PENINGKATAN PROMOSI WISATA BAHARI DESA KAHYAPU, PULAU ENGGANO

Ana Ariasari, Mukti Dono Wilopo, Ali Muqsit, Akbar Abdurrahman Mahfudz, Nur Lina Maratana Nabiu, Muhammad Nur Ikhsan

Abstract


Abstrak: Desa Kahyapu Pulau Enggano memiliki kekayaan sumber daya alam pesisir dan laut yang dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi pariwisata bahari di pesisir barat Pulau Sumatera. Pengembangan wisata bahari di Desa Kahyapu belum optimal dilakukan sehingga perlu meningkatkan promosi melalui media cetak seperti leaflet. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemandirian Kelompok Sadar Wisata (Podipo) Desa Kahyapu Pulau Enggano melalui peningkatan promosi wisata bahari pesisir. Metode pengabdian dilakukan melalui sosialisasi dan penyuluhan terkait penyusunan paket wisata bahari dan penyusunan leaflet/flyer sebagai media promosi kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Podipo yang beranggotakan 33 orang serta evaluasi berupa angket sebelum dan sesudah pemberian program pengabdian. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa sebanyak 95% Pokdarwis Podipo puas terhadap program pengabdian dan telah sepenuhnya memahami terkait konsep wisata bahari, namun perlu peningkatan dan variasi media promosi seperti pemanfaatan media sosial online sebagai sarana promosi.

Abstract:  Kahyapu Village, Enggano Island, has a wealth of coastal and marine natural resources that can be used as a marine tourism destination on the west coast of Sumatra Island. Marine tourism development in Kahyapu Village has yet to be carried out optimally, so it is necessary to increase promotion through leaflets. This community service program aims to improve the knowledge and independence of the Tourism Awareness Group (Pokdarwis Podipo) of Kahyapu Village, Enggano Island, by increasing the promotion of coastal marine tourism. The community service program method is carried out through socialization and counselling regarding the preparation of marine tourism packages and preparation of leaflets/flyers as promotional media for the Podipo Tourism Awareness Group (Pokdarwis), which has 33 members, as well as evaluation in the form of questionnaires before and after providing the service program. The service results show that as many as 95% of Pokdarwis Podipo are satisfied with the service program and fully understand the concept of marine tourism. Still, there is a need for improvement and variety in promotional media, such as online social media as a tourism promotional tool.



Keywords


Kahyapu Village; Leaflet; Marine Tourism; Pokdarwis Podipo

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Asmarani, R., & Atrinawati. (2017). Penulisan Media Promosi Wisata Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang. Jurnal Harmoni, 1(1), 56–64.

Asyiawati, Y., & Rustijarno, S. (2007). Pengembangan Wisata Bahari Di Wilayah Pesisir Selatan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota UNISBA, 7(1), 1–7.

Bonita, N. (2016). Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Labuan Cermin Di Kabupaten Berau. EJournal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1499–1510.

Dari, S. W., Prabowo, A., & Raibowo, S. (2022). Potensi Perkembangan Pariwisata Olahraga (Sport Tourism) di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Sport Gymnatics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 288–300. https://doi.org/10.33369/gymnastics

Dinas Pariwisata Bengkulu Utara. (2023). Data Objek Wisata dan Pengelola Objek Wisata Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2023. https://dispar.bengkuluutarakab.go.id/wisata/data-objek-wisata-dan-pengelola-objek-wisata-kabupaten-bengkulu-utara-tahun-2023/

Eka, Y., Dan, N., & Lussie, F. (2020). Pengembangan Wisata Bahari Pantai Mulut Seribu Sebagai Daya Tarik Wisata Berkelanjutan Di Kabupaten Rote, Nusa Tenggara Timur (Vol. 2, Issue 2).

Fitriana, O. D., Johan, Y., Person, D., & Renta, P. (2016). Analisis Kesesuaian Ekowisata Mangrove Desa Kahyapu Pulau Enggano. In Jurnal Enggano (Vol. 1, Issue 2).

Handayani, E., & Dedi, M. (2017). Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskill, 7(2), 151–160.

Huda, K., Elia, S., Permatasari, O., Waluyo, S. E. Y., Cahyani, D., Prasetyo, H. B., Efendi, M. J., & Divana, M. S. (2022). Pembuatan Leaflet untuk Promosi Pariwisata di Pokdarwis Kelurahan Pulorejo Kota Mojokerto. Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(5), 27–30.

Kementerian PUPR. (2023). Tangani Konektivitas Pulau Terisolir, Kementerian PUPR Bangun Jalan di Pulau Enggano, Bengkulu. https://pu.go.id/kanal-gallery/1607

Meutia, R., & Rizal, S. (2022). Pengaruh Pengembangan Wisata Bahari terhadap Pendapatan Masyarakat di Pulau Dua Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 59–78.

Prastiyanti, D. P., & Yulianto. (2019). Media Promosi Pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 2(2), 174–184.

Ramawangsa, P. A., & Prihatiningrum, A. (2023). Pemetaan Rute Wisata Partisipatif : Sinergi Penguatan Kapasitas Pokdarwis Dan Promosi Wisata Kelurahan Kemumu, Bengkulu Utara. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(4), 1179–1187. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1179-1187

Rangkuti, F. (2015). SWOT Balanced Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja dan Resiko. Gramedia Pustaka Utama.

Senoaji, G. (2009). Daya Dukung Lingkungan Dan Kesesuaian Lahan Dalam Pengembangan Pulau Enggano Bengkulu. Jurnal Bumi Lestari, 9(2), 159–166.

Sutanto, M. A., Riyanto, B., & Yuwono, E. C. (2013). Perancangan Promosi Untuk Menunjang Potensi Wisata Bahari Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 1–20.

Taghulihi, B., & Nuria, H. (2020). Strategi Pengembangan Wisata Bahari Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara. Tekstual, 18(1), 12–23.

Wijaya, N. I., Diarsvitri, W., Subur, J., & Herman, H. (2023). Pengembangan Wisata Bahari Pulau Gili Labak Melalui Digital Marketing. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 250–264. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.250-264

Wulan Sayogi, K., & Demartoto, A. (2018). Pengembangan Pariwisata Bahari. In Journal of Development and Social Change (Vol. 1, Issue 1).

Zamdial, Z., Hartono, D., Anggoro, A., & Muqsit, A. (2019). Valuasi Ekonomi Ekosistem Terumbu Karang Di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Jurnal Enggano, 4(2), 160–173. https://doi.org/10.31186/jenggano.4.2.160-173

Zaviery, Z. (2023). Tiga Pulau Kecil di Enggano, Andalan Destinasi Wisata Desa Kahyapu. https://www.sahabatrakyat.com/advertorial/tiga-pulau-kecil-di-enggano-andalan-destinasi-wisata-desa-kahyapu/




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ana Ariasari, Mukti Dono Wilopo, Ali Muqsit, Akbar Abdurrahman Mahfudz, Nur Lina Maratana Nabiu, Muhammad Nur Ikhsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: