PELATIHAN PENERAPAN PERANGKAT TEKNOLOGI ARGUMEN MATEMATIS DENGAN MODEL INFUSION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAGEMENT PEMBELAJARAN GURU

Lia Budi Tristanti, Wiwin Sri Hidayati, Anisah Nabilah, Farda Rahmawanda, Nur Wahida Putri

Abstract


Abstrak: Pengajaran guru matematika SMP Kabupaten Jombang belum sepenuhnya meningkatkan kemampuan argumentasi siswa, dan belum ada perangkat teknologi khusus yang digunakan untuk membantu siswa dalam menyusun, menyajikan, atau mengevaluasi argumen sesuai dengan komponen Toulmin, yaitu data, warrant, qualifier, backing, dan klaim. Masalah ini menjadi fokus utama Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan management pembelajaran guru melalui penerapan perangkat teknologi argumen matematis dan model Infusion Learning. Kegiatan PkM ini melibatkan 32 guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Jombang. Tahapan pelaksanaan PkM meliputi pelatihan, penerapan teknologi, Pendampingan dan evaluasi. System evaluasi yang digunakan meliputi tes untuk mengukur pengetahuan peserta terkait dengan materi, observasi untuk mengukur kemampuan managemen pembelajaran guru, dan angket untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman peserta terhadap materi dengan persentase pemahaman peserta sebesar 86%, yang dikategorikan sebagai "baik", skor rata-rata keseluruhan dari semua komponen magemen pembelajaran guru adalah 85,3% pada kategori sangat baik, tanggapan peserta terhadap pelaksanaan kegiatan, kinerja narasumber, dan kepuasan umum juga menunjukkan hasil yang positif. PkM ini diharapkan dapat menjadi referensi empiris dalam dalam meningkatkan kemampuan managemen pembelajaran guru untuk memfasilitasi kemampuan argumentasi matematis siswa.

Abstract: The teaching of middle school mathematics teachers in Jombang Regency has not yet fully enhanced students' argumentative abilities, and no specific technological tools have been used to assist students in constructing, presenting, or evaluating arguments according to Toulmin's components, namely data, warrant, qualifier, backing, and claim. This issue became the main focus of the Community Service Program (PkM), which aims to improve teachers' classroom management skills through the application of mathematical argument technology tools and the Infusion Learning model. The PkM activities involved 32 teachers from the Mathematics Subject Teachers Forum (MGMP) in Jombang Regency. The stages of PkM implementation include training, technology application, mentoring, and evaluation. The evaluation system used includes tests to measure participants' knowledge related to the material, observations to assess teachers' classroom management skills, and questionnaires to evaluate the implementation of the activities. The evaluation results show that the training successfully improved participants' understanding of the material, with a comprehension rate of 86%, which falls under the "good" category. The overall average score across all components of teachers' classroom management was 85.3%, categorized as "very good." Participants' feedback regarding the activity implementation, trainers' performance, and overall satisfaction also showed positive results. This PkM is expected to serve as an empirical reference in enhancing teachers' classroom management skills to better facilitate students' mathematical argumentative abilities.


Keywords


Technology Tools; Mathematical Argument; Infusion Learning Model.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Allen, I. E., & Seaman, C. A. (2007). Likert Scales and Data Analyses. Quality Progress, 40(7), 64–65.

Anggraini, Y. D. (2022). Modul Ajar Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. In MGMP Matematika SMP Kabupaten Jombang.

Boone, J. H. N., & Boone, D. A. (2012). Analyzing Likert Data. The Journal of Extension, 50(2), 48.

Cahyo, T. (n.d.). Modul Ajar Matematika Materi Nilai Mutlak. MGMP Matematika SMP Kabupaten Jombang.

Fredricks, J. A., Blumenfeld, P. C., & Paris, A. H. (2004). School Engagement: Potential of the Concept, State of the Evidence. Review of Educational Research, 74(1), 59–109.

Hidayati, W. S., & Sukir, A. (2019). Integrasi Soft Skills dalam Pembelajaran. Journal Proceeding 1(1).

Hidayati, W. S., Tristanti, L. B., & Hudayana, N. A. (2023). Soft skills development of students in learning mathematics. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(2), 171–188.

Maf’ulah, S. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Bagi Guru-Guru Matematika SMP di Kabupaten Jombang. Abdimas Galuh, 4(1), 139–151.

Nusantara, T., & Tristanti, L. B. (2021). Pengembangan Model Infusion Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Laporan Tahun Terahir Penelitian Pasca Doktor.

Nusantara, T., & Tristanti, L. B. (2022). Pengembangan Model Infusion Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Laporan Tahun Terahir Penelitian Pasca Doktor.

Nusantara, T., & Tristanti, L. B. (2023). Pengembangan Aplikasi Argumen Matematis dengan Model Infusion Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Mahasiswa. Laporan Tahun Terahir Penelitian Kerjasama DRTPM.

Rahayu, E. B. (2018). Bedah SKL UN 2018 Kerjasama MGMP Matematika SMP Kabupaten Jombang dengan Fmipa Universitas Negeri Surabaya. FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Soekisno, R. B. A. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa. Infinity Journal, 4(2), 120–139. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/77

Sulistyowati, H., & Tristanti, L. B. (2023). Pelatihan Penguatan Kemandirian Keluarga Untuk Mencegah Stunting. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 7(1), 423–434.

Tristanti, L. B. (2016). Proses Memvalidasi Argumen Matematis Oleh Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Matematika. Laporan Tahun Terahir Penelitian Disertasi Doktor.

Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2021). Improving Students’ Mathematical Argumentation Skill through Infusion Learning Strategy. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012103. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012103

Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2022a). The Advantage and Impact of CIRC-Typed and Problem-Based Cooperative Learning Models on Students’ Mathematical Argument. 2nd International Conference on Education and Technology (ICETECH 2021), 172–178. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetech-21/125968176

Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2022b). The Influence of Infusion Learning Strategy on Students’ Mathematical Argumentation Skill. International Journal of Instruction, 15(2), 277–292.

Tristanti, L. B., & Nusantara, T. (2022c). The Influence of Infusion Learning Strategy on Students’ Mathematical Argumentation Skill. International Journal of Instruction, 15(2), 277–292. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2022.15216a

Tristanti, L., & Nusantara, T. (2023). The Effectiveness of Infusion Learning Model in Linear Algebra Course. Education Research International, 2023(9004072), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2023/9004072




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lia Budi Tristanti, Wiwin Sri Hidayati, Anisah Nabilah, Farda Rahmawanda, Nur Wahida Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: