesses. Akuntabel, 17(2), 261–269.

Putri, A., Arif, M., & Kunci, K. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan. Jesya, 6(1), 194–208.

Putri, R., Wiratama, P., Martika Sari, Y., Kurniawan, A., & Sholihah, A. (2021). Sosialisasi Sistem Pembayaran Elektronik (Qris) Sebagai Upaya Meminimalisir Penyebaran Covid-19. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyakarat, 2(2), 102–108.

Ramida, Dinar, M., Supatminingsih, T., & Nurdiana. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. JEES, 3(1).

Rianty, M., & Rahayu, P. F. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2).

Rinaldo, D., & Puspita, V. A. (2023). Pendampingan Perencanaan Keuangan Dan Investasi Saham Syariah Sebagai Upaya Memperbaiki Cashflow Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 156. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11900

Tarigan, Z. N. A. B., Dewi, F. N., & Pribadi, Y. (2022). Keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Masa Pandemi : Dukungan Kebijakan Pemerintah. BPPK, 15, 12–23.

Wahid, N. N. (2017). Pengaruh kemampuan menyusun laporan keuangan dan motivasi terhadap kinerja ukm di kota tasikmalaya. Akuntansi, 12(1).




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ahmad Habibi, Rosydalina Putri, Citra Rtika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: