PEMBENTUKAN PRIBADI ANAK DALAM UPAYA PERLIDUNGAN DIRI DAN PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING MELALUI PROGRAM JAGOAN CILIK

Kurniawan Kurniawan, Khoirunnisa Khoirunnisa

Abstract


Abstrak: Bullying pada anak paling sering terjadi pada lingkungan sekolah. Sekolah menjadi tempat yang paling umum dan paling sering terjadinya perundungan maupun intimidasi. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan anak dalam upaya mencegah perilaku bullying pada anak. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu pendidikan kesehatan dalam bentuk program jagoan cilik yang dilakukan pada 30 orang siswa sekolah dasar DTA Nurul Haq kelas 1-6. Kegiatan pengabdian dilakukan selama satu bulan yang terbagi kedalam tiga tahap kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi rencana tindak lanjut. Hasil dievaluasi secara lengasung dengan metode observasi dan pertanyaan sebanyak 10 pertanyaan tertutup. Berdasarkan hasil evaluasi, anak-anak antusias dalam mengikuti pendidikan kesehatan yang dikemas dalam kegiatan pengabdian dengan topik jagoan cilik, serta memahami pematerian terkait pencegahan perilaku bullying. Hasil dari pengolahan data pre-test dan post-test yang telah dilakukan mengalami peningkatan informasi pada terkait program jagoan cilik sebagai upaya petrlindungan diri dan pencegahan bulying dengan kenaikan skor rata-rata dari pre-test ke post-test sebesar 1,41 dengan rincian rata-rata pre-test sebesar 6,2 dan rata-rata post- test sebesar 7,63. Meskipun demikian, ketika sesi pematerian disampaikan, ada beberapa kosakata yang sulit dimengerti oleh anak. Selain itu, ketika proses pematerian, beberapa anak sibuk dan kurang fokus terhadap materi. Untuk kegiatan pengabdian selanjutnya bisa berfokus pada pengembangan media yang kreatif dalam promosi kesehatan terkait bullying, agar anak mudah dimengerti dan tahu secara jelas informasi-informasi yang disampaikan.

Abstract: Bullying in children most often occurs in the school environment. Schools are the most common and most frequent place for bullying and intimidation. The purpose of this activity is to increase children's understanding and ability to prevent bullying behavior in children. The method used in this activity is health education in the form of a little hero program conducted on 30 DTA Nurul Haq elementary school students in grades 1-6. The service activity was carried out for one month which was divided into three stages of activity, namely preparation, implementation, and evaluation of follow-up plans. The results were evaluated directly with the observation method and direct questions as many as 10 open questions. Based on the evaluation results, children are enthusiastic in participating in health education packaged in community service activities with the topic of little heroes, and understand the presentation related to preventing bullying behavior. Questions that can be answered by children related to bullying and cyberbullying include understanding, types or forms, impacts and victims, as well as prevention and handling. However, when the presentation session was delivered, there were several vocabulary languages that were difficult for children to understand. In addition, during the presentation process, some children were busy and less focused on the material. Future service activities can focus on developing creative media in health promotion related to bullying, so that children can understand and know clearly the information conveyed.


Keywords


Children; Bullying; Prevention; Health Education; Self-Protection.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55

Desriani, D., & Devita, Y. (2019). The Effect Of Health Education On Bullying Knowledge Among Primary School Student. Jurnal Proteksi Kesehatan, 8(2), 28–34. https://doi.org/10.36929/jpk.v8i2.161

Hymel, S., & Swearer, S. M. (2015). Four decades of research on school bullying: An Introduction. American Psychologist, 70(4), 293–299. https://doi.org/10.1037/a0038928

Kurniawan, K., Baeti, R. N., Afifah, A. N., Oktafierna, E. R., & Ustami, L. (2024). Games Sebagai Intervensi Pencegahan Bullying Pada Anak Usia 6-18 Tahun: Scoping Review. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(1), 227–236. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM

Lestari, N. D., Hidayati, L. N., & Abadiyah, S. S. (2019). Gerakan Masyarakat Sekolah Tanggap Bullying Dalam Upaya Pencegahan Bullying Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal SOLMA, 8(1), 101. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2957

Livana, Susanti, Y., & Silviani, M. A. (2018). Peningkatan pengetahuan dan sikap pada remaja melalui pendidikan kesehatan tentang dampak bullying. Ners Widya Husada - p-ISSN 2356-3060, 5(3), 113–122.

Mulya, A. P., Sujatmiko, B., & Kosassy, S. M. (2023). Edukasi Pencegehan Bullying Pada Anak Sekolah Dasar Di Kabupaten Bandung. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(7), 2597–2605. https://doi.org/10.48175/ijarsct-13062

Muru’atul Afifah, & Riftini Yulaiyah. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Bullying Di Sekolah. Berkala Ilmiah Pendidikan, 2(2), 105–113. https://doi.org/10.51214/bip.v2i2.465

Rettew, D. C., & Pawlowski, S. (2016). Bullying. Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America, 25(2), 235–242. https://doi.org/10.1016/j.chc.2015.12.002

Sandra, O. A., Nurfadilla, M. I., Saputri, D., Sugiyanto, A. A., Zulfahmi, M., & Milkhatun. (2023). Evaluasi pelaksanaan pendidikan kesehatan mengenai bullying pada anak di kota samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(1), 32–37.

Saraswati, Y., Suprihatiningsih, T., & Pranowo, S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying Dengan Metode Ceramah Menggunakan Leaflet Dan Lcd Terhadap Sikap Bullying Pelajar Smpn 4 Cilacap. Prosiding Seminar Nasional Dan Diseminasi Penelitian Kesehatan, 1(1), 125–128.

Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Grasindo.

Soedjatmiko, S., Nurhamzah, W., Maureen, A., & Wiguna, T. (2016). Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 15(3), 174. https://doi.org/10.14238/sp15.3.2013.174-80

Susanti, I., Sholikah, S., Ubudiyah, M., Cristianti, I. A., Mafaza, J. I. R., & Permatasari, N. I. (2023). Penguatan Pengetahuan Siswa Tentang Bullying Sebagai Upaya Meningkatkan Generasi Unggul dan Islami. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(6), 5–12.

Widodo, S. T. M., & Nita, V. (2019). Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 67–75.

Wolke, D., & Lereya, S. T. (2015). Long-term effects of bullying. Archives of Disease in Childhood, 100(9), 879–885. https://doi.org/10.1136/archdischild-2014-306667

Yolanda, F., & Budiyati, G. A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Video Edukasi Tentag Bullying Tehadap Perilaku Bullying Pada Anak Di Sd Pujokusuman 1 Yogyakarta. Nursing Science Journal (NSJ), 1(1), 28–37.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kurniawan, Khoirunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: