PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMASARAN SAPI MELALUI PLATFORM DIGITAL SILEMBU.COM
Abstract
Abstrak: Dalam era digitalisasi, peternak sapi di Desa Tanjung Gusta menghadapi tantangan besar dalam pemasaran produk mereka, terutama terkait dengan keterbatasan akses dan pengetahuan tentang teknologi digital. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hardskill peternak melalui pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan platform Silembu.com dan teknik pemasaran digital untuk meningkatkan jangkauan pasar. Metode pelaksanaan meliputi pengembangan konsep platform, penyuluhan mengenai pentingnya pemasaran digital, workshop penggunaan Silembu.com dan integrasi dengan media sosial. dengan melibatkan 11 peternak dari Kandang Sapi Arfhan dan kelompok peternak di desa tersebut. Evaluasi dilakukan melalui observasi saat kegiatan, serta wawancara dan angket dengan total 9 pertanyaan pasca kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa 60% peserta sangat puas dengan pelatihan, dengan peningkatan hardskill penggunaan platform digital sebesar 73% dan kebutuhan pendampingan lanjutan mencapai 73%. Program ini berhasil meningkatkan pemahaman peternak tentang digital marketing dan berpotensi meningkatkan penjualan sapi secara signifikan.
Abstract: In the digital era, cattle farmers in Tanjung Gusta Village face significant challenges in marketing their products, primarily due to limited access and knowledge of digital technology. This community service program aims to enhance farmers' hard skills through training and support in using the Silembu.com platform and digital marketing techniques to enhance market reach. The implementation methods included the development of the platform concept, education on the importance of digital marketing, workshops on using Silembu.com, and integration with social media, involving 11 farmers from Kandang Sapi Arfhan and local farmer groups. Evaluation was conducted through observation during the activities, as well as interviews, and questionnaires with a total of 9 questions after the activities Results showed that 60% of participants were very satisfied with the training, with a 73% increase in digital platform hardskills and a 73% need for ongoing support. The program successfully enhanced farmers' understanding of digital marketing and has the potential to significantly boost cattle sales.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Apdillah, D., Zebua, R. B., Idham, M., & Anhar, I. (2022). Teknologi Digital Di Dalam Kehidupan Masyarakat. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 101–107. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.247
Barus, O. P., Pangaribuan, J. J., Muda, I., Chilwin, Ricky, Jovanka, S., Dennison, S., & Chandra, C. (2024). Digitalisasi Proses Pemasaran Peternakan Dengan Implementasi Integrated Marketing Communicationdi 786 NS Farm. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 734–743.
Darmayunata, Y., Siswati, L., & Arianto, A. (2023). Pemasaran Ternak Sapi Kota Pekanbaru dengan Aplikasi Berbasis Web. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 17(1), 15. https://doi.org/10.30872/jim.v17i1.6078
El Mane, A., Chihab, Y., Tatane, K., & Korchiyne, R. (2022). Agriculture Supply Chain Management Based on Blockchain Architecture and Smart Contracts. Applied Computational Intelligence and Soft Computing, 2022, 1–23. https://doi.org/10.1155/2022/8011525
Fahrurozi, G., Putri, S. N., Fahlevi, M. I., & Septiadi, M. A. (2024). Dinamika Persaingan Bisnis di Era Digital yang Berpengaruh terhadap Pedagang Offline. Jurnal Strategi Dan Bisnis, 12(1), 66. https://doi.org/10.19184/jsb.v12i1.44980
Gemuh Rasa Astiti, N. M. A. (2022). [ Peluang Pasar Digital Untuk Pemasaran Sapi Potong. Edunity : Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(03), 96–102. https://doi.org/10.57096/edunity.v1i03.16
Miftahulkhair, M. (2018). Pendampingan Sosial Terhadap Anak Jalanan Di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 1(2), 223. https://doi.org/10.26858/pir.v1i2.6659
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Pramudya, M. A. S. J. (2024). Strategi Pengembangan Bisnis Pakan Ternak Melalui Ecommerce. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 278–283.
Rahulil, M. N. A. I. (2024). Pengembangan Sistem Marketplace Penjualan Hewan Ternak Berbasis Website Menggunakan Rapid Application Development. Jurnal Manajemen Informasi, 16(2).
Republika. (2022). Jualan Lewat Online, Ratusan Sapi Desa Cangkingan Ludes Diserbu Pembeli. https://news.republika.co.id/berita/renfts380/jualan-lewat-online-ratusan-sapi-desa-cangkingan-ludes-diserbu-pembeli?
Rizqina, Rr. R. N., & Wikartika, I. (2024). Integrasi Sosial Media Dalam Strategi Digital Marketing Sebagai Wadah Promosi Bisnis Kudapan Nini. Jurnal Sosial & Abdimas, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.51977/jsa.v6i1.1444
Saputra, H. T., Rif’ah, F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275
Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242–252. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i2.8821
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.25802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dian Septiana, Fanny Ramadhani, Nadrah Afiati Nasution, Nurul Maulida Surbakti, Prihatin Ningsih Sagala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: