INOVASI PENINGKATAN MUTU DAGING SAPI MELALUI VARIASI OLAHAN DAGING DAN PENERAPAN KEMASAN ECO-FRIENDLY PADA PETERNAK SAPI LOKAL
Abstract
Abstrak: Indonesia memiliki potensi besar di sektor peternakan, salah satunya dalam pengembangan usaha ternak sapi lokal. Desa Wates, Kabupaten Kediri, merupakan salah satu wilayah yang memiliki populasi ternak sapi potong yang terus meningkat, namun persaingan bisnis yang ketat dan keterbatasan inovasi menjadi kendala utama. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha ternak sapi lokal melalui pengembangan inovasi produk olahan daging, penerapan eco-branding, dan penggunaan teknologi modern. Dengan metode Asset Based Community Development (ABCD), program ini melibatkan pendampingan usaha AJM Farm dalam menciptakan produk olahan seperti nugget, wonton, dan beef slice, serta penerapan kemasan ramah lingkungan (eco-friendly) guna mendukung pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh pemilik mitra AJM Farm sebagai peserta pelatihan. Berdasarkan hasil evaluasi, program ini berdampak pada mitra yang menunjukkan adanya peningkatan kualitas produk, daya saing usaha, serta kesadaran lingkungan sebesar 95%. Evaluasi uji organoleptik produk menunjukkan hasil yang baik, sementara upaya keberlanjutan oleh pemilik usaha diharapkan dapat memperkuat posisi AJM Farm di pasar lokal. Implementasi strategi eco-branding juga diharapkan memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan bisnis di masa mendatang.
Abstract: Indonesia has great potential in the livestock sector, one of which is in developing local cattle farming businesses. Wates Village, Kediri Regency, is an area that has a growing beef cattle population, but tight business competition and limited innovation are the main obstacles. This service program aims to increase the competitiveness of local cattle farming businesses through developing innovative meat processing products, implementing eco-branding, and using modern technology. Using the Asset Based Community Development (ABCD) method, this program involves assisting AJM Farm's business in creating processed products such as nuggets, wontons and beef slices, as well as implementing eco-friendly packaging to support the achievement of Sustainable Development Goals (SDGs). This activity was attended directly by AJM Farm partner owners as training participants. Based on the evaluation results, this program has an impact on partners which shows an increase in product quality, business competitiveness and environmental awareness by 95%. Evaluation of product organoleptic tests shows good results, while sustainability efforts by business owners are expected to strengthen AJM Farm's position in the local market. Implementation of the eco-branding strategy is also expected to have a positive impact on business sustainability in the future.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259–278.
Elfa, Y., Febriyana, A. N., Pratama, F. P., Rahmania, H., Prayuda, R., & Nabila, Z. (2024). Menciptakan Strategi Inovatif Dan Kreatif Bagi Umkm: Observasi Pada Usaha “Coffe Satu.” DIGIBE: Digital Business and Entrepreneurship Journal, 2(1), 27–33.
Fajrianto, I. D., & Suprehatin, S. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Sapi Pedaging Kelompok Ternak Berkah Usaha di Blora. Forum Agribisnis: Agribusiness Forum, 10(1), 58–67.
Fikamalina, A. D. I., Puspitayani, D. F., Shella, D. E. M., Nugroho, R. H., & Ikaningtyas, M. (2024). Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk dalam Keberlanjutan Bisnis: Studi Kasus UMKM di Masa Pandemi. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(1), 249–264.
Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). The developing math electronic module with scientific approach using kvisoft flipbook maker pro for xi grade of senior high school students. Infinity Journal, 7(2), 109–122.
Gustiani, E., & Fahmi, T. (2022, June). Peran Sektor Peternakan Mendukung Ketahanan Pangan di Era New Normal Melalui Penerapan Teknologi Reproduksi Pada Sapi Potong Di Kabupaten Majalengka. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis (Vol. 6, No. 1, pp. 70-76).
Junaedi, J. (2024). Analisis Faktor Penghambat Pengembangan Usaha Ayam Pedaging pada Peternakan Rakyat Pola Mandiri Di Kabupaten Buton Tengah. Musamus Journal of Livestock Science, 7(1), 31–40.
Khoirotunnisa, F. (2024). Peningkatan Citra Produk Sentra Olahan Herbal Surabaya Melalui Sosialisasi Kemasan Ramah Lingkungan. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(3), 470-476.
Nurdina, N., & Ariprabowo, T. (2022). Penguatan Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Sebagai Penentu Kinerja Ukm. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 8(1), 113-124.
Perwita, A. D., & Saptana, nFN. (2020). Peran Wirausaha Pertanian dalam Menghadapi Era Disrupsi Inovasi. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 37(1), 41–58. Retrieved from https://epublikasi.pertanian.go.id/berkala/fae/article/view/1127
Putri, A. C., Wibowo, B. A., & Triarso, I. (2019). Analisis persepsi dan partisipasi nelayan terkait kebijakan izin berusaha perikanan tangkap melalui sistem Online Single Submission (OSS) bagi nelayan di PPP (Pelabuhan Perikanan Pantai) Klidang Lor, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 8(2), 1–6.
Putri, M. A. L., Yasa, N. N. K., & Giantari, I. G. A. K. (2018). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UKM Kerajinan Endek Di Kabupaten Klungkung. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(4), 522–534. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i4.56
Rachmat, A. N. (2015). Studi Eksplorasi Alternatif Pendekatan Untuk Pemilihan Perusahaan Skala Menengah Program Pilot Project Implementasi Industri Hijau. Institut Teknologi Sepuluh November.
Rahajoe, A. D., Safeyah, M., & Daniar, A. (2023). Penguatan branding UMKM Go-Digital Usaha Eka Jaya Tekstil. Jurnal Plakat, 5(2), 184–194.
Rahman, T. N., & Widodo, A. (2020). Pengaruh Eco-label, Eco-brand Dan Environmental Advertisement Terhadap Consumer Purchase Behavior Pada Konsumen Produk Ecocare. EProceedings of Management, 7(2).halaman?
Ramadhani, Y., & Saputra, A. (2022). Pemberdayaan Komunitas Rumah Baca Cendekia Dengan Pendekatan Asset Based Community Development (Abcd) Guna Meningkatkan Minat Baca Pada Anak. Lokomotif Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).halaman?
Romi, M. R. O. V., Moch. Agus Syadad, Ridwan Iskandar, Odang Rusmana, & Ignatius Purwanggono. (2023). Strategi Inovasi Branding dan Marketing dalam Pengembangan Produk Potensi Desa dalam Upaya Peningkatan Kognitif Masyarakat Desa Neglasari Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Masyarakat Pariwisata : Journal of Community Services in Tourism, volume? Issue? 26–32. https://doi.org/10.34013/mp.v4i1.1360
Surya, E. P., Wijaya, G. A., Sari, K. A., & Aruna, A. (2023). Pengembangan Kemasan Ramah Lingkungan sebagai Dukungan untuk Keberlanjutan dalam Industri Ecomarketing di Kampung Industri Tempe Sanan. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 6.
Winahyu, N., Maharani, N., & Helilusiatiningsih, N. (2023). Business Plan Produk Olahan Daging Ayam Skala Rumah Tangga. Jurnal Pertanian Cemara, 20(2), 43-52.
Zaenal, H. M., & Khairil, M. (2020). Sistem manajemen kandang pada peternakan sapi bali di CV Enhal Farm. Jurnal Peternakan Lokal, 2(1), 15–19.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Agung Witjoro, Denny Setiawan, Muhammad Andry Prio Utomo, Ocha Tarra Earlya Roediy, Dinar Arsy Anggarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: