MENGEMBANGKAN KARAKTER MANDIRI DAN KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI MEDIA PAPAN KUIS CERDAS DAN GEMBIRA

Muaffy Afriza Raya, Retno Azzahra Umniyah, Ririn Cahya Dewanti, Qisty Dzakiyyatu Husna, Sri Lestari

Abstract


Abstrak: Anak-anak di Dusun Sambiroto sering menggunakan gawai tanpa pengawasan orang tua. Kebiasaan tersebut dapat mengganggu proses berkembangnya karakter pada anak. Penyuluhan parenting dan penerapan papan kuis ini sebagai media pembelajaran dan bermain untuk mengembangkan karakter anak. Program ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan orang tua, meningkatkan kreativitas, serta menumbuhkan budaya literasi masyarakat. Mitra dalam pengabdian ini adalah masyarakat RW 06 yakni 40 orang tua dan 50 anak-anak. Pengabdian ini dilakukan menggunakan penyuluhan dan penerapan media papan kuis secara langsung. Masyarakat sangat antusias dalam pelaksanaan pengabdian ini. Melalui evaluasi berupa 10 soal pilihan ganda yang diisi sebelum dan setelah kegiatan dapat diketahui peningkatan pengetahuan tentang mengelola penggunaan gawai pada anak dari 72% sebelum penyuluhan, menjadi 90% setelah penyuluhan. Dengan demikian, metode penyuluhan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai pengasuhan parenting dan pengelolaan penggunaan gawai pada anak.

Abstract: Children in Sambiroto Hamlet often use gadgets without parental supervision. These habits can disrupt the process of character development in children. Parenting counseling and applying this quiz board as a medium for learning and playing to develop children's character. This program aims to increase parents' knowledge and insight, increase creativity, and foster a culture of community literacy. Partners in this service are the RW 06 community, namely 40 parents and 50 children. This service is carried out using psychoeducation and the direct application of quiz board media. The community is very enthusiastic about implementing this service. Through an evaluation in the form of 10 multiple choice questions filled in before and after the activity, knowledge about managing the use of devices in children has increased from 72% before psychoeducation to 90% after psychoeducation. Thus, the lecture method can increase parents' understanding of parenting and managing children's use of devices.

 


Keywords


Parenting, Child Character; Gadget; Playing.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anafiah, S., & Rezkita, S. (2020). Pendidikan karakter dalam komik GIGANA (Digital mitigasi bencana) gempa bumi karya Siti Anafiah dan Shanta Rezkita. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1), 1043–1049. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8403

Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan persepsi orang tua tentang dampak smartphone terhadap perkembangan sosial pada anak di kelompok bermain gugus I kecamatan Naggalo kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66

Azizah, L. S. N., Ispiyana, N., & Nuryah, S. (2020). Strategi orang tua dalam menanamkan pendidikan karakter anak pada masa pandemi covid-19. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 245–256. https://doi.org/10.22515/academica.v4i2.3171

Badan Pusat Statistik Kabupaten Boyolali. (2020). Kabupaten Boyolali dalam angka 2020. BPS Kabupaten Boyolali. https://boyolalikab.bps.go.id

Bussa, B. D., Bussa, B. D., Kiling-Bunga, B. N., Thoomaszen, F. W., & Kiling, I. Y. (2018). Persepsi ayah tentang pengasuhan anak usia dini. Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 126–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um023v7i22018p126

Diastuti, I. M. (2021). Hubungan antara pola asuh keluarga dan karakter anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8447–8452.

Halim, N. A. (2015). Penggunaan media internet di kalangan remaja untuk mengembangkan pemahaman keislaman. Jurnal Dakwah Risalah, 26(3), 132–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v26i3.1270

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.375

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Lasmini, L., Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep dan tahapan pembentukan program parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 275–280. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.184

Mazdalifah, M., & Moulita, M. (2021). Model pengawasan orang tua terhadap penggunaan media digital anak. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 105–116. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1316

Puadah, M. S., Huriah Rachmah, & Dewi Mulyani. (2022). Analisis dampak negatif gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun di daerah X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 2(2), 81–86. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v2i2.1258

Putri, L. O., Annisa, R. N., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengaruh permainan tradisional oray-orayan terhadap keterampilan sosial anak. Journal on Education, 5(3), 6101–6106. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1376

Wiranata, I. G. L. A. (2021). Penerapan positive parenting dalam pembiasaan pola hidup bersih dan sehat kepada anak usia dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 82–88. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1362

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254–264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i3.23362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muaffy Afriza Raya, Retno Azzahra Umniyah, Ririn Cahya Dewanti, Qisty Dzakiyyatu Husna, Sri Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: