IMPLEMENTASI PENINGKATAN PSIKOLOGIS LITERASI DAN KREATIVITAS SISWA TUNANETRA BERBANTUAN KARTU UNO KIMIA UNSUR BERBASIS BRAILLE
Abstract
Abstrak: Tujuan utama dalam pengabdian ini untuk mengukur peningkatan literasi dan kreativitas serta respon mitra setelah menerapkan media permainan kartu UNO kimia unsur berbasis braille berdasarkan indikator literasi dan kreativitas bagi siswa tuna Netra. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SLBN Kekeyan, Kabupaten Bangkalan. Metode pada kegiatan ini berupa praktek penerapan media permainanan kartu UNO kimia unsur berbasis braille. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi kreativitas dan angket respon mitra. Responden yang digunakan dalam program ini sebanyak 35 orang yang terdiri atas 30 orang pengajar dan 5 orang siswa tunanetra. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan literasi kreativitas mitra dengan kategori tinggi 25% dan kategori sedang 75%.
Abstract: The main objective of this community service is to measure the increase in literacy and creativity and partner responses after implementing the Braille-based chemical element UNO card game media based on literacy and creativity indicators for blind students. The implementation of this community service activity was carried out at SLBN Kekeyan, Bangkalan Regency. The method in this activity is in the form of practicing the application of Braille-based chemical element UNO card game media. The instruments used are creativity literacy tests and partner response questionnaires. The respondents used in this program were 35 people consisting of 30 teachers and 5 blind students. The results of the community service activity showed that there was an increase in the partners' creativity literacy abilities with a high category of 25% and a moderate category of 75%.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
A. Wijaya, M. (2021). Pengaruh Literasi Digital Pada Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Survey Pada Pelajaran Ekonomi Materi Ketenagakerjaan Kelas Xi Di Sma Negeri 2 Lembang). Repository Unpas, 2013–2015.
Arifani, U., Setiawan, B., Sugiarti, T., Anka Monalisa, L., Kalimantan, J., & Tegalboto Jember, K. (n.d.). Proses Berpikir Kreatif Siswa Tunanetra Dalam Mengkonstruk Bangun Datar Berbantuan Alat Peraga Tangram Menurut Tahapan Wallas.
Fatimah, N., & Hidayah, R. (2021). International Journal of Active Learning The Development of CIHOE Game As A Learning Media In The Elemental Chemistry Material. International Journal of Active Learning, 6(2), 49–57. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal
Fausan, M. M., Susilo, H., Gofur, A., Sueb, & Yusop, F. D. (2021). The scientific literacy performance of gifted young scientist candidates in the digital age. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 467–498. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39434
Harsi, P., Lestari, K., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). Penerimaan Diri Positif… (Prima Harsi Kantun Lestari) 518 Penerimaan Diri Positif Anak Tunanetra Di Slb Negeri 1 Bantul Positive Self-Acceptance Of Blind Student In Slb Negeri 1 Bantul.
Harwanto, D., Sompie, S. R. U. A., Tulenan, V., Elektro, T., Sam, U., Manado, R., & Manado, J. K. B. (2019). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Unsur Dan Senyawa Kimia. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 63–70. https://doi.org/10.35793/jti.14.1.2019.23838
Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317
Novi Dwi Astuti, E., Ilmu Pendidikan, F., & Luar Biasa, P. (n.d.). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Tunanetra Di Man 2 Sleman Implementation Of Inclusive Education For Blind Students In Man 2 Sleman.
Nurwijayanti Rahma, R., dan Konseling, B., Pendidikan dan Bimbingan, P., & Negeri Yogyakarta, U. (n.d.). Kesejahteraan Psikologis Penyandang Tunanetra (Studi Pada Mahasiswa Tunanetra Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta) Psychological Well-Being Of Blind People (Study on Blind Student Faculty of Education, Yogyakarta State University). http://kemsos.go.id,
Purnomo, A. J. (2017). Aplikasi Game Edukasi Untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar Educational Game App for Children of Primary School. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 12.1.03.02, 2–7.
Putera, D. B. R. A. (2023). Development Of Integrated Elements Chemical Domino Card Game With Ethnochemistry Madura Jamu Ingredients. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 5(1), 39. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v5i1.10481
Putera, D. B. R. A., & Hadi, W. P. (2024). Chemical domino card game integrated with “Jamu Madura” natural materials in improving students’ science literacy. E3S Web of Conferences, 499. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202449901018
Putera, D. B. R. A., Hadi, W. P., & Aisyah, S. (2022). Pengembangan Permainan Kartu UNO Berbasis Web Pada Materi Kimia Unsur Berintegrasi Kearifan Lokal Madura. Edukimia, 4(1), 004–009. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i1.a324
Ramadani, I. D., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Layanan Pendidikan Bagi Siswa Tunanetra Low Vision Kelas V Sd Muhammadiyah Bogor Education Service For 5th Grade’s Low Vision Students In Sd Muhammadiyah Bogor. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 9).
Ramayanti, R., Iranda, A., Thaha, S., Jambi, S., Psikologi, J., Kedokteran, F., Kesehatan, I., & Jambi, U. (n.d.). Adversity Quotient pada Siswa Tunanetra dalam Meningkatkan Literasi. In Jurnal Psikologi Integratif (Vol. 10, Issue 1).
Rif ’at, M. F., Wati, M., & Suyidno, S. (2020). Developing Students’ Responsibility and Scientific Creativity through Creative Responsibility Based Learning in Learning Physics. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 12. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7879
Wahyudiati, D., & Fitriani, F. (2021). Etnokimia: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak Sebagai Sumber Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 102. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38537
Widoretno, S., Setyawan, D., & Mukhlison. (2021). Efektifitas Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Anak. Transformasi Pembelajaran Nasional, 1, 287–295.
Yulfani, W., Studi, P., Bahasa, P., Indonesia, S., Maritim Raja, U., Haji, A., Riau, K., & Abstrak, I. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Membaca Bagi Peserta Didik Tunanetra.
Yulianti, A., & Ekohariadi, E. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Jurnal IT-EDU, 5(1), 527–533. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.27524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dwi Bagus Rendy Astid Putera, Wiwin Puspita Hadi, Zainal Abidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: