IMPLEMENTASI WEBSITE E-COMMERCE TANIBAHAGIA.WEB.ID UNTUK MENINGKATKAN JANGKAUAN PEMASARAN USAHA KELOMPOK TANI

Nani Purwati, Akhmad Syukron, Atun Yulianto

Abstract


Abstrak: Kelompok tani menjadi organisasi yang beranggotakan para petani untuk saling bertukar pikiran serta berbagi pengalaman dan pengetahuan dibidang pertanian. Tidak hanya itu saja, Kelompok Tani Desa Pejengkolan juga menjadi wadah berkegiatan yang produktif dengan memiliki usaha dibidang budidaya dan penjualan bibit tanaman buah. Pengabdian masyarakat ini merupakan pengabdian masyarakat skema PKM dengan pendanaan Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi melalui hibah BIMA tahun anggaran 2024. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan kelompok tani dalam memahami dan memanfaatkan TIK serta website e-commerce dan membantu meningkatkan jangkauan pemasaran produk usaha Kelompok Tani Desa Pejengkolan sehingga dapat meningkatkan pendapatan kelompok tani tersebut. Metode pengabdian masyarakat ini terdiri dari pendekatan terhadap mitra, pra pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Evaluasi terhadap pengurus kelompok tani yang berjumlah 10 peserta menggunakan quisioner pretest dan pos test menunjukkan hasil kemampuan mitra memanfaatkan e-commerce meningkat menjadi 90%, kemampuan mitra dibidang teknologi informasi meningkat 90, jangkauan pemasaran meningkat menjadi 85%.

Abstract: Farmer groups are organizations whose members are farmers to exchange ideas and share experiences and knowledge in the field of agriculture. Not only that, the Pejengkolan Village Farmer Group also becomes a forum for productive activities by having a business in cultivating and selling fruit plant seeds. This community service is a community service under the PKM scheme with funding from the Academic Directorate of Vocational Higher Education through a BIMA grant for the 2024 fiscal year. The aim of this community service is to increase the ability of farmer groups to understand and utilize ICT and e-commerce websites and help increase the marketing reach of farmer group business products. Pejengkolan Village so that it can increase the income of the farmer group. This community service method consists of an approach to partners, pre-implementation, activity implementation, and evaluation. Evaluation of farmer group administrators totaling 10 participants using pre-test and post-test questionnaires showed that the partners' ability to utilize e-commerce increased to 90%, partners' ability in the field of information technology increased by 90, marketing reach increased to 85%.


Keywords


E-Commerce; Tani Group; Sales; Website.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aqualdo, Nobel, Cut Endang Kurniasih, and Rahmita Budiartiningsih. 2024. “Perluasan Pemasaran Produk Dengan Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Pada.” 8(2):1–4.

Ardhana, Valian Yoga Pudya, and M. Dermawan Mulyodiputro. 2023. “Pelatihan E-Commerce Dan Marketplace Bagi Masyarakat Muda Desa Dasan Baru Kediri.” Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia 2(1):1–6. doi: 10.57119/abdimas.v2i1.19.

Fenando, Fenando. 2020. “Implementasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype.” 6(2).

Firmansyah, Kholis, Khotim Fadhli, Ichwanda Ahmad Noviandy, and Silviana Rini. 2020. “Pengenalan Media Sosial Dan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Serta Pengemasan Frozen Food.” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1):43–48.

Hasan, Usman, Andi Sadapotto, and Elihami. 2020. “Peran Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Produktivitas Usahatani Padi Sawah.” EduPsyCouns Journal 3(1):1–5.

Kecamatan, Mobuya, Passi Timur, and Kabupaten Bolaang. 2021. “Jurnal Governance.” 1(2):1–9.

Krisdiawan, Rio Andriyat, and Yulyanto Yulyanto. 2020. “Pelatihan Pemanfaatan Internet Dibidang E-Commerce Dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk Umkm Desa Pamulihan Kecamatan Subang.” Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(02):130. doi: 10.25134/empowerment.v3i02.2341.

Mesra, Sri Wahyuni, Maya Macia Sari, and Dewi Nurmasari Pane. 2021. “E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk Industri Rumah Tangga Di Desa Klambir Lima Kebun.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) 1(3):115–20.

Musthofa, Nurul, and Mochamad Adhari Adiguna. 2022. “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Ccomputer Kota Tangerang.” 1(03):199–207.

Nidaul Khasanah, Fata, Herlawati, Seta Samsiana, Rahmadya Trias Handayanto, Anita Setyowati Srie Gunarti, Irwan Raharja, Maimunah, and Benrahman. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat 1(1):51–62. doi: 10.31599/jstpm.v1i1.255.

Sarasati, Fajar. 2021. “Perancangan E-Bakul Pada Kelompok Wanita Tani Ngudi Rejeki Berbasis Website.” Jurnal Fasilkom 11(1):32–42. doi: 10.37859/jf.v11i1.2287.

Tani, Kelompok, Desa Pejengkolan, Nani Purwati, Lina Ayu Safitri, Pudji Widodo, and Fransisca Natalia. 2023. “Pelatihan Leadership Untuk Meningkatkan Softskill.” 3(1):1–9.

Tinggi, Dharma Perguruan. 2024. “Optimalisasi Penggunaan Media Digital Marketing Dan Pengurusan Sipp-Pirt Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Fithri Setya Marwati , Dimas Ilham Nur Rois , Purnama Siddi , Endang Masithoh , Istiqomah , Peni Febrianita Meliana Fakultas Ekonomi Universitas Is.” 06(01):1–7.

Wahyuni, Nuraida, Ade Irman Saeful Mutaqin S., and Akbar Gunawan. 2019. “Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon.” Jurnal Pengabdian Dinamika 1(6):31–39.

Wahyuningrum, Tenia, and Dwi Januarita. 2014. “Perancangan Web E-Commerce Dengan Metode Rapid Application Development ( RAD ) Untuk Produk Unggulan Desa.” 2014(November):81–88.

Widiana, Siska Ayu, Sanriomi Sintaro, Rillya Arundaa, Eric Alfonsius, and Dodisutarma Lapihu. 2022. “Aplikasi Penjualan Baju Berbasis Web (E-Commerce) Dengan Formulasi Penyusunan Kode.” Journal of Information Technology, Software Engineering and Computer Science (ITSECS) 1(1):35–43. doi: 10.58602/itsecs.v1i1.11.

Widnyani, Ni Made, Vitalia Fina Carla Rettobjaan, A. A. Ngurah Bagus Aristayudha, Ni Luh Putu Surya Astitiani, and Kadek Riyan Putra Richadinata. 2023. “Media Sosial Sebagai Alternatif Dalam Peningkatan Penjualan Umkm Di Kota Denpasar.” Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti 4(1):62–69. doi: 10.38048/jailcb.v4i1.1435.

Widyanto, R. Arri, Muhammad Riyan, Muhammad Rafly, Shafira Qurrota Ayun, Ali Affandi Yahya, Ummatrisi Fadhia Aisya, Program Studi, Teknologi Informasi, and Teknik Informatika. 2023. “Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu E-Commerce Untuk Pemasaran Bibit Buah Warung Bibit Sriwedari.” Jurnal Abdimas PHB 6(2):340–47.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.23172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nani Purwati, Akhmad Syukron, Atun Yulianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: