STRATEGI PEMASARAN JAMU: OPTIMALISASI PEMASARAN USAHA KELOMPOK UNTUK MEMPERLUAS PASAR RAGAM JAMU
Abstract
Abstrak: Kelompok Jamu Seruni Putih di dusun Sengon Karang, Bantul, Yogyakarta telah beroperasi selama 20 tahun. Kelompok yang saat ini beranggotakan 27 perempuan berusia di atas 50 tahun ini masih menghadapi stagnasi pasar di sekitar Sengon Karang dengan menjual jamu secara langsung menggunakan sepeda onthel atau motor. Tim Pengabdian Masyarakat FE UMBY menggagas kegiatan pelatihan melalui ceramah, FGD, dan praktik untuk meningkatkan softskill pemasaran untuk Kelompok Jamu Seruni Putih dengan target luaran memperluas jangkauan pasar jamu mereka. Pelatihan disampaikan kepada 21 anggota Jamu Seruni Putih dengan tujuan agar mempunyai strategi pemasaran untuk menjangkau pasar di luar Sengon Karang. Evaluasi dilakukan melalui wawancara dan angket dengan 5 pertanyaan yang dianalisis secara sederhana. Terjadi peningkatan ketrampilan sebesar 55% dan jangkauan pasar 89,47% yaitu proposal penawaran disampaikan ke lembaga-lembaga potensial dengan strategi produk by order ke perkantoran, event organizer, catering, dll; b to b dengan sistem makloon, dan pengenalan merek melalui konsinyasi ke toko-toko oleh-oleh.
Abstract: The Jamu Seruni Putih group in Sengon Karang, Bantul, Yogyakarta has been operating for 20 years. The group, which currently consists of 27 women aged over 50, is still dealing with market stagnation around Sengon Karang by selling herbal medicine directly using bicycles or motorbikes. The UMBY FE Community Service Team initiated training activities through lectures, FGDs and practice to improve their marketing soft skills. The output target is expanding their herbal market reach. Training was delivered to 21 members of Jamu Seruni Putih with the aim of having a marketing strategy to reach markets outside Sengon Karang. Evaluation is carried out through interviews and questionnaires with 5 questions explained in simple terms. There was an increase in skills of 55% and market reach of 89.47%, namely offering proposals were submitted to potential institutions with a product by order strategy to offices, event organizers, catering, etc.; b to b with a makloon system, and brand recognition through consignment to gift shops.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adıgüzel, S. (2020). Market and Brand Positioning and Sustainability Strategies in International Marketing. International Journal of Scientific Research and Management, 8(09), 09–24. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v8i09.lis01
Bondan Subagyo, Sawal Sartono, & Keny Deva Lagasa. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Jamu Dalam Mempertahankan Eksistensi Jamu Tradisional Mbah Gedong Di Rejotangan Tulungagung. BEMJ : Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.36563/bemj.v1i1.573
Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 160–170. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.132
Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2021). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). Manajemen IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.77-83
Gerbino, M. (2020). Self‐efficacy. The Wiley Encyclopedia of Personality and Individual Differences, 1994, 387–391. https://doi.org/10.1002/9781118970843.ch243
Hanlon, A. (2023). How to use the 7Ps Marketing Mix. Smart Insights. https://www.smartinsights.com/marketing-planning/marketing-models/how-to-use-the-7ps-marketing-mix/
Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051
Joensuu-Salo, S., Viljamaa, A., & Kangas, E. (2023). Marketing first? The role of marketing capability in SME growth. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 25(2), 185–202. https://doi.org/10.1108/JRME-05-2021-0070
Kemenkes RI. (2020). 100 Top Tanaman Obat Tradisional. Kementrian Kesehatan RI.
Kun. (2020). Konsumsi Jamu Meningkat, Pemerintah Berdayakan UMKM dengan Pendekatan Klaster Obat Tradisional. Www.Ekon.Go.Id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/493/konsumsi-jamu-meningkat-pemerintah-berdayakan-umkm-dengan-pendekatan-klaster-obat-tradisional
Laia, S. I. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Usaha DiTeluk Dalam (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha OnlineShopDi Keluarahan Pasar Teluk Dalam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan , 5(1), 67–79. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim
Mareta, O. :, Salatoen, R., Widowati, I., Santosa, A., Agribisnis, P., & Pertanian, F. (2020). Analisis Pengaruh bausaran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Volume Penjualan Jamu Herbal (Studi Kasus Pada PT. Perusahaan Jamu Tradisional Dr.Sardjito). Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 16(2), 63–78. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse/article/view/3657
Martha, K. M., Soeriawibawa, R. D. T., & Rohayati, A. (2022). Strategi Pemasaran pada Perusahaan Knara Bakery Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(3), 826–832. https://doi.org/10.55916/frima.v0i3.341
Nurfadillah Anton, A. Alwansyah, Edil Nurdin, Junaedi Junaedi, M. I. C. (2023). Strategi Pemasaran Terintegrasi Dalam Era Digital: Menyelaraskan Kanal Online Dan Offline. Southeast Asia Journal of Business, Accounting, and Entrepreneurship Volume 1, Issue 1 Page 24-30, December 2023 ISSN 3031-2906, 1(1), 24–30.
Perekonomian, K. K. B., & Indonesia, R. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia?form=MG0AV3
Pratama, G. (2023). Indonesia Berpotensi Jadi Raksasa Industri Herbal. Infobanknews. https://infobanknews.com/indonesia-berpotensi-jadi-raksasa-industri-herbal/#google_vignette
Republik Indonesia. (2009). UU No 36, 2009. 4(1), 1–12.
RI, B. (2020). Rencana Strategis Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik 2020-2024. 1–115.
Rosid, A., Hafidiah, A., Yuniarti, Y., & Abdurrohim, D. (2020). Peningkatan Motivasi Kewirausahaan Para Pelaku Usaha di Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.30656/ka.v2i2.2061
Sagita, N. G., Kartikasari, M., & Asyrofi, M. H. (2022). Optimalisasi Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. 2(4), 1325–1332.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yetti Lutiyan Suprapto, Shadrina Hazmi, Seflidiana Roza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: