EDUKASI PERPAJAKAN BAGI GENERASI Z MELALUI SISTEM PAJAK DIGITAL

Indra Wijaya, Dade Nurdiniah, Iren Meita

Abstract


Abstrak: Generasi Z memegang peranan penting dalam pembangunan negara di masa depan, untuk itu edukasi perpajakan sangatlah penting bagi generasi Z sebagai sasaran edukasi perpajakan dengan memanfaatkan perkembangan tekhnologi informasi salah satunya berbentuk sistem pajak digital. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi perpajakan kepada generasi Z melalui sistem pajak digital. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelatihan atau pemaparan materi dan evaluasi. Mitra pada kegiatan ini adalah SMKN 2 Kota Bekasi dan Siswa/Siswi Kelas 9 sebanyak 34 orang yang menjadi peserta. Hasil akhir dari edukasi ini diperoleh peningkatan pemahaman generasi Z terhadap materi yang disampaikan, ini dibuktikan melalui hasil pre-test dan post-test yang sebelum mengikuti kegiatan edukasi perpajakan tingkat pemahaman peserta 60-90% dan setelah mengikuti edukasi tingkat pemahaman peserta meningkat menjadi 90-100%, serta adanya tingkat kepuasan mitra sebesar 81% yang mengarakan sangat puas, 15% mengatakan puas, dan 4% mengatakan cukup puas. Tingkat kepuasan yang sangat tinggi sebesar 81% menunjukkan bahwa edukasi perpajakan ini telah memenuhi harapan peserta sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini.

Abstract: Generation Z plays an important role in the country's development in the future, for this reason tax education is very important for generation Z as a target for tax education by utilizing developments in information technology, one of which is in the form of a digital tax system. The aim of carrying out this activity is to provide tax education to generation Z through a digital tax system. This activity is carried out in three stages, namely preparation, training or presentation of material and evaluation. The partners in this activity were SMKN 2 Bekasi City and 34 Class 9 students who were participants. The final result of this education was an increase in generation Z's understanding of the material presented, this was proven through the results of the pre-test and post-test, where before taking part in the accounting education activity, the participants' level of understanding was 60-90% and after taking part in the education, the participants' level of understanding increased to 90-90%. 100%, and there is a partner satisfaction level of 81%, which means they are very satisfied, 15% say they are satisfied, and 4% say they are quite satisfied. The very high level of satisfaction of 81% shows that this tax education has met participants' expectations according to their current needs.


Keywords


Tax Education; Generation Z; Digital Tax System.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abrahams, N. B., & Kristanto, A. B. (2016). Persepsi Calon Wajib Pajak Dan Wajib Pajak Terhadap Etika Penggelapan Pajak Di Salatiga. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 1(1), 50–70. https://doi.org/10.20473/baki.v1i1.1697

Anwar Syadat, F., Kusyeni, R., & Fauziah, E. (2022). Analisis Efektivitas Edukasi Perpajakan bagi Generasi Milenial melalui Media Sosial Instagram dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak (Studi Kasus di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat II) ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 9(1), 70–81.

Arimbhi, P., Rahmi, N., Wulandari, W., Ramdan, A., & Rachmatulloh, I. (2021). Peluang dan Tantangan Pajak Digital di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 4(2), 148–154.

Darmian, N. (2021). Optimalisasi Edukasi Perpajakan Melalui Konten Digital Sebagai Upaya Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Yogyakarta). JLITERA: Jurnal Literasi Akuntansi, 1(1), 75–82.

Diyani, L. A., Oktapriana, C., & Rachman, H. A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Bagi Penggiat UMKM Usia Muda. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 583–598. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12390

Erstiawan, M., & Binawati, L. (2023). Sadar Pajak bagi Wajib Pajak Pemula Melalui Hybrid Webinar. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 125–135. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i2.2705

Fachirainy, A., Hindria, R., & Ermawati. (2021). Kepatuhan Pajak Generasi Muda sebagai Calon Wajib Pajak Potensial. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 188–204.

Hernowo. (2020). Sosialisasi Edukasi Perpajakan di SMA PAX Patriae. Jurnal Pengabdian Masyarakat TRI PAMAS, 2(1), 1–8.

Mufidah, I. F., & Anisaul, H. (2023). Kupas Tuntas Peran Digitalisasi Perpajakan. 06(1), 89–97.

Nurdiniah, D., Meita, I., & Wijaya, I. (2023). Pemberdayaan Generasi Milenial Dalam Memulai Bisnis di Era Digital. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i0.807

Nursjanti, F., Amaliawiati, L., & Utami, E. M. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Syariah Bagi Milenial dan Gen Z di Jawa Barat. Madaniya, 4(1), 54–67.

Pramudya, A. H., Wibisono, A., & Mustafa, M. (2022). Self Assessment dalam Hukum Pajak. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(2), 361–374. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i2.340

Sari, E. W., Trisnasari, W. D., & Febriani, A. N. (2023). Membangun Budaya Sadar Pajak Pada Generasi Z. Madaniya, 4(1), 304–310.

Simanjuntak, O. D. P., & Syahputra, H. E. (2023). Edukasi Perpajakan : Sadar Pajak Sejak Dini Dikalangan Siswa SMK Swasta Medan Area. 4(2), 177–181.

Suharsono, A., & Galvani, S. (2020). Optimalisasi Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Milenial Melalui Video. Scientax, 2(1), 123–139. https://doi.org/10.52869/st.v2i1.63

Sululing, S. (2022). Pengukuran Dan Perpajakan Digital Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah Lembaga Penelitian Universitas Trisakti, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.25105/pdk.v7i1.9729

Sustiyo, J. (2022a). Apakah Empati Mempengaruhi Kesadaran Pajak Generasi Z? Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(7), 1026–1037. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i7.834

Sustiyo, J. (2022b). Literasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Perilaku Konsumtif pada Generasi Z. Owner, 6(1), 508–516. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.587

Wi, P., Anggraeni, D., Sulistiyowati, R., Melatnebar, B., Chandra, Y., & Trida, T. (2023). Pelatihan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada Siswa Siswi SMK Setia Bhakti Tangerang Peng. ABDI DHARMA, 3(2), 179–188. https://doi.org/10.31253/ad.v3i2

Widyasari, J. T. H. (2021). Peresepsi Generasi Z Terhadap Tax Compliance. Jurnal Paradigma Akuntansi, 3(3), 1020. https://doi.org/10.24912/jpa.v3i3.14884




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.22524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dade Nurdiniah, Indra Wijaya, Iren Meita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: