THE INFLUENCE OF BRANDING “WONDERFUL INDONESIA” AS AN OUTDOOR MEDIA PROMOTION TOWARDS FOREIGN TOURISTS PERCEPTION
Abstract
Abstrak: Selama beberapa tahun terakhir, pemasaran pariwisata Indonesia telah memiliki branding "Wonderful Indonesia" yang gambar dan logonya tersebar luas di berbagai tempat, baik di dalam maupun di luar negeri. Kajian ini mengungkapkan pengaruh branding "Wonderful Indonesia" sebagai media branding luar negeri terhadap persepsi wisatawan mancanegara. Responden dalam studi ini berjumlah 50 wisatawan mancanegara yang telah melihat branding "Wonderful Indonesia" sampling dilakukan dengan menggunakan non probabilitas sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan SPSS 25. Data utama dari penelitian ini diambil dengan menyebarkan kuesioner dan analisis data termasuk tes validitas, uji Reliabilitas, statistik deskriptif, Koefisien penentuan, dan tes regresi linear sederhana. Ditemukan bahwa R Count > R tabel sehingga semua pernyataan dalam kuesioner yang disebarkan ke responden yang valid. Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa pengaruh promosi media outdoor branding "Wonderful Indonesia" terhadap persepsi wisatawan mancanegara adalah 78,8 sedangkan sisanya 21,2 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam studi ini.
Abstract: Over the past few years, Indonesia tourism marketing has had branding “Wonderful Indonesia” whose images and logo are widely spread in various places, both in and outside the country. This study reveals the influence of the branding “Wonderful Indonesia” as an outdoor Media Branding towards the perception of foreign tourists. Respondents in this study amounted to 50 foreign tourists who have seen the branding “Wonderful Indonesia” Sampling is done using non probability sampling. This research uses quantitative descriptive methods with data processing using SPSS 25. The primary data of this research is taken by spreading questionnaires and data analysis including validity tests, reliability tests, descriptive statistics, coefficient of determination, and simple linear regression tests. It was found that R count > R tables so that all statements in the questionnaire that were propagated to the respondent were valid. From the results of the processing of data that has been done, it can be seen that the influence of outdoor media promotion of branding “Wonderful Indonesia” to the perception of foreign tourists is 78.8 while the remaining of 21.2 is influenced by other factors that are not addressed in this study
Keywords
Full Text:
Download [PDF]References
Adnan, A. Z. (2018). Penerapan Strategi Promosi Pada Pemasaran Produk CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(7), 14–24. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/415
Arikunto. (2010). Suharsimi Arikunto.pdf. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X.
Dewojati, R. K. W. (2015). Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6633
Hidayat, A. (2017). Teknik sampling dalam penelitian. statistikian.com. https://www.statistikian.com/2017/06/teknik-sampling-dalam-penelitian.html
Hoskins, J. D. (2016). Offering value and capturing surplus: A strategy for private label sales in a new customer loyalty building scenario. Journal of Retailing and Consumer Services, 28, 274–280. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2015.06.006
Huda, K. (2013). pengaruh tayangan iklan televisi terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening di surabaya. jurnal ilmu & riset manajemen, 02(03).
Iswandi, H. (2018). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Seni Desain dan Budaya, volume 3(iIssue 3), 100–109.
Kemenpar. (2018). Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara Bulanan Tahun 2018. Kemenpar, 1–3. http://www.kemenpar.go.id/asp/ringkasan.asp?c=110
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Vol 15e. In Global Edition. https://doi.org/10.1080/08911760903022556
M. Liga Suryadana dan Octavia Vanny. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Alfabeta.
Morissan. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group, 49.
Nugroho, T. W. A. (2017). Optimalisasi Peran Timpora Pasca Berlakunya Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 11(3), 263–285. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30641/kebijakan.2017.V11.263-285
Riant Nugroho Dwijowijoto. (2003). Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Elex Media Komputindo.
Risitano, M. (2006). The role of destination branding in the tourism stakeholders system. The Campi Flegrei case. IV International doctoral tourism and leisure colloquium, 1–18. http://www.esade.edu/cedit2006/pdfs2006/papers/paper_risitano_esade_def.pdf
Shimp. (2007). Perikanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). In Jilid 1, Edisi Terjemahan, Jakarta : Erlangga, 2007.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s11116-011-9347-8
Sugiyono. (2017). Sugiyono, Metode Penelitian. Penelitian, 34–45. https://doi.org/10.1021/ol7029646
Surahman, S., Munawar, M. A., & Pratiwi, M. (2019). Representation of the face of the city of serang in the print advertising of 2018 mayor’s memories. Al-ulum : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.31602/alsh.v5i1.1989
Wijaya, Bambang, S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, 5(31). https://doi.org/10.13140/ejbm.2013.55.65
Wijaya, I. P. S., & Giantari, I. G. A. K. (2018). Analisis elemen elemen brand equity pada produk minuman teh dalam kemasan di kota denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 1339. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i03.p08
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Deivy Zulyanti Nasution, Jeffry Sudirja, Rina Fitriana, Abigail Bianca McKenzie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: