UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PENGAJAR BAHASA ARAB MELALUI PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITE

Diah Dina Aminata, Dian Mohammad Hakim

Abstract


Abstrak: Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Google Site di Pondok Pesantren AZ-Zahra Lawang merupakan program pendampingan pengajar Pondok Pesantren Az- Zahra yang dilaksanakan secara periodik dengan melibatkan pengajar dalam kegiatan pendidikan yakni Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Google Site. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pengajar terkait media pembelajaran bahasa Arab serta melatih hardskill pengajar dalam menggunakan media pembelajaran berbasis google site di lingkungan Pesantren Az- Zahra. Adapun Pelaksanaan Pendampingan ini mengunakan metode RRA (Rapid Rural Appraisal), sedangkan metode dalam pelaksanaannya menggunakan teknik PRA (Participatory Rural Appraisal). Pondok Pesantren Az-Zahra adalah Lembaga pembelajaran yang memiliki perhatian besar terhadap pembelajaran Bahasa arab. Hal ini terlihat dalam kurikulum dan penggunaan sumber belajar yang menggunakan Bahasa arab. Adapun pengajar yang terdapat di pondok pesantren Az-Zahra berjumlah 10 orang. Dalam menyampaikan pembelajarannya, Pengajar masih menggunakan cara traditional dan minim dalam penggunaan media pembelajaran. Pada Tahap akhir yaitu evaluasi yang terdiri dari penilaian dan monitoring pendampingan yang diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap pengajar di Lembaga mitra. Hasil dari pendampingan ini yakni adanya peningkatan pengetahuan pengajar sebesar 90% terkait teori media pembelajaran Bahasa arab dan adanya peningkatan sebesar 80% dalam kompetensi pengajar dalam pembuatan media pembelajaran Bahasa arab berbasis google site.

Abstract: Assistance in Creating Arabic Learning Media Based on Google Site at the AZ-Zahra Lawang Islamic Boarding School is a mentoring program for teachers of the Az-Zahra Islamic Boarding School which is carried out periodically by involving teachers in educational activities, namely the Creation of Arabic Learning Media Based on Google Site. This activity aims to provide insight to teachers related to Arabic language learning media and train teachers' hard skills in using google site-based learning media in the Az-Zahra Islamic Boarding School. The implementation of this assistance uses the RRA (Rapid Rural Appraisal) method, while the method in its implementation uses the PRA (Participatory Rural Appraisal) technique. Az-Zahra Islamic Boarding School is a learning institution that has a great interest in learning Arabic. This can be seen in the curriculum and the use of learning resources that use Arabic. The teachers at the Az-Zahra Islamic boarding school are 10 people. In delivering their learning, teachers still use traditional methods and are minimal in the use of learning media. In the final stage, it is an evaluation consisting of assessment and monitoring of assistance obtained through observation and interviews with lecturers at partner institutions. The result of this assistance is an increase in teachers' knowledge by 90% related to Arabic language learning media theory and an 80% increase in teacher competence in making Arabic language learning media based on google sites.

 


Keywords


Arabic Language Learning, Learning Media, Google Site.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afril, R., Husna, I., & Jasem, H. (2024). Learning Arabic in the Digital Era : Challenges and Effective Strategies. Arabiyati, 1(1), 198–220.

Ahmad Muhsin, Laila Nafisah, Y. S. (2018). Participatory Rural Appraisal (PRA) For Corporate Social Responsibility (CSR). In Deeppublish (Vol. 1, Issue 1).

Amalia Yunia Rahmawati. (2020). Optimalisasi Google Site. July, 1–23.

Aminata, D. D., Amalia, K., Erfandi, E., & ... (2021). Maharah Kalam Learning Based on Genre Pedagogy. … Conference on Islam …, 1–7. https://conference.unisma.ac.id/index.php/iconigc/IConIGC/paper/view/1240

Azhar, M., Wahyudi, H., Promadi, & Masrun. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3160–3164. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20984

Bakri, M. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Pendekatan RRA dan PRA (II). Visipres Media.

Bariyah, K., & Muassomah, M. (2019). Metode Ta’Bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai: Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Iain Madura. Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 1–34. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v4i1.509

Ela Nuryani, M. (2021). penggunaan audio visual sebagai media pembelajaran daring bahasa arab di mts. Ad-Dhuha, 2(1), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Gemilang, D., & Listiana, H. (2020). Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA : Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 1(1), 49–64. https://doi.org/10.22515/athla.v1i1.3048

Hamidi, K., Jamaluddin, W., Koderi, K., & Erlina, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Interaktif untuk Siswa Madrasah Aliyah. Journal on Education, 5(2), 5289–5296. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1098

Haq, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi dalam Pengembangan Media. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 211–222. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6937

Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 431–442. https://doi.org/10.30653/002.201944.208

Ilhami, R., Hasan, N., Wargadinata, W., Fadhlan, M., & Fikri, A. (2021). The Effectiveness of Contextual Teaching Learning Through Zoom in Improving Arabic Speaking Skills During Covid-19. An Nabighoh, 23(2), 169. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i2.3272

Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.286

Jusriati, J., Nasriandi, N., Kurniadi, W., & Ratna, R. (2021). the Implementation of Google Site As E-Learning Platform for Teaching Efl During Covid-19 Pandemic. English Review: Journal of English Education, 10(1), 129–138. https://doi.org/10.25134/erjee.v10i1.5363

Kusumadewi, N., Nurizki, A. F., Pratama, A. B., & Semarang, U. N. (2019). MVR Abbas : Multimedia Virtual Reality Game Berbicara Bahasa Arab. Imla’, 4(1), 45–54.

Mahmudah, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 129. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131

Maulana, A., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., & Jember, S. (2024). The Development of Google Site Based Learning Multimedia to Enhace Student’s Competence in Vocabulary Translation. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 8(1), 115–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/jba.v8i1.8776

Muhammad, Afifullah; Siti, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Malang. VICRATINA : Jurnal Pendidikan, 5(2), 65–71. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/13551%0Ahttp://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/viewFile/13551/10510

Mujahidah, N., & Riyadhi, B. (2023). Model Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 22. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2031

Muthmainnah, M., & Annas, A. (2020). Pemanfaatan “Vlog” Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Maharah Kalam bagi Mahasiswa IAIN Kudus. Arabia, 12(2), 123. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.8073

Nur, F., Tamami, I., Hermawan, A., Islam, U., Sunan, N., & Djati Bandung, G. (2023). Perkembangan Teknologi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 158–178. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/alf.v4i2.4795

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Rasyidin, R., & Harahap, R. M. (2024). Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Arab: Gerakan Peningkatan Antusias Santri dan Narasi Adaptasi Pesantren Terhadap Perkembangan Teknologi. Journal on Education, 6(2), 12976–12984. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4988

Richard E. Mayer. (2009). Multimedia Learning (2nd ed., Issue 112). Cambridge.

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Rozak, A. (2018). Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren Di Rangkasbitung Banten. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(2), 167. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.110

Sabandar, V. P., & Ramadhani, W. P. (2023). Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 61–67. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.61-67

Sorongan, A. A., & Fauji, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Google Sites Model ADDIE untuk Pembelajaran Bahasa Arab. 1–10.

Yasmin Putri Maharani, P. M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA KELAS III SD. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(2), 1–23.

Yunus, M. I. R. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Maharatul Kalam. Al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 5, 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v5i1.83




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diah Dina Aminata, Dian Mohammad Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: