PENDIDIKAN KESEHATAN PADA ANAK TENTANG SENAM OTAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR

Nurul Pujiastuti, Lukman Handoko, Ria Gustirini, Ririn Indriani, Tri Astuti Sugiyatmi

Abstract


Abstrak: Gerakan senam otak menghubungkan otak, indera, dan tubuh untuk merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan relaksasi, kejernihan pikiran, dan fokus. Adanya gerakan dan tempo yang teratur pada senam otak sehingga dapat dengan mudah diikuti anak. Tujuan pengabdian kepada Masyarakat yaitu memberikan pendidikan kesehatan tentang senam otak pada anak usia sekolah untuk meningkatkan softskill anak dalam konsentrasi belajar di Desa Kemantren Kec. Purwosari Kab. Pasuruan. Metode pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan kesehatan dengan sasaran anak usia sekolah. Peserta pengabmas sebesar 8 orang. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa anak memiliki konsentrasi belajar sebagian besar kurang saat pre-test dan sebagian besar baik saat post-test. Konsentrasi belajar anak usia sekolah dinilai menggunakan skala tes The Army Alpha. Rata-rata nilai sebelum diberikan senam otak yaitu 2-7 (kategori rendah-sedang). Sedangkan rata-rata nilai setelah diberikan senam otak yaitu 8-12 (kategori tinggi-sangat tinggi). Kesimpulan pendidikan kesehatan tentang senam otak pada anak usia sekolah dapat meningkatkan konsentrasi belajar sebesar 100%.

Abstract: Brain gymnastics movements connect the brain, senses, and body to stimulate the central nervous system, enhancing relaxation, mental clarity, and focus. The regular movements and tempo in brain gymnastics make it easy for children to follow. The objective of community service is to provide health education about brain gymnastics to school-aged children to improve their soft skills in learning concentration in Kemantren Village, Purwosari Sub-district, Pasuruan Regency. The method of community service is through health counseling targeting school-aged children. There were 8 participants in the community service program. The results of the community service show that children mostly had inadequate learning concentration during the pre-test and mostly had good concentration during the post-test. The learning concentration of school-aged children was assessed using The Army Alpha test scale. The average score before brain gymnastics was given ranged from 2-7 (low-medium category). Meanwhile, the average score after brain gymnastics ranged from 8-12 (high-very high category). The conclusion is that health education about brain gymnastics for school-aged children can increase learning concentration by 100%.


Keywords


brain gym; learning concentration; school age children.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Bili, L. D., & Lengo, M. D. (2019). Efektivitas Senam Otak dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 68–78. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Dewi, R., & Rachmaniar, R. (2017). Balita dan Gawai (Sebuah Studi Komparasi Antara Balita yang Memiliki Gawai Pribadi dengan Balita yang Menggunakan Gawai Orang Tuanya). Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3136

Fajriani, P. N., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Penerapan Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VA di SD Katolik Ricci 2. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multisisiplin, vol? issue?338–352. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/index

Hidayati, A. (2016). Merangsang Pertumbuhan dan Perkembangan Anak dengan Pembelajaran Tematik Terpadu. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 151–164. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1473

Kamila, A., Harini, R., & Ponirah, P. (2022). Literature Review: Pengaruh Brain Gym Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Malahayati Nursing Journal, 4(3), 693–705. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i3.6004

Khoiriyati, S., & Saripah, S. (2018). Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.31538/aulada.v1i1.209

Kristina, & Ernawati, N. (2015). Pengaruh Senam Otak terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 3(3), 69–74. http://103.114.35.30/index.php/JKM/article/view/3625

Nurwidita, D. (2021). Validitas Prediktif Army Alpha I terhadap Kesuksesan Pelatihan Siswa Training. Universitas Gadjah Mada.

Prasetyo, W., & Saputra, S. A. (2017). Pengaruh Senam Otak terhadap Daya Ingat Anak Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan, 6(1), 36–40. https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/Kep/article/view/157

Sariana, N., Afiiif, A., & Kusyairy, U. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym terhadap Minat Belajar pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 82–88. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=643899&val=11026&title=Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika

Suratun, S., & Tirtayanti, S. (2020). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 101–105. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.3625

Surya, T. (2019). Efektivitas Senam Otak dalam Menurunkan Tingkat Kejenuhan (Burnout) pada Siswa dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Aqidah Akhlak [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/14297/Skripsi Triadi Surya 14422049 %281%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Susanto, R. (2017). Keterampilan Manajemen Kelas melalui Gerakan Sederhana Senam Otak (Brain Gym) di SD Pelita 2 Jakarta Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1–13. https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/Kep/article/view/157

Sutrisno, & Widodo, G. G. (2017). Kecemasan Anak Usia Sekolah Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Informasi Saat Pemberian Obat Injeksi. Herry Susanto, 2(2), 99–106.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Pujiastuti, Lukman Handoko, Ria Gustirini, Ririn Indriani, Tri Astuti Sugiyatmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: