PELATIHAN PEMBUATAN LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA

Durrotun Nafisah, Suryanti Suryanti, Ganes Gunansyah

Abstract


Abstrak: Kondisi kehidupan modernisasi disertai dengan laju eksploitasi berimbas pada kerusakan lingkungan sehingga diperlukan pengembangan karakter peduli lingkungan di sekolah. Kearifan lokal merupakan hal penting bagi masyarakat dalam beradaptasi dengan alam dan menjadi suatu warisan budaya dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam. Tujuan pengabdian memberikan pelatihan pembuatan LKPD berbasis kearifan lokal kepada guru SD untuk menanamkan karakter peduli lingkungan siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM adalah ceramah dan workshop. Kegiatan PKM akan dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. PKM dilaksanakan dengan kegiatan pelatihan yang diberikan kepada guru-guru sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 26 guru. Hasil kegiatan dalam pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan LKPD berbasis kearifan lokal untuk menanamkan karakter peduli lingkungan siswa. Terdapat 74% guru menjawab terdapat peningkatan pengetahuan/pemahaman terhadap topik pengabdian masyarakat. Sehingga hasil tugas pembuatan LKPD berbasis kearifan lokal untuk menanamkan karakter peduli lingkungan siswa dapat diterapkan dimasing-masing sekolah.

Abstract: Modern living conditions accompanied by the rate of exploitation have an impact on environmental damage, so it is necessary to develop an environmentally caring character in schools. Local wisdom is important for society in adapting to nature and becomes a cultural heritage in utilizing and managing natural resources. The aim of the service is to provide training in making LKPD based on local wisdom to elementary school teachers to instill the character of caring for the environment in students in elementary schools. The methods used in PKM activities are lectures and workshops. PKM activities will be carried out in three stages, namely the preparation stage, implementation stage and evaluation stage. PKM is implemented with training activities given to 26 grade IV elementary school teachers in Trenggalek Regency. The result of this community service activity is an increase in teachers' abilities in making local wisdom-based LKPD to instill environmental care in students. This can be shown by the percentage result of 74% of teachers answering about knowledge/understanding of community service topics. So that the results of the task of making LKPD based on local wisdom to instill students' environmentally caring character can be applied in each school.


Keywords


Making LKPD; Local Wisdom; Environmentally Caring Character.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Allutfia, F. T. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv. Academy of Education Journal, 14(2), 326-338.

Arif, M. &. (2023). Kinerja Ekonomi dan Dampaknya Terhadap Degradasi Lingkungan Hidup di Indonesia. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian Dan Pengembangan, 7(1), 44-55., 44-55.

Asriati, N. (2012). Mengembangkan karakter peserta didik berbasis kearifan lokal melalui pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2).

Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31-37., 31-37.

Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuh KembangkanLiterasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27 (1), 1-9.

Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah dasar. Sejolah dasar: Kajian Teori dan Praktik.

Farrel Muhammad, Y. Y. (2021). Peran Kearifan Lokal pada pada Pendidikan Karakter dimasa Pandemi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial Vol.2 No.2 .

Ghifary, H. P. (2022). Studi Literatur Keterkaitan Pembangunan Ekonomi dengan Kualitas Lingkungan Hidup di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6),, 4409-4414.

Hermawan, I. &. (2023). Implementasi program sekolah adiwiyata dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa di SD Muhammadiyah Nitikan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 34-44.

Khatimah, H. U. (2018). Pengembangan LKS berbasis kearifan lokal untuk peningkatan keterampilan penyelesaian masalah siswa. . Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2), 173-181.

Krisnawan, A. H. (2022). Peningkatan Pemahaman Kelompok PKK Tentang Diversifikasi Produk Pangan Fungsional Berbahan Jahe. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 4186-4194.

Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Latifah, A. &. (2021). Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. . Sistim Informasi Manajemen, 4(1), 75-95., 75-95.

Mannan, M. N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan karakter positif siswa SD. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 141-146.

Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. Jurnal pendidikan dan kebudayaan Missio, 11(1), 91-106.

Niman, E. M. Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. . ( (2019)). Jurnal pendidikan dan kebudayaan Missio, 11(1), , 91-106.

Rahmawati, I. &. (2015). Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di Smp Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(3), 71-88.

Rofiq, M. A. (2020). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD). Surabaya: CV.

Santika, I. G. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(2).

Siregar, E. S. (2020). Dampak Aktivitas Ekonomi Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup (Studi Kasus Di Kota Pejuang, Kotanopan). Jurnal Education and Development, 8(4), 589-589., 589-593.

Wibowo, A. B. (t.thn.). Pengembangan Kawasan Minapolitan Berkelanjutan Berbasis Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar di Kabupaten Magelang . (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana UNDIP).

Zulfa, V. M. ((2016).). Isu-isu kritis lingkungan dan perspektif global. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 5(1),, 29-40.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Durrotun Nafisah, Suryanti, Ganes Gunansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: