PENDAMPINGAN PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI MEDIA INSPIRATIF SEDERHANA
Abstract
Abstrak: Kemampuan literasi dan numerasi sangat penting dalam menghadapi perkembangan zaman yang cepat dan dinamis. Literasi dan numerasi perlu ditanamkan sejak dini agar anak-anak lebih mandiri dan percaya diri dalam menjalani kehidupannya. Paroki Lawir merupakan salah satu paroki yang ada di kevikepan Borong, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur. Salah satu kebutuhan di Paroki ini adalah pendampingan literasi dan numerasi terhadap 30 anak-anak SEKAMI (Serikat Kepausan dan Misioner). Dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi, tim melaksanakan pendampingan kepada anak-anak SEKAMI Paroki Lawir. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hard skill anak SEKAMI. Dengan demikian, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ceramah dan praktik menggunakan media inspiratif. Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu persiapan berupa survey, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil survei memberikan gambaran terkait salah satu kebutuhan paroki Lawir yaitu pendampingan literasi dan numerasi SEKAMI sebanyak 30 orang. Kegiatan pendampingan yang diisi dengan ceramah dan praktik dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Kegiatan ini diakhiri dengan evaluasi dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test dengan menggunakan soal uraian sebanyak 5 (lima) nomor untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi berada pada angka 52,33%.
Abstract: Literacy and numeracy skills are very important in facing the rapid and dynamic development of the times. Literacy and numeracy need to be instilled early so that children are more independent and confident in living their lives. Lawir Parish is one of the parishes in the diocese of Borong, East Lamba Leda District, East Manggarai Regency. One of the needs in this parish is literacy and numeracy assistance for 30 SEKAMI (Pontifical and Missionary Union) children. In an effort to improve literacy and numeracy skills, the team provided assistance to the SEKAMI children of Lawir Parish. This activity aims to improve the hard skills of SEKAMI children. Thus, the method used in this research is lecture and practice using inspirational media. This activity was carried out through several stages, namely preparation in the form of surveys, implementation, and evaluation. The survey results provide an overview of one of the needs of Lawir parish, namely literacy and numeracy assistance for 30 SEKAMI children. Mentoring activities filled with lectures and practices can improve literacy and numeracy skills. This activity ended with an evaluation by giving a pre-test and post-test using 5 (five) description questions to measure literacy and numeracy skills. The evaluation results showed that literacy and numeracy skills were at 52.33%.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aguswan Khotibul Uman. (2016). Dukungan Lingkungan Literasi Keluarga Muslim Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Latin dan Arab (Alqur’an) Serta Perkembangan Akademik Anak. Jurnal Elementary, 2.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745
Fika Mustaghfiroh, Ariga Bahrodin, L. M. (2023). Al-Adawat : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Kelas III MI Salafiyah Syafi ’ Iyah Pendahuluan Tujuan pendidikan adalah membantu peserta didik untuk meningkatkan spiritualitas , ke. 02(02), 135–143.
H. Abd. Wahid Tahir. (2017). Pengembangan manajemen sumber daya manusia terhadap peningkatan mutu pendidikan. VI, 1–14.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58.
Ilma, R., Putri, I., Alwi, Z., & Nusantara, D. S. (2020). How Students Work With Pisa-Like Mathematical Tasks Using Covid-19 Context. 11(3), 405–416.
Indah Putria Syafa, Meliyana Putri , Nurul Zahro Eka Setiawati3, A. M. 4. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Literasi Berbasis E-Modul Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar (STUDI Literatur) Oleh. 2(2), 315–330.
Ismatulloh, K., Jamaluddin, J., Arianti, B. D. D., Wirasasmita, R. H., Kholisho, Y. N., Uska, M. Z., Kuswanto, H., Fathoni, A., & Lutfi, S. (2021). Gerakan Informatika Cerdas Berliterasi “berinovasi membangun peradaban diera 4.0 dengan budaya literasi.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 301–310. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4333
Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., Na’im, H., Kusuma, R. A., & Munahefi, D. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3, 88–97. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.88
Lia Masliah, S. D. N. (2023). Keefektifan Model Pemblajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Basicedu, 7(1), 1–10.
Murni, V., Armando, F., & Harjo, Y. F. (2024). Pendampingan literasi dan numerasi melalui lembar kerja komik berbasis steam. 8(4), 3506–3514.
Paulina, Y., Asiyah, S., Zakaria, J., & Yuniati, I. (2021). Pendampingan Budaya Literasi Di Era Covid 19 Pada Anak-Anak Di Rumah Singgah Al-Ma’Un Kota Bengkulu. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian dalam Penerbangan, 1(2), 71–84. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.24
Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318
Sri Winarni, Ade Kumalasari, Marlina, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Jambi , Kota Jambi , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Penggunaan media pembelajaran di era digital sangat dib. Program Studi Pendidikan Matematika, 0(2), 574–583.
Syarifah, I. L., Raharani, F. A., Izzah, N., Mukarromah, S., Yulianti, Y., Geografi, P. P., Sosial, F. I., Semarang, U. N., Matematika, P. P., Semarang, U. N., Semarang, U. N., Biologi, P., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2021). Pentingnya Literasi Digital di Era Pandemi. 1(2), 162–168.
Syarifuddin, S., Maryani, D., Salsabilah, U., & Marisa, M. (2024). Pendampingan Literasi dan Numerasi Siswa SDN Inpres Tawali Wera Kabupaten Bima melalui Metode Tutor Sebaya dan Berbantuan Media Gambar. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.53299/bajpm.v4i1.377
Tafonao Talizaro. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role Of Instructional Media To Improving. 2(2).
Tri, N. M. W. H. (2023). Jurnal Pendidikan Indonesia Inovasi Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Naomi Tri Mada Wisnu Hapsari INFO ARTIKEL Diterima : 15-01-2023 Direvisi : 17-01-2023 Disetuji : 18-01-2023 Pendahuluan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidi. 4(02), 104–111.
Waluyo, R., Kusuma, R. L., & Zamora, H. P. (2024). Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Numerasi Peserta Didik SMP N 1 Kertanegara. 4, 9–15.
Wijaya, I. N. W. E., & Suardiasa, I. N. (2023). Pendampingan Peningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Negeri Fatupisa. Kelimutu Journal of Community Service, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.35508/kjcs.v3i1.11303
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Viana Murni, Ferdinandus Ardian Ali, Yuliana Fontania, Rufina Arsenia Anggung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: