PENINGKATAN PENGETAHUAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAY DI SMA KOTA TEGAL

Muhamad Ibnu Hasan, Nanda Bachtiar, Ardhi Henda Karmandika

Abstract


Abstrak: Cedera merupakan masalah kesehatan yang harus mendapatkan perhatian dan penanganan khusus, termasuk cedera pada anak yang bertanggung jawab atas 950.000 kematian pada anak-anak dan remaja di setiap tahun. Riset kesehatan dasar yang dilakukan oleh Kemenkes RI (2013) menunjukkan bahwa prevalensi cedera paling banyak terjadi di jalan raya (42,8%) yang diikuti di rumah (36,5%), area pertanian (6,9%) serta di sekolah (5,4%). Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pertolongan pertama pada kecelakaan melalui metode role play sehingga mampu tercipta lingkungan sekolah yang memberikan tindakan yang tepat sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki saat terjadi kecelakaan.Mitra kami dalam melakukan penyuluhan adalah 24 siswa kelas XI di SMA Kota Tegal, Jawa Tengah dengan karakteristik sekolah adalah terletak di jalan utama kota Tegal dengan karakteristik bangunan sekolah lantai tiga dengan satu pintu keluar dan masuk yang langsung berbatas jalan raya. Metode yang digunakan dalam pendidikan kesehatan ini adalah dengan penyuluhan dan bermain peran (Role Play). Tingkat pengetahuan siswa di evaluasi melalui pertanyaan sebelum maupun setelah kegiatan. Hasil pengabdian berupa peningkatan pengetahuan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan.

Abstract: Injuries are a health problem that requires special attention and treatment, including injuries to children which are responsible for 950,000 deaths in children and adolescents every year. Basic health research conducted by the Indonesian Ministry of Health (2013) shows that the highest prevalence of injuries occurs on roads (42.8%), followed by at home (36.5%), agricultural areas (6.9%) and at school ( 5.4%). The main aim of this activity is to increase students' knowledge about first aid in accidents through the role play method so that a school environment can be created that provides appropriate action according to the knowledge they have when an accident occurs. Our partners in providing counseling are 24 class XI students at Kota High School Tegal, Central Java, the characteristic of the school is that it is located on the main road of the city of Tegal with the characteristics of a three-story school building with one exit and entrance that directly borders the main road. The method used in health education is counseling and role playing. Students' knowledge level is evaluated through questions before and after the activity. The results of the service are in the form of increased knowledge about first aid in accidents.


Keywords


First Aid; Role Play; Senior High School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Chakravarthy, B., Anderson, C. L., Ludlow, J., Lotfipour, S., & Vaca, F. E. (2012). A Geographic Analysis of Collisions Involving Child Pedestrians in A Large Southern California County. Traffic Injury Prevention, 13(2), 193–198.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Eva, O., Susmini, & Feri, J. (2021). Pendidikan Kesehatan Pada Anak Sekolah Dengan Metode Role Play Untuk Meminimalkan Distres Hospitalisasi. Jurnal Abdikemas, 3(1), 32–39.

Farid, Setyo, N. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Role Play Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Kelas X. Jurnal Kesehatan, 12(1), 46–55.

Guyton, A. (2006). Text Book of Medical Physiology. In Library of Congress Cataloging (8th ed.). Elsevier Inc.

Hasan, M. I., & Bachtiar, N. (2023). Implementasi Metode Role Play Dalam Pembelajaran Komunikasi Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA, 9(2), 166–172. https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v9i2.1255

Kemenkes.RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Padrizal Lubis, Oswati Hasanah, A. P. D. (2015). Gambaran Tingkat Resiko Cedera Pada Anak Usia Sekolah. JOM, 2(2), 1335–1344.

Peden M, McGee K, S. G. (2002). An Overview of The Global Burden of Injury. In The Injury Chart Book : A Graphical Overview of The Global Burden of Injuries (p. 6). World Health Organization.

Peden M, Oyegbite K, Ozanne-Smith J, Hyder AA, Branche C, Rahman AKMF, Rivara F, Bartolomeos K, E. (2008). World Report on Child Injury Prevention. In World Health Organization (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/10.1136/ip.2007.018143

Raja, A., Guk, G., Napitupulu, T., & Taruli, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Minat Belajar Pak Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2022 / 2023 Latar belakang Masalah perbuatan guru dan peserta didik atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung untuk siswa . 5 Dengan itu , model pembelajaran Role Playing dapat digunakan sebagai salah satu. 1(6), 24–34.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

WHO. (2023). Injuries and Violence : The Facts.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.23974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhamad Ibnu Hasan, Nanda Bachtiar, Ardhi Henda Karmandika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: