PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KETERAMPILAN DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN IKAN NILA DAN PEMASARAN PRODUK DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Fitriyana Fitriyana, Irman Irawan, Ita Zuraida, Andi Nurasikin, Bagus Fajar Pamungkas, Adlina Ardhanwinata, Fatimah Jahrah, Nur Rinni Rahman, Muhamad Rifai

Abstract


Abstrak: Desa Loa Kulu Kota merupakan daerah yang mempunyai potensi perikanan yang sangat besar dalam usaha budidaya, dimana komoditas ikan yang mendominasi data produksi adalah ikan nila (Oreochromis niloticus). Selama ini ikan nila hanya dipasarkan keberbagai daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara dalam keadaan hidup/segar, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan nilai jual komoditas tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Loa Kulu Kota tentang manfaat dan cara mengolah ikan nila menjadi produk olahan unggulan seperti (ajifurai, bakso ikan, dan kue ikan), memberikan pemahaman akan pentingnya pengemasan produk yang baik dan memberi pengetahuan terkait pemasaran produk yang efektif dan efisien. Sasaran dari kegiatan ini adalah istri pelaku usaha budidaya keramba dan pelaku UMKM setempat, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober 2022 di Desa Loa Kulu Kota dan dihadiri sebanyak 30 orang. Metode pelatihan yang dilaksanakan terdiri dari penyampaian materi, diskusi atau tanya jawab, dan demonstrasi pengolahan (praktik). Hasil kegiatan menunjukkan masyarakat Desa Loa Kulu Kota sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan dilihat dari jumlah kehadiran dan keaktifan peserta, dari yang sebelumnya warga kurang kreatif menjadi lebih kreatif dalam memvariasikan produk olahan berbahan baku ikan nila seperti produk olahan yang sudah di praktekkan dan didampingi langsung oleh tim pengabdi diantaranya ajifurai, fish ball, dan fish cake. Dari yang sebelumnya warga menyepelekan proses pengemasan produk kini warga menjadi lebih paham akan pentingnya pengemasan produk selain sebagai daya tarik pengemasan produk yang baik dan sesuai standar dapat menambah usia ketahanan pangan, serta warga menjadi lebih paham pentingnya strategi pemasaran untuk mencapai kesusksesan dalam penjualan produknya.

Abstrack: Loa Kulu Kota Village is an area that has enormous fisheries potential in cultivation, where the fish commodity that dominates production data is tilapia (Oreochromis niloticus). So far, tilapia fish have only been marketed to various areas in Kutai Kartanegara Regency alive/fresh, so efforts are needed to increase the selling value of this commodity. This activity aims to provide knowledge to the people of Loa Kulu Kota Village about the benefits and how to process tilapia into superior processed products such as (ajifurai, fish balls and fish cakes), provide an understanding of the importance of good product packaging and provide knowledge related to product marketing. effective and efficient. The targets of this activity were the wives of cage cultivation businesses and local MSMEs. This training activity was held on October 2 2022 in Loa Kulu City Village and was attended by 30 people. The training method implemented consists of delivering material, discussion or question and answer, and processing demonstrations (practice). The results of the activity show that the people of Loa Kulu Kota Village are very enthusiastic in participating in training activities seen from the number of participants attending and active. From previously the residents were less creative to becoming more creative in varying processed products made from tilapia fish, such as processed products that have been practiced and accompanied directly by the service team includes ajifurai, fish ball, and fish cake. From previously residents taking the product packaging process for granted, residents now understand more about the importance of product packaging apart from being attractive, good product packaging that meets standards can increase food security, and residents understand more about the importance of marketing strategies to achieve success in selling their products.


Keywords


Diversification; Marketing; Packaging; Processed Products.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abdiani, I. M., Akhmadi, M. F., Imra, I., Hutapea, T. P. H., Cahyani, R. T., Simanjuntak, R. F., Wijaya, A. A., Saputra, B., Zusan, Z., Jariah, U., & Nuraini, N. (2022). Pelatihan Pembuatan Fish Cake Berbahan Dasar Hasil Tangkapan Sampingan Nelayan Di Kota Tarakan. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.46549/igkojei.v3i1.269

BPS. (2020). Kecamatan Loa Kulu Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://kukarkab.bps.go.id/publication/2020/09/28/e5b2f27c5dfd4ae5ef41e47f/kecamatan-loa-kulu-dalam-angka-2020.html

BSN. (2013). Fish Cake. SNI 7757:2013. Badan Standardisasi Nasional Indonesia.

BSN. (2014a). Baso Daging. SNI 3818-2014. Badan Standardisasi Nasional Indonesia.

BSN. (2014b). Fish Ball. SNI 7266:2014. Badan Standardisasi Nasional Indonesia.

Cahyono, E., Wodi, S. I. M., Salele, M. J., Baeruma, A. O., Turambi, A., & Tondais, J. (2020). Diversifikasi Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Untuk Produk Diversifikasi Fish Nugget Di Desa Ulung Peliang (UPEL). Jurnal Ilmiah Tatengkorang, 4(2), 39–42. https://doi.org/10.14710/jitpi.2019.6746

Dadiono, M. S., & Aminin, A. (2021). Peningkatan Keterampilan dan Inovasi Warga Desa Rayunggumuk Kabupaten Lamongan Dalam Memanfaatkan Ikan Nila. Jurnal Hilirisasi Technology Pengabdian Masyarakat, 2(2), 75–83. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/SITECHMAS/article/view/2990

Damongilala, L. J., & Harikedua, S. D. (2020). Diversifikasi Produk Perikanan : Fish Burger. In Techno Science Journal (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/tsj/article/view/34126

Das, O., & Kannuchamy, N. (2014, October 10). Breaded and Battered Seafood Products: Principles and Processing Methods. Breverage and Food World. https://www.researchgate.net/publication/317494610_Breaded_and_Battered_Seafood_Products_Principles_and_Processing_Methods

Harini, C., & Yulianeu, Y. (2018). Strategi penetrasi pasar UMKM Kota Semarang menghadapi era pasar global MEA. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 361–381. https://doi.org/10.24914/jeb.v21i2.1967

Lilimantik, E. (2020). Pemasaran Hasil Perikanan. Global Science.

Lindriati, T. (2022). Aplikasi Kemasan Vakum Non Vakum pada Nugget Ayam Substitusi Daging Analog Berbahan Baku Umbi Kimpul dan Isolat Protein Kedelai. Jurnal Teknologi Pangan, 6(1), 18–25. https://doi.org/10.14710/jtp.2022.31564

Masyruroh, A., & Rahmawati, I. (2021). Pembuatan Recycle Plastik Hdpe Sederhana Menjadi Asbak. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 53–63. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1278

Mutia, A., Razak, D. A., Biologi, M., Padang, U. N., Pengajar, S., & Biologi, J. (2018). Effect of Giving Fermented Liquid Areca Cathecu L. and Surian Leaves (Toona sinensis ROXB.) On Tilapia Wounds (Oreochromis niloticus L.). Jurnal Serambi Biologi, 1(1), 41–50. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/bio/article/view/4251

Natsir, F., & Sihombing, R. A. (2022). Penerapan Metode User Centered Design pada Rancangan User Interface Marketplace Pemasaran Produk Olahan Perikanan. Journal of Practical Computer Science, 2(2), 56–63. https://doi.org/10.37366/jpcs.v2i2.1472

Nugroho, H. C., Amalia, U., & Rianingsih, L. (2019). Karakteristik Fisiko Kimia Bakso Ikan Rucah Dengan Penambahan Transglutaminase Pada Konsentrasi Yang Berbeda. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Perikanan, 1(2), 47–55. https://doi.org/10.14710/jitpi.2019.6746

Pandit, I. G. S. (2018). Nila Nyat-Nyat; Lezat Dan Bergizi. Warmadewa University Press.

Pasha, I., Chughtai, M. F. J., Sarwar, A., Shabbir, M. A., & Ahmed, S. (2015). Application of Extrusion Technology to Prepare Bread Crumb, A Comparison with Oven Method. Biological Sciences - PJSIR, 58(2), 83–91. https://doi.org/10.52763/PJSIR.BIOL.SCI.58.2.2015.83.91

Putri, H. N., Fitriyana, F., & Saleha, Q. (2022). Analisis Usaha Budidaya Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Dalam Keramba Jaring Apung Di Pt. Rama Jaya Mahakam Desa Loa Kulu Kota Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. MANAJEMEN, 2(2), 97–104. https://doi.org/10.51903/manajemen.v2i2.151

Rahmawati, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Plastik Polyethylene (PE) dan High Density Polyethylene (HDPE) Pada Campuran Lataston - WC Terhadap Karakteristik Marshall. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, 18(2), 147–159. https://journal.umy.ac.id/index.php/st/article/view/1816

Sujianti, T., Haris, H., & Jaya, F. M. (2020). Pengaruh penambahan sari sereh dapur (Cymbopogon Citratus) terhadap mutu bakso ikan patin (Pangasius Hypothalamus). Jurnal Pangan Halal, 2(1), 23–31. https://ojs.unida.ac.id/JIPH/article/view/4422

Suparmin, Kusrini, N., & Dolorosa, E. (2013). Analisis Distribusi Pemasaran Ikan Air Tawar Hasil Usaha Budidaya Keramba Jaring Apung ( Kja ) Di Kota Pontianak. Jurnal Eksos, 9(2), 69–79. http://repository.polnep.ac.id/xmlui/handle/123456789/1204

Suprayitno, E. (2020). Kajian Kesegaran Ikan Di Pasar Tradisional Dan Modern Kota Malang. JFMR-Journal of Fisheries and Marine Research, 4(2), 289–295. https://doi.org/10.21776/ub.jfmr.2020.004.02.13

Taufiq, I., Fitriyana, & Haqiqiansyah, G. (2022). Kontribusi Istri Nelayan Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Sebuntal Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(6), 2787–2800. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i6.504

Voong, K. Y., Norton‐Welch, A., Mills, T. B., & Norton, I. T. (2019). Understanding and predicting sensory crispness of deep‐fried battered and breaded coatings. Journal of Texture Studies, 50(6), 456–464. https://doi.org/10.1111/jtxs.12456

Widiastuti, M., Kurnia, R., & Ramadhan, R. (2021). Pengembangan Wirausaha Kelompok Wanita Tani Desa Loa Kulu Kota Melalui Pengolahan Ikan Nila. Indonesian Journal of Fisheries Community Empowerment, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jppi.v1i1.36

Widyaningrum, K., Sya’di, K., & Hersoelistyorini, W. (2022). Total Bakteri, Kadar Air, dan Sifat Sensoris Fish Cake Ikan Lele dengan Edible Coating Berbahan Gel Aloe Vera Berdasarkan Lama Penyimpanan. Jurnal Pangan Dan Gizi, 12(2), 67–79. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPDG/article/view/10813

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Sleman : Deepublish, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.25396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitriyana, Irman Irawan, Ita Zuraida, Andi Nurasikin, Bagus Fajar Pamungkas, Adlina Ardhanwinata, Fatimah Jahrah, Nur Rinni Rahman, Muhamad Rifai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: