PELATIHAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK PARA SANTRI PONDOK PESANTREN DI MALAYSIA
Abstract
Abstrak: Kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris menjadi perhatian pengurus pondok An Nahdlah Malaysia, untuk bisa dikuasai oleh para santri. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para santri dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Pelatihan ini diikuti sebanyak duapuluh lima santri dan dilakukan dalam tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sehingga penggunaan metode ceramah, Focus Group Discussion dan praktik digunakan dalam pelatihan ini. Di samping itu, terciptanya modul pembelajaran pidato dalam Bahasa Inggris untuk santri, juga setelah diadakan posttest dengan cara mereka melakukan pidato dalam Bahasa Inggris, sehingga menghasilkan delapanbelas santri atau 72% yang mampu berbicara dalam Bahasa Inggris secara lancar. Selain itu, tujuh santri (28%) yang lainnya sudah bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris yang nantinya bisa ditingkatkan kemampuannya menjadi mahir jika pelatihan ini bisa berkelanjutan. Tujuh santri tersebut belum lancar, karena tiga faktor penghambat yakni materi belajar, waktu dan kedisiplinan. Sehingga disarankan untuk kegiatan pelatihan berikutnya bisa memberikan materi yang sesuai dengan kemampuan dan yang dibutuhkan oleh para santri, serta pelatihan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan peserta memiliki komitmen untuk belajar. Serta, pentingnya melibatkan pengurus pondok pesantren dalam program ini.
Abstract: The ability to speak in English is a concern of the board of An Nahdlah Malaysia, to be mastered by the students. Consequently, the purpose of this study is to improve the ability of santri to communicate in English. This training was attended by twenty-five santri and was conducted in three stages: preparation, implementation, and evaluation. Thus, the use of lectures, Focus Group Discussion and practice methods were used in this training. In addition, the creation of a speech learning module in English for santri, also after a posttest was held by conducting a speech in English, eighteen santri, or 72%, were able to speak in English fluently. In addition, seven other santri (28%) can communicate in English which can later be improved to become proficient if this training can be sustainable. The seven santri are not yet fluent due to three inhibiting factors, namely learning materials, time and discipline. Therefore, it is suggested that the next training activities can provide material that is in accordance with the abilities and needs of the santri, as well as this training can be carried out regularly and participants have a commitment to learning. Also, it is important to involve the boarding school administrators in this program.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adinda, I., & Holida Mahmud, L. (2021). Pelatihan Pidato Bahasa Inggris untuk Santri di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Bogor. Acitya Bhakti 1(1), 11–20, http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/ACB/issue/view/605/showToc
Amin, M., Thohir, L., & Mahyuni, M. (2020). Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris para Mudabbirah di Pondok Pesantren. Jurnal Gema Ngabdi, 2(3), 228–234. https://doi.org/10.29303/jgn.v2i3.102
Andy, A., Rusfandy, R., & Muzammil, L. (2018). Pelatihan Berbahasa Inggris dengan Drilling dan Repetition bagi Karang Taruna Desa Jedong. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 42–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i2.42-48
Ariwibowo, S., Yuliastuti, A., & Pujimahanani, C. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Santri Pondok Pesantren Bismar Al-Mustaqim Surabaya dengan Pendekatan Fungsional. Jurnal Pengabdian Masyarakat LPPM Untag Surabaya, 5(2), 91–96. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17
Ayuningtyas, P. (2021). Pelatihan “English for Guiding” bagi Pemandu Wisata Lokal Kabupaten Purworejo. Jurnal Abdimas Bina Bangsa (JABB), 02(01), 39–46. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1
Breakey, L. K. (2005). Fear of Public Speaking-The Role of the SLP. Journal of Seminars in Speech and Language. 26(2), 107–117. https://doi.org/10.1055/s-2005-871206
Duff, D., Bruce Tomblin, J., & Catts, H. (2015). The Influence of Reading on Vocabulary Growth: A Case for a Matthew Effect. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 58(3), 853–864. https://doi.org/10.1044/2015_JSLHR-L-13-0310
Elfiyanto, S., & Nasihah, D. (2022). Pemberdayaan Santri Madin melalui Peningkatan Berpidato dalam Bahasa Inggris. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 1022–1030. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i3.5765
Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Graha Ilmu.
Farmasari, S., Mahyuni, Baharuddin, Wardana, L. A., & Junaidi, A. (2021). Maksimalisasi Penggunaan Flash Card untuk Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Pinggiran di Kota Mataram. Darma Diksani, 1(1), 78-88. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i1.90
Fitria, W., Nurhasanah, A., Mesalina, J., Suryani, H., Mahmudah, F., & Amalia, S. (2020). Workshop Pembelajaran Bahasa Inggris “Fun & Communicative English” untuk Siswa Ponpes Ainul Yaqin Jambi.
Fitriani, D. A., Apriliaswati, R., & Wardah. (2015). A Study on Student’s English Speaking Problems in Speaking Performance. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(4), 1–13. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11345
Franesti, D. (2021). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baku di Kalangan Remaja. FKIP e-proceeding, 39–50. Diambil dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/24015
Hidayati, I. A. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dengan Kecemasan Berbahasa Asing (Studi Kasus pada Mahasantri Pesantren Mahasiswa K.H. Mas Mansyur Universitas Muhammadiyah Surakarta). Jurnal Ilmiah Pesantren, 4(1), 473–484.
Hidayatno, A. (2013). Berpikir Sistem: Pola Berpikir untuk Pemahaman Masalah yang Lebih Baik. Leutika Prio.
Husin, Salsabila, F., & Khoiriyatunnisa, L. (2021). Strategi Meningkatkan Kualitas Public Speaking Mahasiswa di Indonesia melalui Kompetisi Pidato Ilmiah Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi. SEMNASBAMA, 599–606.
Karimah, S. A., & Al-Nur, W. R. (2023). Pengenalan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris bagi Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar di Desa Jampang, Bogor. Community Empowerment, 8(5), 630–637. https://doi.org/10.31603/ce.8401
Miswaty, T. C., Syamsurrijal, Hadi, M. Z. P., & Baiq, A. U. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris dan Pembukuan Keuangan bagi Masyarakat Desa Langko. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(2), 166–171. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i2.3082
Mulyanti, W., & Purwaningsih, S. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif untuk Pemandu Wisata di Safari Tour and Travel Tasikmalaya. Journal of Empowerment Community, 2(1), 105–114.
Naqiyah, N., Ilhamudin, M. F., Faidah, M., & Mardliyah, S. (2021). Pengembangan Keterampilan Pidato untuk Meningkatkan Self-Eficacy Berbicara di Muka Umum, Pondok Pesantren Al-Falah, Desa Mojo, Kecamatan Ploso Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jurnal ABDI 7(1), 44–49. https://doi.org/10.26740/ja.v7n1.p44-49
Nur’Aini, I., Dyah Tri Utami, P., & Naima, L. N. (2022). Pelatihan Berbicara Bahasa Inggris bagi Santri di Pakisaji, Kab. Malang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 445–454. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i4.177
Permana, D., Qomariyah, S. S., & Rizka, M. A. (2020). Pelatihan Keterampilan Berkomunikasi Bahasa Inggris bagi Pramusaji Kedai di Kawasan Wisata Aik Berik. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2546
Reddy, M. S. (2016). Importance of English Language in Today’s World. International Journal of Academic Research, 3(4), 179–184.
Sahyoni, & Siregar, A. M. P. (2023). Optimalisasi program “English for Public Speaking” untuk Santri di Pondok Pesantren di Mandailing Natal. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau (JPPM Kepri), 3(1), 75–83. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v3i1.740
Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2019). Program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280–285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304
Warohma, E., Abdillah, M. I., & Arini, S. M. (2020). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Sukaraja. Manhaj Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 9(2), 81–89. https://doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4046
Wulandari, D. F., Praptawati, D., & Permatasari, R. (2021). Peningkatan Kompetensi Berbahasa Inggris Warga Belajar PKBM Ar-Rohmah dengan Metode Integrated Skill. Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 153-160. https://doi.org/10.30659/ijocs.3.2.153-160
Yo’lchiboyeva, L. (2023). Methods for Growing Speech Skills of Primary School Students. Modern Science and Research, 2(5), 1028–1030.
Zhang, X., Ardasheva, Y., & Austin, B. W. (2020). Self-efficacy and English Public Speaking Performance: A Mixed Method Approach. English for Specific Purposes, 59, 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.esp.2020.02.001
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sonny Elfiyanto, Mutmainah Mustofa, Junaidi Mistar, Imam Wahyudi Karimullah, Muhammad Khairul Umam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: