PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK USAHA RUMAHAN DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN MAKANAN KHAS JEPA MANDAR

Nurfadilah Nasiruddin, Sitti Mutmainnah Syam, Muhammad Sajidin

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni, pertama, alat yang digunakan dalam pengolahan masih kurang memadai. Kedua, kurangnya pengetahuan dan pemahaman tata kelola dan manajemen pemasaran. Ketiga, tingkat pendapatan Masyarakat di daerah setempat tergolong rendah. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan tata Kelola dan manajemen pemasaran yang lebih produktif serta perubahan pola fikir Masyarakat terkait pemasaran yang lebih luas dan dapat menambah pendapatan dari sebelumnya. Metode yang dilaksanakan yakni dengan pelatihan dan pendampingan tentang tata Kelola dan manajemen pemasaran. Sebelumnya Jepa Mandar hanya dijual di kediaman tempat tinggal mitra, sehingga perlu adanya pendampingan untuk memasarkan Jepa Mandar ke pasar dan tempat wisata yang ada disekitar wilayah Majene. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah kelompok usaha rumahan Makanan Khas Jepa Mandar yakni Kelompok "Wartel". Jumlah anggota kelompok adalah 15 orang. Adapun hasil yang dicapai adalah adanya pemahaman dalam tata kelola dan manajemen pemasaran serta perubahan pola pikir untuk memasarkan Jepa Mandar di warung dan tempat wisata, tidak hanya di rumah atau tempat tinggal mitra. Adapun hasil evaluasi yang dilakukan sebesar 80% mengungkapkan bahwa pelatihan dan pendampingan ini bermanfaat dan memotivasi untuk Ibu Rumah Tangga untuk meningkatkan penjualan.

Abstract: The problems found in the field are, first, the tools used in processing are still inadequate. Second, lack of knowledge and understanding of marketing governance and management. Third, the income level of the local community is relatively low. The purpose of this community service activity is to improve more productive marketing governance and management and change the mindset of the community regarding broader marketing and can increase income from before. The method implemented is through training and mentoring on marketing governance and management. Previously, Jepa Mandar was only sold at the partner's residence, so there needs to be mentoring to market Jepa Mandar to markets and tourist attractions around the Majene area. The partner for this community service activity is the Jepa Mandar Specialty Food home business group, namely the "Wartel" Group. The number of group members is 15 people. The results achieved are an understanding of marketing governance and management and a change in mindset to market Jepa Mandar in stalls and tourist attractions, not only at home or at the partner's residence. The results of the evaluation carried out by 80% revealed that this training and mentoring were useful and motivating for housewives to increase sales.

 


Keywords


Home Business Group; Capacity Building; Jepa Mandar Special Food.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afifah, S., Sinta, V., & Priyono, S. &. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Pembuatan Serbuk Jahe Merah Bagi Remaja Dan Ibu Rumah Tangga Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Tawang Rejo. Zadama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 76-80.

Aliah, H., & Syukur, A. &. (2022). Pendampingan Kewirausahan kepada Ibu-ibu PKK di Kelurahan Takkalala Kota Palopo. Abdimas Langkanae, 2(2), 121-128.

Asriadi, A. A. (2020). Pendampingan dan Pembuatan Kimbab (Korean Food) Pada Kelompok Usaha Kemandiriaan Masyarakat Sebagai Alternatif Peluang Bisnis Kuliner di Desa Kalukuang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Madaniya.

Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging dan Packing di RW 01 Kelurahan kedungkandang Kota Malang. RESWARA: Jurnal Pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 434-441.

Budiarta, K., Hidayat, A., Nura, A., Anugrah, A. I., & & Sienny, S. (2021). Pendampingan Manajemen Usaha Lemang Makanan Khas Kota Tebing Tinggi. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 48-62.

Elwisam, E. &. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286.

Farid, M. (2022). Desain Kemasan Jepa Khas Mandar Berbasis Cetak. Makasssar: Program Studi Desain Grafis, Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU.

Farid, M. (2022). Desain Kemasan Jepa Khas Mandar Berbasis Cetak. Jakarta Selatan: Diploma Thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

Hasan, M. H. (2019). Kelompok Usaha Kue Tradisional Lapis Tidore di Kecamatan Tidore Kota Tidore Kepulauan Propinsi Maluku Utara. In Prosiding Seminar Nasional Universitas Indonesia Timur, (hal. 200-204).

Jannah, L., Abdillah, A., Sirajuddin, S., & Syaharuddin, S. (2024). Evaluasi Pengaruh Tingkat Pengangguran, Nilai Tukar, dan Defisit Anggaran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Menggunakan Model Regresi Linier. Seminar Nasional Paedagoria, 279-292.

Manggu, B. &. (2023). Pendampingan Mitra Konsultan Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Bagi Para Pelaku UMKM di Kota Bengkayang. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 124-129.

Mardatillah, A. (2012). Peranan Wanita dalam Pengembangan Usaha Kecil Rumah Tangga untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga. Jurnal UIR, 212.

Maryam, S., Syam, A., Hasan, M., & Dinar, M. (2021). Kreativitas, Inovasi, dan Keberhasilan usaha: Studi kasus pada Usaha Kuliner Tradisional Jepa di Masa Pandemi Covid 19. INSIGHT : Indonesian Journal of Social Studies and Humanities Vol.1, No. 2, 110-123.

Nizam, M. F. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA, 5(2), 100-109.

Rahman, S. (2024, Mei). Kolom Artikel dan Opini Perhimpunan Penggiat Pangan Fungsional dan Nutrasetikal Indonesia (P3FNI, ISFFN) Seputar Pangan Fungsional dan Nutrasetikal. Diambil kembali dari Jepa, Produk Pangan Fungsional Berbasis Singkong Dari Suku Mandar Sulawesi Barat: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://p3fni.org/wp-content/uploads/2024/05/Edisi-Mei-2024-Kolom-Artikel-dan-Opini.pdf

Rita, R. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Pabrik Pengolahan Limbah Plastik Pada CV. Ridho Buana Plastik Pinrang . (Doctoral dissertation, STIE Nobel Indonesia)., 9.

Setiamy, A. A., & Ardiani, W. &. (2020). Pendampingan Terpadu Bisnis Gula Merah Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Damak Maliho. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 22.

Widati, S. (2023). Sosialisasi Manfaat UMKM Terhadap Masyarakat Desa Puuwonua Kecamatan Konawe Kabupaten Konawe. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 21-23.

Yanti, D. I. (2024). Pendampingan Branding Dan Labelling Sebagai Pebguatan Identitas Produk Batik Ekoprint Pada Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga. JCES .

Yuliantoro, N., Hassan, R., & Alfenny, V. (2024). Pelatihan Pembuatan Olahan Dasar Saripati Bayam menjadi Masakan Khas Aceh di Desa Curug Wetan. Jurnal Abdimas Pariwisata, 5(2), 51-57.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurfadilah Nasiruddin, Sitti Mutmainnah Syam, Muhammad Sajidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: