APLIKASI CHATBOT SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI SEKOLAH
Abstract
Abstrak: Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membantu penyaluran informasi di sektor pendidikan menjadi lebih efisien dan efisien. Teknologi kecerdasan buatan berupa chatbot hadir sebagai model interaksi manusia dan komputer yang semakin menyerupai komunikasi manusia. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dan guru dalam penerapan aplikasi chatbot berbasis Aritificial Intelligence (AI) dan Natural Language Processing (NLP) di SMK YPE Nusantara Slawi. Kegiatan pengabdian ini melibatkan 31 peserta yang terdiri dari 28 siswa dan 3 guru, pelaksanaan dilakukan melalui lima tahap, mulai dari pembuatan aplikasi, persiapan kegiatan, pretest, pelaksanaan kegiatan di sekolah, hingga postest. Tahap pembuatan aplikasi meliputi perancangan aplikasi chatbot sebagai alat penunjang promosi sekolah yang mengintegrasikan AI dan NLP. Persiapan kegiatan dilakukan dengan melakukan observasi dan penggalian data terkait kebutuhan informasi yang digunakan dalam membuat chatbot. Pretest mengungkap sebagian peserta belum familiar dengan konsep chatbot dan AI. Selama pelaksanaan kegiatan, chatbot menjadi fokus utama, membahas peran inovatifnya dalam meningkatkan efisiensi penyebaran informasi sekolah. Hasil postest menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap penerapan aplikasi chatbot dan AI sebesar 81%. Kesimpulannya, PKM ini sukses meningkatkan efisiensi informasi, keterlibatan guru dan siswa, serta citra sekolah melalui pemanfaatan aplikasi chatbot yang inovatif.
Abstract: Advancements in information technology and communication have made the dissemination of information in the education sector more efficient and effective. Artificial intelligence technology in the form of chatbots has emerged as a model for human-computer interaction that increasingly resembles human communication. This community service aims to enhance the efficiency of information dissemination at SMK YPE Nusantara Slawi through the implementation of an AI-based chatbot application and NLP. The activity involved 31 participants, consist of 28 students and 3 teachers, and was carried out in five stages, starting from application development, activity preparation, pre-test, implementation at the school, and post-test. The application development stage included designing a chatbot application to support school promotion, integrating AI and NLP. Activity preparation involved observing and gathering data on the information needs for creating the chatbot. The pre-test revealed that some participants were not familiar with the concepts of chatbots and AI. During the implementation phase, the focus was on the chatbot's innovative role in improving the efficiency of school information dissemination. The post-test results showed an 81% increase in participants' understanding of chatbot and AI application. In conclusion, this Community Service successfully increased information efficiency, active engagement of teachers and students, and improved the school's image through the utilization of an innovative chatbot application.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. MENARA Ilmu, 14(1), 81–85.
Anindyati, L. (2023). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa dan Sistem Informasi Pemeliharaan Aplikasi (Studi Kasus: Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Astra). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.25126/jtiik.20231026409
Apriliani, D., Handayani, S. F., Anugrahaeni, T. N., Miftahudin, A., Nurarifiah, L., & Saputra, I. T. (2023). Aplikasi Question Answer Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Akuntansi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 2003. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13867
Dwi R, A. A., Imamah, F., Andre S, Y. M., & Andriansyah. (2018). Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web Cms. Jurnal Cendikia, XVI, 2–2.
Gökçearslan, Ş., Tosun, C., & Erdemir, Z. G. (2024). Benefits, Challenges, and Methods of Artificial Intelligence (AI) Chatbots in Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Technology in Education, 7(1), 19–39. https://doi.org/10.46328/ijte.600
Harahap, D. W., & Fitria, L. (2020). Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Metode Dialogflow. J-ICOM - Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer, 1(1), 6–13. https://doi.org/10.33059/j-icom.v1i1.2796
Kasmayanti, N. U., Setyaningrum, V., & Atmaja, D. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artifical Intelligence pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 294–307.
M. Rangga Fachrizal S. (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI CHATBOT BERBASIS NLP (NATURAL LANGUAGE PROCESSING). Wiley Interdisciplinary Reviews: Computational Statistics, 2(3), 352–357. https://doi.org/10.1002/wics.76
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.
Mohammad Suryawinata, M. S. (2019). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. In Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-81-2
Prasetyo, V. R., Benarkah, N., & Chrisintha, V. J. (2021). Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya. Teknika, 10(2), 114–121. https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.370
Rahayu, D., Mukrodin, M., & Hariyono, R. (2020). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Helpdesk Objek Wisata Dengan Permodelan Simple Reflex-Agent (Studi Kasus : Desa Karangbenda). Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 9(1), 7–21. https://doi.org/10.30591/smartcomp.v9i1.1813
Ramadhani, R. Z., Rusdianto, H., & Yahya, V. (2019). Penerapan Chatbot Menggunakan Aiml Berbasis Android Pada Smk. Jurnal Teknik Informatika, 1(1), 27–33.
Respati, P. P., Sulthon Basyari, A., Cahyadi, N., & Kurniawan, A. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Aktivitas Promosi dan Pemasaran di SMKS Muhammadiyah 3 Cerme. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 153–161.
Sandi, A. W., & Irfansyah, I. (2023). Evaluasi Usability Pada Aplikasi Banyuwangi Tourism Menggunakan Metode System Usability Scale. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 11(2), 14. https://doi.org/10.34010/visualita.v11i02.8342
Santoso, P. D. L., Riski, I., Kholik, N., Akbar, M. R., Saifudin, A., & Yulianti, Y. (2021). Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot sebagai Media Informasi dan Pembelajaran mengenai Kebudayaan Bangsa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(3), 579–589.
Sugiono, S. (2021). Pemanfaatan Chatbot Pada Masa Pandemi Covid-19 : Kajian Fenomena Society 5 . 0 Chatbot Utilization During the Covid-19 Pandemic : Revisiting the Concept of Society 5 . 0. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 22(2), 133–148.
Surapati, M. U., Rasyid, A., & Nurjanah. (2020). Strategi Humas Dalam Mempromosikan Sekolah Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9, 347–362.
Wijanarko, R., & Afrianto, I. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Media Informasi Parenting Pola Asuh Anak Menggunakan Line. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.31940/matrix.v10i1.1805
Zuraiyah, T. A., Utami, D. K., Herlambang, D., Studi, P., Komputer, I., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Pakuan, U., Bogor, K., & Barat, J. (2019). Mahasiswa Baru Menggunakan Recurrent Neural Network. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Rekayasa, 24(2), 91–101.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dyah Apriliani, Hepatika Zidny Ilmadina, Dairoh, Sharfina Febbi Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: