IMPLEMENTASI TERAPI VIRTUAL REALITY SEBAGAI INOVASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH
Abstract
Abstrak: Layanan bimbingan dan konseling di sekolah menengah di SMP Negeri 2 Godean menghadapi kendala seperti rasio guru konselor yang tidak ideal dan metode layanan konvensional yang kurang inovatif. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan bimbingan dan konseling melalui implementasi terapi Virtual Reality (VR). Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, workshop, dan pendampingan bagi guru dan siswa, dengan evaluasi yang dilakukan melalui observasi dan wawancara terstruktur. Program ini melibatkan 10 guru bimbingan dan konseling serta 384 siswa. Hasil menunjukkan peningkatan 100% dalam kemampuan guru menggunakan teknologi VR dan peningkatan 85% aksesibilitas layanan bimbingan dan konseling bagi siswa. Selain itu, terjadi peningkatan keterlibatan siswa dalam layanan bimbingan sebesar 70%, menunjukkan dampak positif terhadap kualitas layanan yang diberikan.
Abstract: The guidance and counseling services at SMP Negeri 2 Godean face challenges such as an inadequate counselor-to-student ratio and conventional, less innovative service methods. The goal of this community service is to enhance the accessibility and quality of guidance and counseling services through the implementation of Virtual Reality (VR) therapy. Methods include socialization, training, workshops, and mentoring for teachers and students, with evaluation conducted through structured interviews and observations. The program involves 10 guidance counselors and 384 students. Results show a 100% increase in teachers' ability to use VR technology and an 85% improvement in service accessibility for students. Additionally, there is a 70% increase in student engagement in counseling services, indicating a positive impact on the quality of services provided.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adjorlu, A. (2024). Virtual reality therapy. In Encyclopedia of computer graphics and games (pp. 2053–2059). Springer.
Aryani, E., Hadi, A., Ningsih, R., Saputri, N. S. D., Laras, P. B., & Nurbaiti, A. T. (2023). Self-regulation and resilience in adolescents in divorced Families. 1st Annual International Conference: A Transformative Education: Foundation & Innovation in Guidance and Counseling (AICGC 2022), 65–72.
Chandra, A. Y., Prasetyaningrum, P. T., & Suria, O. (2021). Virtual Reality Mobile Application Development with Scrum Framework as a New Media in Learning English. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(8).
Hadi, A., Anwar, M. K., Suwidagdho, D., & Ningsih, R. (2021). Between Talents and Environment Impact during Pandemic COVID-19: Sketching the Career Perception in Vocational School. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 5(2), 515–538.
Hadi, A., Aryani, E., & Suwidagdho, D. (2020). The role of multiple intelligence on career planning of students in public vocational high school 3 Klaten. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 7(2), 139–146.
Hermansyah, D., & Said, K. (2024). Pembangunan Resiliensi Psikologis melalui Program Bimbingan dan Konseling: Strategi dan Evaluasi. SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT, 3, 49–64.
Kurniawan, L., Ningsih, R., Saputri, N. S. D., Prasetyaningrum, P. T., Kurniawati, A., & Melinda, C. O. (2023). Diseminasi Aplikasi Support Group (Reconnect) bagi Guru Bimbingan dan Konseling. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 242–249.
Ningsih, R., Aryani, E., Laras, P. B., & Hadi, A. (2022). Pengembangan Kompetensi Multikultural Calon Konselor. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 305–310.
Prasetyaningrum, P. T., Purwanto, P., & Rochim, A. F. (2022). Gamification On Mobile Banking Application: A Literature Review. 2022 1st International Conference on Information System & Information Technology (ICISIT), 222–227.
Prayoga, A., Purwoko, B., & Habsy, B. A. (2024). Bimbingan dan Konseling Sekolah di Era Society 5.0: Sebuah Kajian Sistematis. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 52–61.
Putri, M. (2023). Pemanfaatan cybercounseling pada layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i3.8246
Rahman, K. A., & Jambi, U. (2021). Peranan Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah Penggerak Di Sma Kabupaten Sarolangun. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 6(2), 2715–1913. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.7609
Silviawi, & Nefi Darmayanti. (2024). Implementasi Metode Ice Breaking dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Systematic Literature Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1591–1602. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6093
Sudirman. (2020). Optimalisasi Peran Konselor Sekolah Dengan Implementasi Aplikasi Layanan Bimbingan & Konseling (e-Konseling) Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Mahajana Informasi, 5(1).
Syifa, A. (2020). Intensitas penggunaan smartphone, prokrastinasi akademik, dan perilaku phubbing Mahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 83–96.
Wahyuni, R., Linggasari, M. N., Mahadi, I., Febrita, E., & Fauziah, Y. (2024). Pendampingan Guru Dalam Penyusunan Asesmen Kurikulum Merdeka Di Kota Dumai. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2–5.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Putri Taqwa Prasetyaningrum, Eka Aryani, Ruly Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: