PENDAMPINGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI BERDIFERENSIASI BAGI GURU SD

Nurmitasari Nurmitasari, Siti Khoiriyah, Yesi Budiarti, Rahman Wiyansah, Sri Retno Handayani, Ananda Bintang Anggara, Dedi Iswanto

Abstract


Abstrak: Peningkatkan pemahaman dan keterampilan menyusun dan menerapkan modul ajar literasi numerasi berdiferensiasi sangat penting karena sesuai Kurikulum Merdeka, menciptakan pembelajaran efektif, memenuhi kebutuhan beragam murid dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hasil belajar. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SD di gugus seruni IV kabupaten pringsewu dalam mengelola pembelajaran literasi numerasi berdiferensiasi melalui pembuatan modul ajar. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, workshop, pendampingan dan simulasi. Mitra pada pengabdian ini adalah guru SD yang tergabung dalam gugus seruni IV Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 32 orang. Evaluasi dilakukan dengan cara membagikan instrument pretest dan posttest dengan jumlah soal yang sama yaitu 15 soal serta observasi. Hasil yang dicapai pada kegiatan pengabdian ini adalah pengetahuan dan keterampilan guru SD gugus seruni IV meningkat sebesar 10,54%; guru mampu membuat dan mengimplemntasikan modul ajar pada pembelajaran literasi numerasi; guru mampu mengelola kelas dengan baik; guru mampu mengimplementasikannya pembelajaran literasi numerasi berdiferensiasi dikelas.

Abstract: Improving understanding and skills in compiling and implementing differentiated numeracy literacy teaching modules is very important because it complies with the Merdeka Curriculum, creates effective learning, meets the needs of diverse students and contributes to improving the quality of learning outcomes. The purpose of this community service activity is to increase the knowledge and skills of elementary school teachers in seruni cluster IV pringsewu district in managing differentiated numeracy literacy learning through making teaching modules. The methods used are socialization, workshops, mentoring and simulation. Partners in this service are elementary school teachers who are members of the seruni cluster IV Pringsewu Regency, totaling 32 people. The evaluation was carried out by distributing pretest and posttest instruments with the same number of questions, namely 15 questions and observation. The results achieved in this service activity are the knowledge and skills of elementary school teachers of seruni cluster IV increased by 10.54%; teachers are able to create and implement teaching modules on numeracy literacy learning; teachers are able to manage the class well; teachers are able to implement differentiated numeracy literacy learning in the classroom.


Keywords


Numeracy Literacy; Teaching Modules; Differentiated Learning; Management Learning.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402–411. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364

Dianastiti, Y., Rico Andhika Putra, & Gumelar, W. T. G. (2024). Edukasi Pentingnya Literasi Dan Numerasi Bagi Siswa Sekolah Tingkat Dasar. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 70–73. https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.354

Dyah, D. (2014). Pengelolaan Kelas Yang Efektif. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, 6(1), 61–67.

Ekawati, R., Firdaus, F., & Wahyuni, Y. S. (2022). Pentingnya Literasi Numberasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Bersama Radio Rri. Menara Pengabdian, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3932

Khasanah, A. B., Nurmitasari, Astuti, R., Istiqomah, A. N., Darma, B. A., Sari, W. P., Saputra, D. I., & Syahputra, R. K. (2023). Workshop Pembuatan Game Edukasi Menggunakan Wordwall, Quizizz, Dan Kahoot! Untuk Mewujudkan Guru Muhammadiyah Melek Digital. JMM ( Jurnal Masyarakat Mandiri ), 7(5), 4111–4119.

Khoiriyah, S., Nurmitasari, N., Khasanah, B. A., Qonita, S. H., Lestari, M., & Dewi, A. L. C. (2024). Pendampingan Pemetaan Kinerja Sekolah Muhammadiyah Berdasarkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 211–218. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v8i2.7462

Mulyawati, Y., Zulela, M., & Edwita, E. (2022). Differentiation Learning to Improve Students Potential in Elementary School. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 68–78. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4485

Nurmawanti, I., Indraswati, D., Fauzi, A., Amrullah, L. W. Z., & Putra, G. P. (2023). Differentiated content, process, and product: study of differentiated instruction to reveal numeracy at SDN Sapit. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(2), 208–218. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i2.21255

Nurmitasari, N., Kayyis, R., Astuti, R., & Khasanah, B. A. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sd Negeri 02 Bangunsari. Jurnal Bagimu Negeri, 6(2), 96–104. https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i2.1862

Pozas, M., Letzel, V., & Schneider, C. (2020). Teachers and differentiated instruction: exploring differentiation practices to address student diversity. Journal of Research in Special Educational Needs, 20(3), 217–230. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12481

Rahayu, S., Nurmitasari, N., & Khoiriyah, S. (2023). Lokakarya Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Guru Smp Di Kabupaten Pringsewu. Jurnal Bagimu Negeri, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i1.2025

Ryan, J., & Bowman, J. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15

Samsiyah, S. (2023). Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 1–6. https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.69859

Setiyanti, S. W. (2012). Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok). Jurnal Stie Semarang, 4(3), 32.

Tiyan Ika Astari, Ratna Dewi, T., & Yuliantoro, A. T. (2022). Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. FingeR: Journal of Elementary School, 1(2), 73–87. https://doi.org/10.30599/finger.v1i2.129

Wau, S. C., & Cendana, W. (2023). Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa selama pembelajaran melalui penerapan metode diskusi. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.30998/ocim.v3i1.8160




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurmitasari, Siti Khoiriyah, Yesi Budiarti, Rahman Wiyansah, Sri Retno Handayani, Ananda Bintang Anggara, Dedi Iswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: