PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK GAPOKTAN

Eva Dolorosa, Imelda Imelda, Rakhmad Hidayat, Siti Sawerah

Abstract


Abstrak: Minimnya pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi digital dan pemasaran online dapat menghambat petani dalam memasarkan produk pertanian secara efektif. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota Gapoktan JUT dan Sepakat dalam menggunakan digital marketing melalui platform seperti TikTok shop dan Facebook marketplace. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Mitra kegiatan adalah Gapoktan JUT di Desa Sungai Duri II dan Gapoktan Sepakat di Desa Semudun, dengan kehadiran peserta sebanyak 48 orang. Evaluasi dengan menggunakan angket menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan tentang digital marketing sebesar 30%, dengan 82% peserta merasakan kemudahan dalam mempraktikkannya. Meskipun 18% peserta masih mengalami kesulitan, namun pemahaman yang lebih baik diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan potensi penjualan produk pertanian di masa depan.

Abstract: The lack of adequate knowledge and skills in using digital technology and online marketing can hinder farmers from effectively marketing agricultural products. This activity aims to enhance the understanding and skills of Gapoktan JUT and Sepakat members in utilizing digital marketing through platforms like TikTok Shop and Facebook Marketplace. The methods used include socialization, education, and hands-on practice with participants. The partners involved were farmer group JUT in Desa Sungai Duri II and farmer group Sepakat in Desa Semudun, with participant attendance 48 people. The evaluation with questionnaire showed a 30% increase in knowledge about digital marketing, with 82% of participants finding it easy to practice. Although 18% of participants still faced difficulties, the improved understanding is expected to enhance marketing effectiveness and the potential sales of agricultural products in the future.


Keywords


Digital Marketing; Social Media; Tiktok Shop; Facebook Marketplace; Farmer Group.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adi, P., Mulyani, R., Putri, A. N. H., Saputri, C. I., Alfiyah, H., Widyadana, J. R. A., Ma’rifah, K., & Khabibah, L. N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Produk Pertanian di Desa Bodag, Madiun, Jawa Timur. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 6(2), 126–132. https://doi.org/10.20961/prima.v6i2.65249

Affifudin, M., Purwanto, P., Maryono, M., Ansori, M., & Fuad Hasyim, A. (2023). Digitalisasi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Olahan Hasil Pertanian. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 3(2), 40–50. https://doi.org/10.57152/consen.v3i2.890

Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “Waroenk Ora Umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Andriana, A. N., Hijrah, L., Putri, D. A., Putri, W. U., Fauziah, S., & Darus, C. O. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), 1477–1485. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7336

Arizal, Sukmana, R. A., Ulfah, Y., Shaddiq, S., & Zainul, M. (2021). Strategi pemanfaatan Facebook marketplace dalam manajemen periklanan. Syntax Idea, 3(6), 1278–1289.

Dipayanti, K., Lesmana, R., & Pratama, Y. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian di Desa Cihambulu Pabuaran Subang Jawa Barat. Idea Abdimas Journal, 1(1), 44–52. https://ojs.ideanusa.com/index.php/iaj

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Habibi, N. S., Fitrianti, R. N., Efendi, J., & Kasanova, R. (2022). Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Desa Larangan Tokol Jawa Timur. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(3), 2275–2288.

Haryanto, B. (2018). Hubungan antara pelayanan pelatihan dan kondisi tempat pelatihan terhadap efektivitas pelatihan di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Mitra Mandiri Kecamatan Bangun Rejo KabupatenLAMPUNG TENGAH. Jurnal AgroSainta, 1(1), 1–16.

Isaskar, R., Muhaimin, A. W., Setiawan, B., Shinta, A., Andriani, D. R., Gutama, W. A., Rayesa, N. F., Faizal, F., Priminingtyas, D. N., Pratiwi, D. E., Aprilia, D., Mamilianti, W., Ainiyah, R., & Utami, D. C. (2024). Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme dan Pemasaran Produk Turunannya Melalui Media Sosial pada Kabupaten Pasuruan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(4), 3815–3825.

Juniawan, F. P., Mayasari, M. S., Pradana, H. A., Tommy, L., & Sylfania, D. Y. (2023). Pelatihan digital marketing guna meningkatkan kompetensi masyarakat Desa Kace Timur, Bangka. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 17–25. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i1.8649

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Khasanah, D. R. A., Muzammil, M., Masduki, L. R., & Ferawati, E. (2023). Pemasaran Digital melalui Tiktok Shop dan Shopee pada produk Nsr Carica Desa Bawang Kabupaten Batang. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–144. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.5046

Kusumawati, A., Hidayat, A. A., Rospricilia, T. A., Verdiana, Y. Q., Al Kanza, R. T. T. H., & Hadyanto, F. D. (2023). Pelatihan Optimalisasi Sosial Media dan Google Business Sebagai Media Pemasaran di Sektor Peternakan Telur Bebek. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(4), 3770–3781. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16370

Ngoni, M. S., Bana, M. V. M., Keraru, E. N., Cordanis, A. P., Taopan, R. A., & Sudirman, P. E. (2023). Pengenalan Digital Marketing dalam Memasarkan Produk Inovasi Sambal Tomat. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(3), 2949–2956. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.15108

Ningtyas, S., Asmono, R. T., Nurlaela, L., Kurniati, I., & Nasri, J. (2022). Pelatihan Pengenalan Digital Marketing Pemasaran Produk Pertanian Di Kelurahan Kali Abang Tengah. Swadimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 27–34. https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.242

Nurhadi, Jusia, P. A., Naibaho, R., Khairuldi, Winanto, E. A., Sandra, D., Irawan, B., & Suwanto. (2023). Pelatihan Digital Marketing menggunakan Facebook Ads dan marketplace Shopee sebagai strategi peningkatan penjualan pada UMKM Madu Mayeesha. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 2(1), 67–72. https://doi.org/https://doi.org/10.33998/jpmu.v2i1 E-ISSN:

Nurhasanah, A., Day, S. C. P., & Sabri. (2023). Media sosial Tiktok sebagai media penjualan digital secara live di kalangan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. JSSH (Jurnal Sains Dan Humaniora), 7(2), 69–77. https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.16304

Pellokila, M. R. (2020). Strategi pemasaran hasil pertanian dalam upaya peningkatan pendapatan petani di Desa Baumata Utara Kabupaten Kupang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Kepulauan Lahan Kering, 1, 34–43.

Permata, R. P., Alifah, A. N., & Fadhilah, H. N. (2023). Penggunaan fitur Facebook untuk meningkatkan penjualan produk UMKM di Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1561–1570.

Priatama, R., Ramadhan, I. H., Az-Zuhaida, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis teknik digital marketing pada aplikasi TikTok (Studi kasus akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467

Purwasih, T. R., & Yogatama, A. N. (2023). Analisis pemanfaatan Facebook sebagai media promosi (Studi pada Freyo Strike Kota Malang). MDP Student Conference, 521–529.

Rahmadieni, R. Y., & Wahyuni, E. I. (2022). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan pemasaran berbasis teknologi pada UMKM di Desa Bulusulur. Al Basirah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17–26. https://doi.org/10.58326/jab.v2i1.28

Rasyid, T. H., & Kusumawaty, Y. (2018). Manajemen Mutu Produk Hortikultura di Hypermart Pekanbaru. Indonesian Journal of Agricultural Economics, 9(1), 120–136.

Riska Amelia, & Yuwita, N. (2023). Analisis digital marketing Live Tiktok Shop @Tantelalapunyacerita sebagai new media promotion di era disrupsi menggunakan pendekatan Model Aida. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 144–154. https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i2.1039

Shabrina, V. G. (2019). Pengaruh revolusi digital terhadap pemasaran dan perilaku konsumen. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 131–141. https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.16

Sufianzah, A., Nasir, & Musnadi, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pelatihan serta dampaknya pada kinerja pegawai (Studi kasus pada pejabat Eselon Iv di lingkungan Pemerintah Daerah Aceh). Jurnal Magister Manajemen, 2(2), 164–170.

Susanto, A., Sari, C. A., Moses, D. R. I., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk produk UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran dan penjualan online. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42–51. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.64

Syafitri, L., & Pebriani, R. A. (2024). Pelatihan digital marketing hasil pertanian untuk meningkatkan pendapatan usaha di desa Tapus. 8, 2016–2022.

Trymastuty, B., Alfannisa, H. R., & Dianastiti, F. E. (2020). Pemasaran produk hasil pertanian Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan melalui media sosial: Strategi pendampingan terstruktur. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 117–121. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3148




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eva Dolorosa1, Imelda, Rakhmad Hidayat, Siti Sawerah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: