PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI SARANA BISNIS DIGITAL MARKETING

Bahri Kamal, Arief Zul Fauzi, Hesti Widianti, Mohammad Sya’bani

Abstract


Abstrak: Tujuan Kegiatan PKM ini memberikan pelatihan digital marketing agar wawasan siswa yang lebih luas untuk masa mendatang dengan media social. Kita melakukan observasi dan wawancara dengan pihak sekolah tentang permasalahan penggunaan media sosial, kegiatan ini diikuti oleh 26 siswa di SMK NU 1 Islamiyah Kramat. Metode kegiatan yang kita laksanakan dengan ceramah pengenalan media sosial dan Praktik langung digital marketing melalui media youtube, Kemudian untuk siswa diajarkan secara langsung untuk mendaftar agar mendapatkan akun cahnnel youtube sebagai media pemasaranyauntuk memasarkan produknya karena banyak orang tua dari siswa itu wirausaha serta pelaku UMKM. Hasil kegiatan menunjukan bahwa kegiatan ini mendapatkan respon positif oleh guru dan siswa, Kemudian yang terakhir sistem evaluasi yang digunakan adalah memberi tugas upload video ke akun mereka, dari 26 siswa ada 21 yang mengumpulkan jadi pencapaian 81%.

Abstract: The aim of this Community Service Activity is to provide digital marketing training so that students have broader insight into the future with social media. We conducted observations and interviews with the school regarding the problems of using social media. This activity was attended by 26 students at SMK NU 1 Islamiyah Kramat. The method of activity that we carried out is with a lecture introducing social media and direct practice of digital marketing through YouTube. Then students were taught directly to register to get a YouTube channel account as a marketing medium to market their products because many of the students' parents are entrepreneurs and MSMEs. The results of the activity showed that this activity received a positive response from teachers and students. Then, finally, the evaluation system used was to give them the task of uploading videos to their accounts. Out of 26 students, 21 had collected it, so the achievement was 81% of the number of participants.


Keywords


Social Media; YouTube; Digital Marketing.

Full Text:

PDF

References


Aulia, S., Kom, S. I., & Si, M. (2020). Digital Marketing Instagram Salmonbyesther.

Fauzi, A. Z., Brilianti, D. F., & Kamal, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Teknik Voice Over. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 21–26. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.482

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Murniati, Ktut; Zakaria, Wan Abbas; Arifin, Bustanul; Indah, L. S. M. (2018). Laporan Akhir Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung. Kma - Klinik Management Aktuell, 23(10), 4–5.

Nishom, M., Wibowo, D. S., & Susanto, A. (2022). Pemanfaatan Google Platform Untuk Evaluasi Dan Kolaborasi Bagi Civitas Academica Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 1786. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7751

Peningkatan, U., Saing, D., Wonorejo, S. W. K., & Pandemi, P. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing Sebagai. July. https://doi.org/10.14414/kedaymas.v2i2.2977

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rahmadiane, G. D., Kamal, B., Fauzi, A. Z., & Noermansyah, A. L. (2020). Pengembangan Bisnis Startup Untuk Meminimalisir Kegagalan Dalam Berbisnis. Jurnal Vokasi, 5(1), 46. https://doi.org/10.30811/vokasi.v4i2.1893

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534

Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649

Xabier-Rolan, T. P. otera and. (2013). understand DigitalMarketing Basic and Actions. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi (Utilizing Youtube Social Media as Indonesian Language Learning Media in Higher Education). Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7.

Zanuar Rifai, & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bahri Kamal, Arief Zul Fauzi, Hesti Widianti, Mohammad Sya’bani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: