PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DAN SANTRIPRENEUR MENGHADAPI INDUSTRI ERA 4.0
Abstract
Abstrak: Di era Revolusi Industri 4.0, adaptasi teknologi digital sangat penting, terutama di sektor pendidikan dan kewirausahaan. Pelatihan digital marketing dalam program pengabdian masyarakt pemula bagi guru dan santripreneur di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Cikarang bertujuan meningkatkan kompetensi mereka dalam pemasaran digital, serta mengasah soft skill seperti kreativitas dan komunikasi digital, serta hard skill seperti strategi pemasaran online dan penggunaan platform digital. Pelatihan ini diikuti oleh 141 peserta, terdiri dari 130 santri dan 11 guru, menggunakan metode ceramah dan praktik. Evaluasi dilakukan melalui kuis dan diskusi. Situs web yang dikembangkan selama pelatihan terbukti efektif sebagai platform promosi. Hasil menunjukkan peningkatan 80% dalam pengetahuan dan keahlian digital marketing mencapai 75%, serta kepercayaan diri tinggi dalam penerapan teknik yang dipelajari. Program ini merekomendasikan pelatihan digital marketing lanjutan, peningkatan konten, dan pemeliharaan situs web untuk manfaat berkelanjutan.
Abstract: In the era of the Fourth Industrial Revolution, adapting to digital technology is crucial, especially in the education and entrepreneurship sectors. The digital marketing training in the beginner community service program for teachers and santripreneurs at Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Cikarang aims to enhance their competencies in digital marketing, while also honing soft skills such as creativity and digital communication, and hard skills such as online marketing strategies and the use of digital platforms. This training was attended by 141 participants, consisting of 130 students and 11 teachers, using both lectures and practical methods. Evaluation was conducted through quizzes and discussions. The website developed during the training proved effective as a promotional platform. The results showed an 80% increase in digital marketing knowledge and expertise, reaching 75%, along with high confidence in applying the learned techniques. The program recommends further digital marketing training, content improvement, and website maintenance to ensure long-term benefits.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981
Adinugraha, H. H., Supriyanto, E., & Effendi, B. (2022). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Kewirausahaan Bagi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i1.2091
Afriyanti, L., & Junaidi, K. (2022). … Pengenalan Literasi Digital untuk Pengembangan Santripreneur Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren: Digital Literacy Accompanied For …. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan …, 495–500. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/215%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/download/215/184
Bangun, C. S., & Purnama, S. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Digital Marketing untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i2.826
Bungai, J., Perdana, I., Supriyadi, S., & Pancawati, R. (2024). Edukasi kewirausahaan berbasis digital melalui pelatihan dan pendampingan bagi siswa tingkat Sekolah Menengah Atas. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1497–1506.
Candra, A. I., Hendy, H., Pratikto, H., Gunarto, A., & Sumargono, S. (2021). Digital Marketing untuk Kewirausahaan Pesantren di Masa Pandemi COVID-19. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2586
Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.
Harini, H., Wahyuningtyas, D. P., Sutrisno, S., Wanof, M. I., & Ausat, A. M. A. (2023). Marketing Strategy for Early Childhood Education (ECE) Schools in the Digital Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2742–2758. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4454
Irby, B. J., Lynch, J., Boswell, J., & Hewitt, K. K. (2017). Mentoring as professional development. Mentoring and Tutoring: Partnership in Learning, 25(1), 1–4. https://doi.org/10.1080/13611267.2017.1312895
Islami, N. N., & Fitria, F. L. (2019). Pelatihan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kemampuan Softskill Dan Hardskill Bidang Keahlian Pemasaran Pada Siswa Jurusan Pemasaran Smk Nuris Hidayat Desa Curahnongko, Kec. Tempurejo Kab. Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 34. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.13854
Karim, A., Nasution, M. B. K., & Suryadi, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(2), 115–119. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i2.2759
Lukman Nuzul Hakim. (2022). Pelatihan Membuat Website Digital Marketing Dengan Google Site Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Dikalangan Mahasiswa. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 69–73. https://doi.org/10.60004/komunita.v1i2.23
Megasari, D., & Durbin Hutagalung, D. (2023). Masyarakat Pengenalan Digital Marketing Kepada Santri Pesantren Tahfidz Quran As-Sholah Gunung Sindur Bogor. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 437–442. https://survei.apjii.or.id/,
Nurhayati, A., Widiastuti, R. M., & ... (2023). Pelatihan Business Model Canvas Bagi Santripreneur Di Bojongsoang Kabupaten Bandung. DIMASTEK (Jurnal …, 3(1), 27–33. http://dimastek.sttbandung.ac.id/index.php/dimastekjurnal_sttb/article/view/34%0Ahttps://dimastek.sttbandung.ac.id/index.php/dimastekjurnal_sttb/article/download/34/25
Putri, A. D., Kuswoyo, H., Gulo, I., Ngestirosa, E., & Febrina, E. G. (2023). Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service, 4(1), 147–153.
Sari, D., Dewi, A. S., Safitri, M., Rozi, M. F., Iman, M., & Pradana, K. C. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Berwirausaha di Era Society 5.0 Melalui Penyuluhan Digital Marketing dan Fintech di SMKN 1 Tegineneng. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(3), 695–703. https://doi.org/10.33379/icom.v2i3.1907
Shofiyuddin, M., Zamroni, M. A., Warti’ah, & Maknuun, L. L. Il. (2024). Strategi Pengasuh Pondok Pesantren dalam Pengembangan Ekonomi Mandiri Santripreneur. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 44–61. https://doi.org/10.31538/adrg.v3i1.1286
Sudarso, Y., , Doddy Setyadi, M. Nahar, Rif ’ah Dwi Astuti, Saptianing, Rr. Ririn BU, Rustono, E. D., & *. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Bisnis Online Pada Pondok Pesantren Mahasiswabaitul Muiz Pedalangan Semarang. Inovasi Dan Komersialisasi Riset Terapan Berbasis Kebutuhan Masyarakat Dan Industri, 699–704. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/Sentrikom/issue/view/318
Suprayogi, S., Permatasari, B., Puspita, D., Prasetyo, L., & Ahmad, S. (2022). Every word matters: membangun school branding melalui pelatihan digital marketing. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–8.
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Kewirausahaan Pada Siswa Sma Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pondok Pesantren Zam-Zam Cilongok. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
ZA, Buana, M. A. W., Rijal, A., & ... (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Menyiapkan Santripreneur Profesional Di Pondok Pesantren Al Muawanah Lamongan. BERNAS: Jurnal …, 4(3), 2166–2173. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/5461
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.26685
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Antika Zahrotul Kamalia, Hemdani Rahendra Herlianto, Wiyarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: