BERANTAS BUTA AKSARA PADA MASYARAKAT SUKU ASLI PAPUA KAMPUNG WARMON KOKODA MENGGUNAKAN FLASH CARD

Muhamad Ali Kasri, Fuad Ardiansyah, Abdulrahman Hatsama, Muhammad Arief Hakim, Graselia Elizabeth Patty

Abstract


Abstrak: Masyarakat Kampung Warmon Kokoda yang belum bisa baca tulis dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadikan prtumbuhan Ekonomi di kampung tersebut kurang berkembang. Tujuan dari progam pengabdian ini adalah mengurangi angka buta aksara pada kampung Warmon Kokoda Kabupaten Sorong Papua Barat Daya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah pembelajaran berbasis media flashcard. Sedangkan tahapan pengabdian yaitu Persiapan: Survei lapangan, Observasi dan wawancara, Analisis kebutuhan; Pelaksanaan Program : Perancangan Program, Sosialisasi, Implementasi Progam; dan Pelaporan : Evaluasi dan Monitoring, dan Laporan Akhir. Adapun proses pembelajarannya menggunakan media flash card. Mitra dalam program pengabdian ini adalah Kampung Warmon Kokoda yang menjadi peserta adalah Masyarakat Kampung Warmon Kokoda sebanyak 45 orang. Pencapaian masyarakat kampung warmon kokoda pada PKM ini terjadi peningkatan kemampuan membaca dan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar. Adapun presentase capaiannya adalah Kemampuan membaca meningkat sebesar 11,18% pada usia<15 tahun dan pada usia >15 tahun meningkat sebesar 7,31%. Sedangkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar mengalami peningkatan dengan presentasi 11,2% pada kategori usia<15 tahun dan pada kategori usia>15 tahun sebesar 4,8%. Capaian ini berdasarkan hasil post-test peserta atau masyarakat yang mengikuti pembelajaran keaksaraan dan pembelajaran penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Abstract: The people of Warmon Kokoda Village who cannot read, write and use good and correct Indonesian have made economic growth in the village less developed. The purpose of this community service program is to reduce the illiteracy rate in Warmon Kokoda Village, Sorong Regency, Southwest Papua. The method used in implementing learning is flashcard media-based learning. While the stages of community service are Preparation: Field survey, Observation and interview, Needs analysis; Program Implementation: Program Design, Socialization, Program Implementation; and Reporting: Evaluation and Monitoring, and Final Report. The learning process uses flashcard media. The partner in this community service program is Warmon Kokoda Village, which is participated by 45 Warmon Kokoda Village Community. The achievement of the Warmon Kokoda Village community in this PKM is an increase in reading ability and the use of good and correct Indonesian. The percentage of achievement is Reading ability increased by 11.18% at age <15 years and at age> 15 years increased by 7.31%. Meanwhile, the use of good and correct Indonesian language has increased with a presentation of 11.2% in the age category <15 years and in the age category> 15 years by 4.8%. This achievement is based on the results of the post-test of participants or the community who participated in literacy learning and learning the use of good and correct Indonesian language.

 


Keywords


Flash Card; Literacy; Illiteracy.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aufa, N. (2023). Pemberantasan Buta Aksara Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Masyarakat Di Desa Lae Ikan Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam Aceh. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 319–328. doi: 10.55681/ejoin.v1i4.776

Baeti, N., Sowanto, S., Silviana, D., & Aryaningsyih, S. (2021). Pemberantasan Buta Aksara Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–50. doi: 10.53299/bajpm.v1i1.42

Ervina Arianita, & Fatma Dwi Aini. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia bagi Kalangan Muda di Media Sosial “Instagram.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 29–39. doi: 10.55606/cendikia.v2i4.446

Indonesia, P. R. (2019). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 53(1), 1689–1699.

Indriani. (2021). Angka Buta Aksara di Indonesia turun menjadi 1,71 persen. Retrieved from https://makassar.antaranews.com/berita/295474/angka-buta-aksara-di-indonesia-turun-menjadi-171-persen?

Isnaini, H., & Herliani, Y. (2020). Penyuluhan Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Karakter Di Smk Profita Kota Bandung Tahun Ajaran 2019-2020. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 78–83. doi: 10.31004/cdj.v1i2.707

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305. doi: 10.17509/pdgia.v16i3.12073

Nidhomi, N. (2020). Perubahan Sosial Masyarakat Desa Warmon Kokoda Pasca Pembentukan Desa. 1–10. Retrieved from http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31670

Nurhidayat, D. (2024). Indonesia Masih Punya PR Dalam Hal Penuntasan Angka Buta Aksara. Media Indonesia. Retrieved from https://mediaindonesia.com/humaniora/698597/-indonesia-masih-punya-pr-dalam-hal-penuntasan-angka-buta-aksara

Prasetyo, J. (2019). Permainan Pembelajaran Keaksaraan Dasar. Information Technology Journal, 5(1), 21–26.

Puspitasari, Y., Ambarsari, I. F., Fitriani, D., Thoha, M., & Gufron, A. (2024). Strategi Pemberantasan Buta Aksara Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Klatakan Dusun Krajan. 4(1), 15–24.

Puspitasari, Y., Bulqiah, F. B., Pratama, D. H., Hasanah, S. N. K., Uzzakah, I., Prakoso, R. A., Selvianda, N. P., Yudis Setiawan, Malikal Balqis, K., & Nadiyah, R. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Lansia Buta Aksara Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Di Desa Siliwung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 1–23.

Raharja, S. P., & Nursalim. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Suku Kokoda Dalam Membangun Rumah Baca Berbasis Inklusi Sosial. Jurnal Abdimasa Pengabdian …, 1(1), 15–19.

Red-Mpi. (2016). Bantuan Rumah 55 unit Kampung Warmon Kokoda. Retrieved from http://sorong.muhammadiyah.or.id/berita/print/6065/bantuan-rumah-55-unit-kampung-warmon-kokoda.html

Sahputra, A. (2014). Peran UNESCO Dalam Pemberantasan Buta Aksara Di Indonesia Tahun 2007-2012 Oleh. Jom FISIP, 1(2), 1–23.

Sari, D. K., Parjono, P., & Dinata, P. A. C. (2023). Pemberantasan Buta Aksara di Kampung Jati-Jati Kelurahan Rimba Jaya Merauke melalui Program Taman Calistung. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 126–133. doi: 10.37478/mahajana.v4i2.2980

Side, S., Sidjara, S., Pratama, M. I., Sanusi, W., & Yani, A. (2023). PKM Pemberantasan Buta Aksara Bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga Berbasis Literasi di Paladang Desa Mallongi-Longi. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 91. doi: 10.35580/smart.v3i2.53937

Simangunsong, T., & Mukhtar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran IPA di SMP. 2(1), 122–131.

Syahrul, Maseni, & Rahmah, N. (2023). Pendampingan dan Penguatan Kompetensi Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan Masyarakat Kokoda di Kabupaten Sorong. Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 3(2), 108–122. doi: 10.47945/al-khidmah.v3i2.1339

Windura, S. (2010). Memori champion @ school : Rahasia mengingat materi pelajaran apa saja. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhamad Ali Kasri, Fuad Ardiansyah, Abdulrahman Hatsama, Muhammad Arief Hakim, Graselia Elizabeth Patty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: