PENDAMPINGAN PELAKU UMKM MASYARAKAT DESA MELALUI PELATIHAN BRANDING PRODUCT DAN SERTIFIKASI HALAL

Amal Taufiq, Moch. Firman, Abyati Faizah

Abstract


Abstrak: Desa Banjarejo merupakan sebuah desa dikecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk yang memiliki beragam UMKM tersebar di berbagai titik. Namun pelaku UMKM mengalami masalah dalam persaingan usaha serta kebanyakan mereka belum meimiliki sertifikasi halal. Berdasar itulah Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini bertujuan untuk meningkatkan skill branding dan sekaligus sosialisasi dan pendampingan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di desa Banjarejo. Kegiatan peningkatan skill masyarakat ini diikuti sekitar 25 peserta dari kelompok pelaku UMKM, pemerintah desa, KUA, mahasiwa KKN. Hasil pengabdian menujukkan bahwa tingkat pasrtisipasi masyarakat dalam proses kegiatan ini sebanyak 100% sedangkhan tingkat kebrhasilan dalam penigkatan skill branding product dan sertifikasi halal sebanyak 80% sehingga perlu adanya keberlanjtan dari kegiatan ini dengan melibatkan pemeritah desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Abstract: Banjarejo Village is a village in Rejoso sub-district, Nganjuk Regency which has a variety of UMKM spread across various points. However, UMKM experience problems in business competition and most of them do not have halal certification. Based on that, the community service carried out by KKN students aims to improve branding skills and at the same time socialize and assist halal certification for MSMEs in Banjarejo village. This community skills improvement activity was attended by around 25 participants from groups of UMKM actors, village government, KUA, KKN students. The results of the service show that the level of community participation in this activity process is 90%, while the success rate in improving product branding skills and halal certification is 80%, so there is a need to continue this activity by involving the village government, community leaders and local religious leaders.


Keywords


UMKM; Branding; Halal Sertification.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Debbi, N. (2018). Implementasi Sertifikasi HalalPada Produk Pangan. Qiyas, 3(1), 154–166.

Dewi, S. R. (2021). Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19. 7 (1).905-101

Fathimah, E. (2018). Jaminan Produk Halal Bagi Perlindungan Konsumen Telaah RUUJPH (Rancangan Undang-Undang Jaminan Produk Halal) Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Islam. Muamalah, 3 (1), 73–86.

Forijati, R. (2022). Pelatihan Digital Marketing Ibu Rumah Tangga PelakuUsaha Mikro Di Kelurahan Pojok Kota Kediri. JABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 573–580

Fuadi dkk. (2022). Studi Literatur Implementasi Sertifikasi HalalProduk UJurnal. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi, 6(1).118-125

Hamid, R. S., & Ikbal, M. (2017). Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean,. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 310–337.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implik asi Bagi Usaha Mik ro, Kecil, dan Menengah. 20(April), 1–6.

Peristiwo, H. (2019). Indonesian Halal Food Industry: Development, Opportunities and Challenges on Halal Supply Chains. Journal of Islamic Studies and Humanities, 4 (2). 218 - 245

Pujiyono, A. (2018). Strategi Pengembangan UmkmHalal Di Jawa Tengah Dalam MenghadapiPersaingan Global. Strategi Pengembangan UmkmHalal Di Jawa Tengah Dalam MenghadapiPersaingan Global, 8 (1).1-8

Rasyid, A. (2019). Dinamika Pelaksanaan Sertifikasi Halal pada Produk Makanan dan Minuman Di Kota Medan, Sibolga dan Padangsidimpuan. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 43(2), 167–201.

S Soesilowati, E. (2018). Business opportunities for Halal Products in the Global Market: Muslim Consumer Behaviour and Halal food Consumption. Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities,. 3(1), 151–160.

Sahdan Maulana dkk. (2017). Ekspor dan Impor Barang Serta Perpajakan Bagi Pelaku Usaha UMKM. Dinamisa, 1(1 Desember), 113–119.

Sukesti, F. (2014). the Influence Halal Label and Personal Religiousity on Purchase. International. Journal of Business, Economics and Law, 3(1), 2012–2015.

Wibowo. (2015). Analisis strategi UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1).56-66

Zuhairi. (2016). Hukum Perlindungan Konsumen & Problematikanya. Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.23965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amal Taufiq, Moch. Firman, Abyati Faizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: